Wednesday, April 21, 2010

Siapa Sih Biang Keladinya..Sehingga Manusia Dikatakan Berasal dari Kera?!


Banyak yang bilang kalo Darwin-lah lewat teori evolusinya, mengatakan bahwa manusia itu keturunan monyet/kera.

Setelah saya baca teori itu, maka bisa saya pastikan bahwa mereka yang menuduh itu ternyata emang TIDAK PERNAH membaca tulisan Darwin dan lebih memilih sibuk membaca dongengan di kitabnya masing-masing serta mempercayai kata si a, b, c atau kata si d.

Belajar Teori Darwin bagusnya sih langsung dengan cara membaca bukunya dan bukan belajar lewat kata orang-orang.

Mmmmmhhhh...sebagai contoh misalnya belajar teori Darwin lewat pemikirannya Harun Yahya.

Ya, cara itu jelas keliru, karena disamping Harun Yahya [alias Adnan Oktar] keliru dalam menafsirkan Qur'an kemudian mencoba mencocok-cocokannya dengan sains dan ternyata juga malah ngga nyambung..[sebagai contoh misalnya lihat di sini]..Ia pun ternyata keliru juga dalam menafsirkan teori Darwin.

Manusia emang kadang-kadang terlalu berlebihan, jika anda surfing di net maka anda akan temukan banyak situs Islam dengan secara sepihak memberitakan bahwa hukuman yang sekarang diterima oleh Harun Yahya, merupakan hasil dari sebuah konspirasi setelah Harun Yahya "berhasil" menghancurkan Darwinisme

Mereka keliru!

Banyak tuntutan yang ditujukan kepada Harun Yahya, diantaranya karena membuat seorang wanita dipaksa untuk melayani 16 orang! Kejadian ini direkam dan wanita itu diperas jika melaporkannya maka akan dipublikasikan!

Contoh lain misalnya Harun Yahya pernah dituntut karena kepemilikan kokain. Namun, batu sandungan sebenarnya yang membuatnya dihukum 3 tahun adalah karena variasi kejahatan yang dilakukan Harun Yahya dalam pengelolaan ilegal organisasi untuk keuntungan pribadi:
    [...] Controversial Turkish Islamic author Adnan Oktar was sentenced to three years in prison on Friday for creating an illegal organization for personal gain, state-run Anatolian news agency said. [...]
So eniwei, benarkah Darwin pernah mengatakan bahwa Manusia itu berasal dari kera?

Untuk itu, saya bantu anda untuk mengenal selintas apa yang sebenarnya di maui oleh Darwin lewat teori evolusinya. Dibawah ini, ada dua link yang dapat anda baca sebagai pendahuluan/pengantar, cukup ringkas, koq:
Atau kalo ngga mo tanggung-tanggung...ya baca aja buku aslinya Darwin:
Karena Harun Yahya menuduh seperti itu, maka bagusnya sekalian juga baca bantahannya:
Bagaimana?

Sudah jelas, bukan..bahwa pemikiran dan paham yang mengatakan manusia berasal dari monyet/kera bukanlah berasal dari Darwin.

Sekarang, jika masih berkenan, mohon bantu saya untuk mengechek resume yang saya buat di bawah ini. Melalui resume ini, saya bisa pastikan bahwa pemikiran manusia berasal dari Kera justru berasal dari Alkitab:
  • Tertulis bahwa KITA (Allah, dalam bentuk Jamak) menciptakan manusia menurut rupa kita, sehingga MEREKA bisa berkuasa atas……[kejadian 1:30].

    Ada satu hal menarik mengenai hal ini karena menurut Islam pun demikian, yaitu sebagaimana disebutkan di Sahih Muslim book 40 No.6809, Book 32 No.6325 dan Sahih Bukhari book 74 No.246:

    Diriwayatkan Abu Huraira, Nabi mengatakan: "Allah menciptakan Adam menurut gambarNya dengan tinggi 60 kubik dan sesaat setelah adam tercipta Ia menyuruh Adam menyalami para Malaikat yang duduk di sekitar itu..tinggi badan orang-orang makin berkurang hingga saat ini”

    AL-WAHHABI ABDUL AZIZ BIN BAZ dari aliran Wahabi juga menyatakan bahwa ALLAH SERUPA DENGAN NABI ADAM.

    [Penjelasan lebih detail mengenai 'Adam di ciptakan dari Rupa Allah' silakan buka situs Islam, Islam Question and Answer, Fatwa No.20652, Commentary on the hadeeth, "Allaah created Adam in His image" When Prophet says "Allah created Adam in his image" what does "his image" refer to and how should we understand it?]

  • Ketika ADAM berumur 130 tahun lahir Set [kejadian 5]. Jadi ketika Adam dibawah 130 tahun lahir Habal, Kain,

  • Saat Kain membunuh Habel umur adam masih DIBAWAH 130 tahun [kejadian 4:2-8] Pembunuhan itu aakibat Kain cemburu pada Habel karena Persembahan daging-dagingannya habel lebih dihargai Allah daripada persembahan hasil buminya Kain.

    Menurut versi Islam, di Tafsir Ibn Kathir surat 5:27-31, Latar belakang Habil dibunuh Qabil cuma permasalahan rebutan syahwat di sekitar selangkangan saja, yaitu rebutan mengawini adik kandung perempuan yang lebih cantik dari satunya lagi. Jadi, Islam berpendapat bahwa Adam dan Hawa selalu melahirkan kembar laki dan perempuan dan kemudian dikawinkan secara inses!!!

  • Saat Kain akan dibuang ke tanah NOD, Tuhan menyatakan bahwa: kain diberkati untuk tidak dapat dibunuh oleh "barangsiapapun yang bertemu dengan dia" dan yang membunuh KAIN maka kepadanya akan dibalas 7 kali lipat [kejadian 4] Berarti ada orang lain yang bukan binatang yang dapat membunuh kain sebelum tahun ke 130-nya Adam

  • Tidak diceritakan bahwa Kain membawa istri ke tanah NOD, namun ditanah Nod:

    • Ia bersetubuh dengan istrinya dan melahirkan Henokh,
    • Ia mendirikan kota dengan nama Henokh (berarti ada penduduk) [kejadian 4]

  • Ketika ADAM berumur 800 tahun lahir laki dan perempuan [kejadian 5], Jelas disebutkan bahwa tidak ada manusia manapun kecuali Adam, Hawa, Kain, dan Set.

  • Setelah Set mempunyai anak di usia 105 tahun, maka hingga ia berusia 807 tahun barulah ada adik bagi Enos
Wow..darimana datangnya wanita-wanita yang mereka kawini itu?

Koq tidak kita temukan adanya satu penjelasan logis terhadap kejangalan ini?
Bukankah Alkitab dan semua Nasrani [juga Yahudi] telah sepakat menyatakan bahwa Adam adalah manusia pertama!

Tunggu!...kita pasti temukan jawabannya di Alkitab!
    Setelah Adam diciptakan dari tanah, Tuhan Allah merasakan bahwa Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Sehingga dijadikannya pula penolong baginya, yang sepadan dengan dia. Dari tanah yang sama, Tuhan Allah menciptakan binatang dan burung-burung sebagai 'penolong yang sepadan bagi manusia itu [Kej 2:18-19]
Setelah penciptaan Binatang dan Burung barulah diciptakan HAWA sebagai penolong yang sepadan dengan ADAM.

Di antara para binatang-binatang hutan ciptaan Tuhan Allah, maka KERA, sangat tidak diragukan lagi, bentuknya sangatlah menyerupai manusia dan tentunya....spesies ini juga menyerupai rupa dan gambar TUHAN ALLAH!

Berhubung tidak ada lagi wanita yang diciptakan dari rusuk pria setelah Adam dan telah juga di nyatakan bahwa hanya Adam sebagai manusia pertama maka dapatlah kita pastikan bahwa:
  • Wanita misterius yang disetubuhi Kain dan SET itu adalah kera betina!
  • Ibu dari Enos dan Henokh ternyata kera betina!
  • Kaum Yahudi dan Abrahamik dari garis keturunan Kain dan Set ternyata 1/2nya berasal dari kera!
Yup..sama seperti anda..saya pun tercengang!!! Ternyata Alkitab-lah biang keladinya!!!

[note: Gambar di ambil dari: Chrismadden dan Michael Krahn]

20 comments:

  1. Atau mungkin ga....Kain n Seth itu Incest ma ibunya sendiri....

    ReplyDelete
  2. Dear Leader,

    Kemungkinan itu juga masuk akal karena didukung bukti statement alkitab bahwa ada inses di orang2 jaman dulu:

    Kejadian 19:31-32,
    Kata kakaknya kepada adiknya: "Ayah kita telah tua, dan tidak ada laki-laki di negeri ini yang dapat menghampiri kita, seperti kebiasaan seluruh bumi. Marilah kita beri ayah kita minum anggur, lalu kita tidur dengan dia, supaya kita menyambung keturunan dari ayah kita."

    Kejadian itu adalah ketika seorang nabi bernama luth, yang menjadi mabuk karena anggur yang diberikan oleh 2 putrinya dan kemudian secara bergilir terjadi hubungan seksual antara bapak dan 2 putri yang mengakibatkan hamilnya 2 putrinya.

    Jika itu kebiasaan maka kebiasaan itu setidaknya telah berjalan kurang lebih 1946/2006 tahun

    [jarak waktu antara Adam-Luth, dimana kakek Luth adalah Terah (kej 11:26), untuk perhitungan lihat di sini:http://wirajhana-eka.blogspot.com/2008/12/gigo-sampah-masuk-sampah-keluar-banjir.html]

    Sehingga jelas ada kemungkinan kain dan seth juga berhubungan kelamin dengan ibunya sendiri.

    Tentunya jika kita asumsikan bahwa leluhur kaum abrahamic adalah para manusla bermoral baik maka tentunya mereka bisa menerima logika yang lebih sederhana yaitu ADAM bukan manusia pertama dan telah ada manusia2 lainnya dimuka bumi.

    Salam

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Alkitab mengatakan bahwa Adam juga melahirkan anak laki-laki dan perempuan lain (Kej 5:4), dan dengan mempertimbangkan informasi bahwa umur manusia kala itu sangat panjang (bahkan sampai 900 tahun), maka masuk akal untuk menyimpulkan bahwa yang menjadi istri Kain (dan orang-orang yang berpotensi membunuh Kain) adalah cucu-cucu Adam (keturunan Adam).

    Orang-orang yang berpotensi membunuh Kain bukan sudah ada saat peristiwa Kain membunuh Habel itu, tetapi bisa terjadi berpuluh tahun kedepan (ketika anak-cucu Adam sudah semakin banyak dan menyebar).

    ReplyDelete
  5. Adam melahirkan anak laki-laki dan perempuan lain, bukan ketika Adam berumur 800 tahun, tetapi itu setelah Adam melahirkan Set (setelah ia berumur 130 tahun):

    (TDB) Kej 5:3 Dan Adam terus hidup selama seratus tiga puluh tahun. Lalu ia memperanakkan seorang anak laki-laki menurut rupa dan gambarnya, dan menamai dia Set
    4 Setelah ia memperanakkan Set, umur Adam berlanjut delapan ratus tahun. Sementara itu ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
    5 Jadi umur yang seluruhnya Adam jalani mencapai sembilan ratus tiga puluh tahun dan ia mati.

    Ayat 4 memberitahu bahwa setelah Adam melahirkan Set (saat Adam berumur 130 tahun), ia masih hidup 800 tahun lagi (pada kurun 800 tahun ini Adam melahirkan anak laki-laki dan perempuan lain). Ayat 5 menjumlah umur Adam menjadi 930 tahun (130 + 800).

    ReplyDelete
  6. Kejadian pasal 2 tidak bercerita dengan urutan kronologis (urutan kronologis penciptaan dicatat di pasal 1). Menurut Kejadian pasal 1, binatang sudah lebih dahulu ada sebelum manusia. Jadi "penolong" yang disinggung di Kej 2:18 jelas adalah Hawa.

    ReplyDelete
  7. Kesimpulan akhir yang keliru, karena dibangun diatas dasar yang keliru/asumsi yang keliru. Input salah menghasilkan output yang salah juga. Adakah bukti ilmiah bahwa manusia yang bersetubuh dengan kera akan melahirkan anak manusia?

    Thanks.

    ReplyDelete
  8. Wiwit Agustina,
    Pendapat anda bahwa KEJADIAN pasal 2 BUKAN merupakan kronologis adalah KEKELIRUAN karena kitab kejadian adalah kronologis penciptaan dan diawali kata "Pada mulanya..", dilanjutkan pekerjaan HARI per harinya, Di pasal 2 DILANJUTKAN dgn MEMBUAT TAMAN EDEN, menempatkan manusia, memberikan PENOLONG bagi manusia itu, yaitu BINATANG dan juga PENOLONG lainnya yaitu HAWA. [Kej 2:18-23]

    Tau darimana ini KRONOLOGIS? Ada penggunaan kata "lalu..".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiwit:
      Ayat 4 memberitahu bahwa setelah Adam melahirkan Set (saat Adam berumur 130 tahun), ia masih hidup 800 tahun lagi (pada kurun 800 tahun ini Adam melahirkan anak laki-laki dan perempuan lain). Ayat 5 menjumlah umur Adam menjadi 930 tahun (130 + 800)."

      Gw:
      Yup anda udah melakukan penjumlahan yang pas ttg umur kematian Adam :)

      Namun apa perlunya sih sampai muncul angka 800 tahun jika hanya hendak menyatakan hidup hanya tersisa 800 tahun aja sejak set lahir :)

      Kan, bisa lebih sederhana: Adam wafat di usia 930 tahun dan berketurunan banyak laki-perempuan :)

      Kecuali jika ini di gunakan sbg PENENEKANAN bhw Adam PUNYA ANAK LAGI di usia 800 tahun.

      Kronologis di kitab KEJADIAN kan udah menyampaikan bahwa kejadian kawinnya KAIN dengan wanita misterius, lahirnya Henokh dan pendirian KOTA adalah SEBELUM kejadian pasal 5, yaitu SEBELUM SET lahir!

      walopun detail keturunan adam tidak muncul di kitab kejadian, namun ada kitab kejadian kecil atau kitab Yobel yang menyampaikan rincian berdasarkan kronologis umur Adam:

      Awan (calon istri kain) lahir antara tahun ke 78 s.d 84.
      Set lahir di tahun ke 130.
      Azura (calon istri set) lahir antara tahun ke 134 s.d 140.
      Kain mengambil awan dan lahir Henokh antara tahun ke 190-196
      mendirikan kota di tahun ke 197.
      Adam dan hawa melahirkan 9 anak lelaki (tidak disebutkan kapan tahunnya)
      Set mengambil azura di tahun 225-231
      Set melahirkan enos di tahun 235

      Sampai sini keliatannya masalahnya selesai yah..karena kitab ini lumayan maju selangkah menjembatani yang bocor..

      Namun andapun tentunya bisa juga lihat keganjilannya bahwa yang dikatakan KOTA udah berdiri, tapi jumlah penduduk dari versi kitab yobel baru 3 ekor (Kain, Awan dan Henokh :)

      Jadi ya tetap aja aneh, bukan :)

      Untuk itu mari juga kita lihat Ibrani di Kej 5.4:

      Bath ben yalad shaneh meyah sh@moneh seth 'eth yalad achar Adam yowm hayah.

      Dengan memakai 5 jumlah pengulangan terbanyak dari terjemahan kata yang diaplikasikan,:

      menjadi/ada/terjadi/datanglah/adalah = hayah
      hari/waktu/sekarang/zaman/hari-hari = yowm
      Adam (adam)
      mengikuti/sesudah/sesudah/mengejar/setelah = achar
      memperanakkan/melahirkan/lahir/dilahirkan/bersalin = yalad
      eth (tidak ada terjemahan inggris utk kata ini, dianggap penekanan kata benda selanjutnya namun kata owth berarti tanda)
      set (seth, arti lainnya adalah PENGGANTI)
      delapan (sh@moneh)
      ratus (meyah)
      tahun (shaneh)
      memperanakkan/melahirkan/lahir/dilahirkan/bersalin = yalad
      laki (ben)
      perempuan (bath)

      maka artinya bisa aja menjadi:
      Datanglah waktu Adam sesudah memperanakan Set 800 tahun memperanakan laki perempuan

      Jika terjemahannya seperti ini maka maksud kalimat itu lebih dekat pada kejadian lahirnya laki dan perempuan berikutnya adalah di waktu umur Adam ke-800 tahun bukan? (dan kemudian wafat di usia 930 tahun)

      -> posisi ini menunjukan ada gunanya perlu memunculkan kata 800 tahun karena ada EVENT yang TERJADI di situ daripada sekedar perhitungan matematis 800+130 = 930 :)

      Delete
    2. Kemudian,
      Posisi kristen menjadi riskan di KRONOLOGIS kejadian 4

      4:14..maka barangsiapa (Ibrani: Kowl) yang akan bertemu dengan aku, tentulah akan membunuh aku"
      4:15 Firman TUHAN kepadanya: "Sekali2 tidak! Barangsiapa yang membunuh Kain akan dibalaskan kepadanya 7x lipat." Kemudian TUHAN menaruh tanda pada Kain, supaya ia jangan dibunuh oleh barangsiapapun yang bertemu dengan dia."

      Pertama,
      saat terjadinya pembunuhan HABEL, ada janji tuhan yaitu "BARANG SIAPA.."

      walopun "kowl" dapat digunakan utk jenis manusia dan bukan (yaitu segala), namun statement dibalaskan 7x lipat akan sangat lucu dan konyol jika dipake untuk yang berjenis binatang, tumbuhan.. :)

      Kejadian ini MENUNJUKAN UDAH ADA MANUSIA di bumi sebelum ADAM berusia 130 tahun, konsekuensi lanjutan dari ini adalah BOHONG BESAR bahwa adam adalah manusia pertama.

      O ya,
      Para kristen sendiri punya tafsir menarik terhadap tanda yang dibuat tuhan kepada kain, kitab Armenian apocript abad ke-5 dan 6 menyatakan tanda Allah di wajah kain maksudnya adalah wajahnya menjadi hitam. Buku kristen syira menyatakan maksudnya kulitnya menjadi hitam. Tafsiran ini yang kemudian membuat terjadinya diskriminasi keji pada ras manusia berkulit hitam :)

      Kedua,
      KARENA KITAB KEJADIAN ADALAH KRONOLOGIS, maka kawinnya KAIN tertulis TERJADI sebelum SET lahir dan KARENA Disposisi paksa KRISTIAN bhw Adam adalah manusia pertama, maka ketika kain kawin ya emang belum ada anak-anak ADAM BERIKUTNYA.

      Konsekuensi lanjutan dari kronologis ini adalah jenis perempuan yang tersedia bagi KAIN untuk disetubuhi adalah dengan penolong yang disebutkan sebelum hawa muncul, yaitu BINATANG dan yg deket2 rupa manusia adalah MONYET/KERA

      ketiga,
      jika anda menerima Inses sebagai disposisi anda..maka kenapa anda menolak konsekuensi bersetubuh dengan binatang?

      karena situasi ini juga sangat logis koq :)

      ketika kemudian anda meminta penggunaan NALAR ILMIAH di posisi ini, maka anda harusnya tahu dengan pasti bahwa kitab kejadian memuat kronlogis kemunculan matahari, bulan dan bintang di hari ke-4 setelah POHON dan BUAH2an ada di hari ke-3

      Ini kan udah 100% tidak ILMIAH.

      Jadi gak pantesnya kemudian ber-PREFERENSI perlunya menggunakan argumen ilmiah utk urusan ini namun tidak di urusan lain :)

      Kemudian,
      Adalah seorang USKUP KRISTEN bernama Samuel wilberforce, yang memlintir teori darwin ketika berhadapan dengan Thomas Huxley. lihat di: Wilberforce and Huxley: A Legendary Encounter atau karena ia menentang transmutasi genetika, seperti ide yang dilemparkan "Vestiges of the Natural History of Creation" :)

      O ya,
      response debat ini juga menghasilkan kartun yang kemudian sangat mendunia, 1871, 22 maret, the hornet, memuat kartun orang utan dengan muka darwin dibuat sebagai ejekan dan ini sangat tidaklah NYAMBUNG dengan teorinya :)

      ..dan tuduhan manusia berasal monyet..ya emang orang kristen juga sih yang mulai :)

      Delete
  9. Elu
    [Quote]
    Pendapat anda bahwa KEJADIAN pasal 2 BUKAN merupakan kronologis adalah KEKELIRUAN karena kitab kejadian adalah kronologis penciptaan dan diawali kata "Pada mulanya..", dilanjutkan pekerjaan HARI per harinya, Di pasal 2 DILANJUTKAN dgn MEMBUAT TAMAN EDEN, menempatkan manusia, memberikan PENOLONG bagi manusia itu, yaitu BINATANG dan juga PENOLONG lainnya yaitu HAWA. [Kej 2:18-23]

    Tau darimana ini KRONOLOGIS? Ada penggunaan kata "lalu..".[/quote]

    aye
    Coba elu baca lagi 2:20 Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.

    2:21. Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.

    disana tidak disebutkan penolong lainnya, disana cukup disebutkan penolong yang sepadan sudah jelas elu niru-niru Samuel wilberforce yang memelintir alkitab

    ReplyDelete
  10. Wiwit,
    Koq bilang sy melintir?
    jika anda JUJUR mengapa anda cuma TONJOLKAN AYAT 2.20, saja? kenapa ANDA SEMBUNYIKAN AYAT SEBELUMNYA? yaitu kej 2.18,nya? SEBELUM DICIPTAKAN BINATANG< bukankah juga ada kata penolong? :)

    2:18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan PENOLONG BAGINYA, YANG SEPADAN DENGAN DIA"

    Abis itu apa yg dilakukan TUHANMU untuk menjadikan PENOLONG ADAM? Menciptakan BINATANG. ->
    2:19 Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.

    Abis itu baru dia ciptakan perempuan ->
    2:20 Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.

    Keberadaan HAWA TIDAK MENAFIKAN bhw BINATANG juga PENOLONG, karena TUHAN ANDA SENDIRI yang MENGKATEGORIKAN binatang adalah PENOLONG juga. ketidaksepadanannya BUKAN BERARTI binatang tidak bisa digauli.

    kalo anda terima INSES, maka wajar juga anda terima LOGIKA BESTIALITY dilakukan ADAM, HAWA dan keturunannya di jaman itu.

    Disamping itu,
    PELAKU BESTIALITY bisa jadi BUKAN CUMA ADAM, BISA JUGA pada HAWA ->
    3:13 Kemudian berfirmanlah TUHAN Allah kepada perempuan itu: "Apakah yang telah kauperbuat ini?" Jawab perempuan itu: "Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan."
    ..
    3:16 Firman-Nya kepada perempuan itu: "Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak 10 ; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu."

    -> Apa urusannya tiba2 tuhanmu koq bicara soal kehamilan disini??? :)

    3:20 Manusia itu memberi nama Hawa kepada isterinya, SEBAB DIALAH YANG MENJADI IBU ('em = ibu, induk) SEMUA (kol: binatang dan bukan) YANG HIDUP (chay: penterjemah menggunakan terjemahan = binatang lebih banyak dari terjemahan = manusia)!

    -> 3 kata ibrani itu digunakan pada manusia dan bukan.

    Jadi darimana sy melintir?
    KITAB, NABI dan TUHAN ANDA sendiri yang menyampaikan bahwa BESTIALITY sama mungkinnya dengan INSES, jika tidak, tentunya SUDAH DIJELASKAN siapa betina yg dikawini KAIN, bukan :)

    ReplyDelete
  11. [Wirajhana eka]
    [quote]
    Pendapat anda bahwa KEJADIAN pasal 2 BUKAN merupakan kronologis adalah KEKELIRUAN karena kitab kejadian adalah kronologis penciptaan dan diawali kata "Pada mulanya..", dilanjutkan pekerjaan HARI per harinya, Di pasal 2 DILANJUTKAN dgn MEMBUAT TAMAN EDEN, menempatkan manusia, memberikan PENOLONG bagi manusia itu, yaitu BINATANG dan juga PENOLONG lainnya yaitu HAWA. [Kej 2:18-23]

    Tau darimana ini KRONOLOGIS? Ada penggunaan kata "lalu..".
    [/quote]
    Bro.

    Seperti saya katakan, Kej pasal 1 memang memiliki urutan koronologis, tetapi Kej pasal 2 tidak. Kej pasal 2 (yang dimaksud adalah mulai ayat 4) merupakan rangkuman dari Kej pasal 1. Misalnya, Kej 1:28 menyebut tentang penciptaan manusia, dan ini diulangi di Kej 2:7. namun yang perlu diperhatikan, sekalipun Kej pasal 1 dicatat dengan urutan kronologis, namun tidak semua detai peristiwa dicatat. Beberapa detail disebutkan di Kej pasal 2, misalnya tentang taman Eden.

    [quote]
    Namun apa perlunya sih sampai muncul angka 800 tahun jika hanya hendak menyatakan hidup hanya tersisa 800 tahun aja sejak set lahir

    Kan, bisa lebih sederhana: Adam wafat di usia 930 tahun dan berketurunan banyak laki-perempuan

    Koq bilang sy melintir?
    jika anda JUJUR mengapa anda cuma TONJOLKAN AYAT 2.20, saja? kenapa ANDA SEMBUNYIKAN AYAT SEBELUMNYA? yaitu kej 2.18,nya? SEBELUM DICIPTAKAN BINATANG< bukankah juga ada kata penolong? :)

    2:18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan PENOLONG BAGINYA, YANG SEPADAN DENGAN DIA"

    Abis itu apa yg dilakukan TUHANMU untuk menjadikan PENOLONG ADAM? Menciptakan BINATANG. ->
    2:19 Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.

    Abis itu baru dia ciptakan perempuan ->
    2:20 Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.

    Keberadaan HAWA TIDAK MENAFIKAN bhw BINATANG juga PENOLONG, karena TUHAN ANDA SENDIRI yang MENGKATEGORIKAN binatang adalah PENOLONG juga. ketidaksepadanannya BUKAN BERARTI binatang tidak bisa digauli.

    kalo anda terima INSES, maka wajar juga anda terima LOGIKA BESTIALITY dilakukan ADAM, HAWA dan keturunannya di jaman itu.

    Disamping itu,
    PELAKU BESTIALITY bisa jadi BUKAN CUMA ADAM, BISA JUGA pada HAWA ->
    3:13 Kemudian berfirmanlah TUHAN Allah kepada perempuan itu: "Apakah yang telah kauperbuat ini?" Jawab perempuan itu: "Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan."
    ..
    3:16 Firman-Nya kepada perempuan itu: "Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak 10 ; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu."

    -> Apa urusannya tiba2 tuhanmu koq bicara soal kehamilan disini??? :)

    3:20 Manusia itu memberi nama Hawa kepada isterinya, SEBAB DIALAH YANG MENJADI IBU ('em = ibu, induk) SEMUA (kol: binatang dan bukan) YANG HIDUP (chay: penterjemah menggunakan terjemahan = binatang lebih banyak dari terjemahan = manusia)!

    -> 3 kata ibrani itu digunakan pada manusia dan bukan.

    Jadi darimana sy melintir?
    KITAB, NABI dan TUHAN ANDA sendiri yang menyampaikan bahwa BESTIALITY sama mungkinnya dengan INSES, jika tidak, tentunya SUDAH DIJELASKAN siapa betina yg dikawini KAIN, bukan :)
    [/quote]


    Ayolah, kita ini sama-sama sudah dewasa. Sejak kapan kalimat ayat itu harus berbunyi seperti yang bro katakan? Sekalipun kalimatnya berbeda kita tahu DENGAN SANGAT JELAS bahwa itulah yang dimaksudkan. Saya malah aneh jika bro mempermasalahkan hal-hal seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiwit:
      Seperti saya katakan, Kej pasal 1 memang memiliki urutan koronologis, tetapi Kej pasal 2 tidak. Kej pasal 2 (yang dimaksud adalah mulai ayat 4) merupakan rangkuman dari Kej pasal 1. Misalnya, Kej 1:28 menyebut tentang penciptaan manusia, dan ini diulangi di Kej 2:7. namun yang perlu diperhatikan, sekalipun Kej pasal 1 dicatat dengan urutan kronologis, namun tidak semua detai peristiwa dicatat. Beberapa detail disebutkan di Kej pasal 2, misalnya tentang taman Eden.


      GW:
      Masih banyak yang anda keliru, saya jelaskan lagi pada anda tentang alkitab:
      kejadian 2.1-2.7 menyelesaikan cerita kejadian 1. Namun kemudian terjadi KEKACAUAN CERITA mulai dari kejadian 2.4, karena semua KEJADIAN di kejadian 1, yaitu udah ada tanah menumbukan tunas, tumbuhan berbiji, berbuah menghasilkan buah. sebagai penanda hari ke-3 (kej 1.11-13)..TIBA-TIBA di KEJADIAN 2.4-7 dikatakan TIDAK ADA APAPUN, yaitu belum ada semak apapun di bumi,belum ada tumbuh-tumbuhan apapun di padang krn belum turun hujan dan bahkan ketika belum ada TANAMAN, manusia pertama di ciptakan [kej.2.5-7]

      --> Kitab ini belum sampe 2 pasal saja udah bertolak belakang ceritanya!

      kronologis kacau balau ini dilanjutkan dengan kata "SELANJUTNYA" di kej 2.7, membentuk eden + menumbuhkan tanaman di BUMI. + membuat PENOLONG:
      a. Penolong binatang: kej 2.18
      b. penolong wanita: 2.20

      -> Lah ini lagi2 BERTENTANGAN dengan kejadian 1, yaitu setelah membuat tanaman di hari ke-3, kemudian membuat: membuat matahari, bulan dan bintang di hari ke-4. Diteruskan dengan binatang laut dan udara di hari ke-5. Binatang lain kemudian terakhir manusia dihari ke-6.

      -> kronologis terjadi di pasal 1 dengan kacau balau, dan dikacaubalaukan lagi di pasal 2 dengan mengulang awal yg tidak bersambungan.


      Wiwit:
      Ayolah, kita ini sama-sama sudah dewasa. Sejak kapan kalimat ayat itu harus berbunyi seperti yang bro katakan? Sekalipun kalimatnya berbeda kita tahu DENGAN SANGAT JELAS bahwa itulah yang dimaksudkan. Saya malah aneh jika bro mempermasalahkan hal-hal seperti ini.

      GW:
      sejak kapan? lah emang begitu kalimatnya, anda koq malah mencoba menafikan ini..mengherankan.

      Delete
  12. [quote]
    Kecuali jika ini di gunakan sbg PENENEKANAN bhw Adam PUNYA ANAK LAGI di usia 800 tahun.
    [/quote]

    Tentu saja ada kemungkinan bahwa Adam masih melahirkan anak di usia 800 tahun (sekalipun kemungkinan ini sangat kecil). Tetapi bukan berarti setelah Set tidak ada anak yang dilahirkan Adam selama 670 tahun. Lagi pula, jika setelah dibunuhnya Habel, Adam bisa melahirkan Set (yang mungkin hanya berjarak beberapa tahun), mengapa Adam harus menunggu 670 tahun untuk melahirkan anak lagi? Yang seperti ini seharusnya tidak perlu dibahas. Hanya orang-orang yang mencari kelemaman (dan sayangnya, 'dipaksakan') yang melakukannya.

    [quote]

    Kronologis di kitab KEJADIAN kan udah menyampaikan bahwa kejadian kawinnya KAIN dengan wanita misterius, lahirnya Henokh dan pendirian KOTA adalah SEBELUM kejadian pasal 5, yaitu SEBELUM SET lahir!
    [/quote]


    Maaf, tetapi jelas sekali bro tidak mengerti tentang Alkitab. Kej pasal 5 hanya rangkuman dari silsilah keturunan Adam, bukan berarti pada titik itu Adam melahirkan Set dan anak-anak lain.

    [quote]
    walopun detail keturunan adam tidak muncul di kitab kejadian, namun ada kitab kejadian kecil atau kitab Yobel yang menyampaikan rincian berdasarkan kronologis umur Adam:

    Awan (calon istri kain) lahir antara tahun ke 78 s.d 84.
    Set lahir di tahun ke 130.
    Azura (calon istri set) lahir antara tahun ke 134 s.d 140.
    Kain mengambil awan dan lahir Henokh antara tahun ke 190-196
    mendirikan kota di tahun ke 197.
    Adam dan hawa melahirkan 9 anak lelaki (tidak disebutkan kapan tahunnya)
    Set mengambil azura di tahun 225-231
    Set melahirkan enos di tahun 235

    Sampai sini keliatannya masalahnya selesai yah..karena kitab ini lumayan maju selangkah menjembatani yang bocor..

    Namun andapun tentunya bisa juga lihat keganjilannya bahwa yang dikatakan KOTA udah berdiri, tapi jumlah penduduk dari versi kitab yobel baru 3 ekor (Kain, Awan dan Henokh

    Jadi ya tetap aja aneh, bukan
    [/quote]

    Saya tidak tahu kebenaran informasi ini. Tetapi kalapun ini benar, bukankah ini menunjukkan kepada bro bahwa Adam sudah melahirkan anak laki-laki dan perempuan lain bahkan sebelum ia berumur 800 tahun? Mengenai "kota", bro salah paham mengenai Kej pasal 5. Seperti sudah saya katakan, Kej 5 hanya rangkuman tentang silsilah keturunan Adam; jangan diartikan bahwa pada titik itu mulai lahirnya manusia-manusia keturunan Adam lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiwit:
      Tentu saja ada kemungkinan bahwa Adam masih melahirkan anak di usia 800 tahun (sekalipun kemungkinan ini sangat kecil). Tetapi bukan berarti setelah Set tidak ada anak yang dilahirkan Adam selama 670 tahun.

      GW:
      hanya di petunjuk kata 800 tahun, baru tertulis tertulis adanya anak laki dan perempuan dan itupun terjadi SETELAH kain mengawini betina lain untuk melahirkan henokh dan setelah SET LAHIR. Jadi apa yang mau dibantah lagi?


      Wiwit:
      Lagi pula, jika setelah dibunuhnya Habel, Adam bisa melahirkan Set (yang mungkin hanya berjarak beberapa tahun), mengapa Adam harus menunggu 670 tahun untuk melahirkan anak lagi? Yang seperti ini seharusnya tidak perlu dibahas. Hanya orang-orang yang mencari kelemaman (dan sayangnya, 'dipaksakan') yang melakukannya.

      GW:
      Anda memaksakan asumsi :) BUKTINYA adam melahirkan SET di umur 130 tahun koq. jadi apa herannya dengan melahirkan di 670 tahun kemudian?
      bukankah menurut ajaran anda apapun bisa terjadi jika tuhan mu mau? kenapa mendadak macet alasan2 klasik yg biasa anda pakai ini?


      Wiwit:
      Maaf, tetapi jelas sekali bro tidak mengerti tentang Alkitab. Kej pasal 5 hanya rangkuman dari silsilah keturunan Adam, bukan berarti pada titik itu Adam melahirkan Set dan anak-anak lain.

      GW:
      Hadehhh, koq hobi anda ini cuma menuduh: mlintir, tidak paham..tapi malah anda praktekan berkali2 dalam memaksakan argumen :)

      Fakta di pasal 4:

      1. Terjadi pengusiran KAIN+ penempatan kain
      2. Ada perkawinan kain dengan betina, ada kelahiran henokh, dilajutkan pendirian kota dengan 3 penghuni.

      -> sequence yang mendahului kelahiran set. terjadi tahunan BUKAN bulanan

      3. Adam diberitakan punya anak baru bernama set

      Pertanyaannya? Betina mana yg dikawini Kain :)

      Bacalah fakta apa adanya. Anda akan temukan keganjilan normal tanpa perlu dibuat2 dan dan tanpa perlu di tambal sulam untuk pembenaran absurd.


      wiwit:
      Saya tidak tahu kebenaran informasi ini. Tetapi kalapun ini benar, bukankah ini menunjukkan kepada bro bahwa Adam sudah melahirkan anak laki-laki dan perempuan lain bahkan sebelum ia berumur 800 tahun?

      GW:
      Sengaja sy kasih sample kitab yg TIDAK DIAKUI agar anda tau bahwa banyak orang berprilaku seperti anda, tidak mencerna fakta dengan baik, berusaha mencari celah utk tambal sulam seenaknya, namun apapun upaya itu tetep aja ketahuan :) karena "andapun tentunya bisa juga lihat keganjilannya bahwa yang dikatakan KOTA udah berdiri, tapi jumlah penduduk dari versi kitab yobel baru 3 ekor (Kain, Awan dan Henokh "


      Wiwit:
      Mengenai "kota", bro salah paham mengenai Kej pasal 5. Seperti sudah saya katakan, Kej 5 hanya rangkuman tentang silsilah keturunan Adam; jangan diartikan bahwa pada titik itu mulai lahirnya manusia-manusia keturunan Adam lainnya.

      GW:
      Sekarang baru makin jelas motif anda, yaitu berusaha mengaburkan fakta dan memelintir informasi. Saya ulang ya biar anda sadar:

      Fakta di pasal 4:

      1. Terjadi pengusiran KAIN+ penempatan kain
      2. Ada perkawinan kain dengan betina, ada kelahiran henokh, dilajutkan pendirian kota dengan 3 penghuni.

      -> sequence yang mendahului kelahiran set. terjadi tahunan BUKAN bulanan

      3. Adam diberitakan punya anak baru bernama set

      Pertanyaannya? Betina mana yg dikawini Kain :)

      jelas?

      Delete
  13. [quote]
    Untuk itu mari juga kita lihat Ibrani di Kej 5.4:

    Bath ben yalad shaneh meyah sh@moneh seth 'eth yalad achar Adam yowm hayah.

    Dengan memakai 5 jumlah pengulangan terbanyak dari terjemahan kata yang diaplikasikan,:

    menjadi/ada/terjadi/datanglah/adalah = hayah
    hari/waktu/sekarang/zaman/hari-hari = yowm
    Adam (adam)
    mengikuti/sesudah/sesudah/mengejar/setelah = achar
    memperanakkan/melahirkan/lahir/dilahirkan/bersalin = yalad
    eth (tidak ada terjemahan inggris utk kata ini, dianggap penekanan kata benda selanjutnya namun kata owth berarti tanda)
    set (seth, arti lainnya adalah PENGGANTI)
    delapan (sh@moneh)
    ratus (meyah)
    tahun (shaneh)
    memperanakkan/melahirkan/lahir/dilahirkan/bersalin = yalad
    laki (ben)
    perempuan (bath)

    maka artinya bisa aja menjadi:
    Datanglah waktu Adam sesudah memperanakan Set 800 tahun memperanakan laki perempuan
    [/quote]

    (KJV) Gen 5:4 And the days of Adam after he had begotten Seth were eight hundred years: and he begat sons and daughters:

    (ASV) Gen 5:4 and the days of Adam after he begat Seth were eight hundred years: and he begat sons and daughters.

    (RV) Gen 5:4 and the days of Adam after he begat Seth were eight hundred years: and he begat sons and daughters.

    Jangan katakan bro lebih paham bahasa Ibrani dibanding penerjemah-penerjemah Alkitab itu. Saya kadang bertanya, apa tidak ada lagi yang mau 'diserang' dari Alkitab, sehingga hal-hal yang sudah jelas seperti ini-pun juga perlu 'diserang'? Kok kelihatannya semangat sekali ingin mencari kesalahan Alkitab, padahal di satu sisi bro masih mengimani sebagian dari isi Alkitab? Apa bro tidak takut bahwa yang bro 'serang' ini ternyata masih ayat yang murni? Ada motivasi apa sebenarnya dibalik semua ini? Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiwit:
      Terjemahan KJV+ASV+RV +
      Jangan katakan bro lebih paham bahasa Ibrani dibanding penerjemah-penerjemah Alkitab itu.

      GW:
      aduh, kata-kata yg tidak saya tuliskan ya gak perlu anda tambahkan dong. Upaya menampilkan setiap kata dengan 5 jumlah pengulangan terbanyak yg digunakan dalam mengartikan kata JUSTRU MENGHILANGKAN MOTIF TERSEMBUNYI TERJEMAHAN. Dan sebagaimana anda lihat, demikianlah hasilnya, "Datanglah waktu Adam sesudah memperanakan Set 800 tahun memperanakan laki perempuan"

      -> posisi ini menunjukan ada gunanya perlu memunculkan kata 800 tahun karena ada EVENT yang TERJADI di situ daripada sekedar perhitungan matematis 800+130 = 930 :)


      Wiwit:
      Saya kadang bertanya, apa tidak ada lagi yang mau 'diserang' dari Alkitab, sehingga hal-hal yang sudah jelas seperti ini-pun juga perlu 'diserang'?

      GW:
      jelas apanya? setelah sy bersihkan dari kemungkinan muatan MOTIF utak atik kata si penterjemah, sangat jelas tampak saat 800 tahun adalah saat ketika anak laki dan perempuan muncul


      Wiwit:
      Kok kelihatannya semangat sekali ingin mencari kesalahan Alkitab,

      GW:
      lohh...koq anda anggap ini mencari kesalahan alkitab? Di atas udah kita temukan tanpa di cari-cari yautu kejanggalan kronologis. Di sesi di atas, kita bersihkan kemungkinan MOTIF TERJEMAHAN. Anda sj yg berusaha menutup mata utk melihat sisi lain yg justru jelas terlihat


      Wiwit:
      padahal di satu sisi bro masih mengimani sebagian dari isi Alkitab?

      GW:
      Wah sy mencerna alkitab gak pake Iman.


      Wiwit:
      Apa bro tidak takut bahwa yang bro 'serang' ini ternyata masih ayat yang murni? Ada motivasi apa sebenarnya dibalik semua ini? Hehehe.

      GW:
      Murni? yang murni pastinya bener, namun ini cuma dongeng biasa dan Tidak masuk nalar manapun ketika tanaman muncul, bertuna, berbiji dan berbuah di hari ke-3, tapi MATAHARI, BULAN dan BINTANG baru ada di hari ke-4?

      Motivasi sy sederhana aja..yang ngawur maka bukan yg suci. sederhana koq.

      Delete
  14. [quote]
    Jika terjemahannya seperti ini maka maksud kalimat itu lebih dekat pada kejadian lahirnya laki dan perempuan berikutnya adalah di waktu umur Adam ke-800 tahun bukan? (dan kemudian wafat di usia 930 tahun)

    -> posisi ini menunjukan ada gunanya perlu memunculkan kata 800 tahun karena ada EVENT yang TERJADI di situ daripada sekedar perhitungan matematis 800+130 = 930
    [/quote]

    Maka yang perlu bro jawab, mengapa Adam harus menunggu 670 tahun untuk melahirkan anak lagi (setelah Set)? Sedangkan ia bisa melahirkan anak hanya beberapa tahun atau bulan setelah kematian Habel?

    [quote]
    Kemudian,
    Posisi kristen menjadi riskan di KRONOLOGIS kejadian 4

    4:14..maka barangsiapa (Ibrani: Kowl) yang akan bertemu dengan aku, tentulah akan membunuh aku"
    4:15 Firman TUHAN kepadanya: "Sekali2 tidak! Barangsiapa yang membunuh Kain akan dibalaskan kepadanya 7x lipat." Kemudian TUHAN menaruh tanda pada Kain, supaya ia jangan dibunuh oleh barangsiapapun yang bertemu dengan dia."

    Pertama,
    saat terjadinya pembunuhan HABEL, ada janji tuhan yaitu "BARANG SIAPA.."

    walopun "kowl" dapat digunakan utk jenis manusia dan bukan (yaitu segala), namun statement dibalaskan 7x lipat akan sangat lucu dan konyol jika dipake untuk yang berjenis binatang, tumbuhan..

    Kejadian ini MENUNJUKAN UDAH ADA MANUSIA di bumi sebelum ADAM berusia 130 tahun, konsekuensi lanjutan dari ini adalah BOHONG BESAR bahwa adam adalah manusia pertama.
    [/quote]

    Ini disebabkan karena bro salah memahami pasal-pasal di awal kitab Kejadian, seolah-olah semuanya harus kronologis. Bahkan manusia saja bisa membuat cerita dengan alur maju-mundur. Mengapa Allah tidak bisa seperti itu?

    [quote]
    O ya,
    Para kristen sendiri punya tafsir menarik terhadap tanda yang dibuat tuhan kepada kain, kitab Armenian apocript abad ke-5 dan 6 menyatakan tanda Allah di wajah kain maksudnya adalah wajahnya menjadi hitam. Buku kristen syira menyatakan maksudnya kulitnya menjadi hitam. Tafsiran ini yang kemudian membuat terjadinya diskriminasi keji pada ras manusia berkulit hitam
    [/quote]


    Kesalahan logika diskusi: penggeneralisasian. Apakah karena ada umat Muslim yang menolak Hadits, maka saya akan mengatakan "para Muslim menolak Hadits"?



    [quote]
    Kemudian,
    Adalah seorang USKUP KRISTEN bernama Samuel wilberforce, yang memlintir teori darwin ketika berhadapan dengan Thomas Huxley. lihat di: Wilberforce and Huxley: A Legendary Encounter atau karena ia menentang transmutasi genetika, seperti ide yang dilemparkan "Vestiges of the Natural History of Creation"

    O ya,
    response debat ini juga menghasilkan kartun yang kemudian sangat mendunia, 1871, 22 maret, the hornet, memuat kartun orang utan dengan muka darwin dibuat sebagai ejekan dan ini sangat tidaklah NYAMBUNG dengan teorinya
    [/quote]

    Lagi-lagi 'jurus' penggeneralisasian. Jadi bro mau berbicara tentang teori Darwin? Apakah dengan menuliskan hal ini, bro menyetujui teori Darwin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiwit:
      Maka yang perlu bro jawab, mengapa Adam harus menunggu 670 tahun untuk melahirkan anak lagi (setelah Set)? Sedangkan ia bisa melahirkan anak hanya beberapa tahun atau bulan setelah kematian Habel?

      GW:
      Pertanyaan gak konsisten, kenapa gak sekalian sy suruh jawab kenapa ADAM melahirkan set di usia 130 tahun.

      Tidak ada 1 pun bukti kematian habel terjadi hanya beberapa bulan dan tahun aja. Fakta yg disusun di kejadian 4:

      1. Terjadi pengusiran KAIN+ penempatan kain
      2. Ada perkawinan kain dengan betina, ada kelahiran henokh, dilajutkan pendirian kota dengan 3 penghuni.

      -> sequence yang mendahului kelahiran set. terjadi tahunan BUKAN bulanan

      3. Adam diberitakan punya anak baru bernama set

      Yang tidak tercantum ya jangan ditambah2in dong. Urutan kronologis jangan di potong paksa, dong.


      Wiwit:
      Ini disebabkan karena bro salah memahami pasal-pasal di awal kitab Kejadian, seolah-olah semuanya harus kronologis. Bahkan manusia saja bisa membuat cerita dengan alur maju-mundur. Mengapa Allah tidak bisa seperti itu?

      GW:
      Lah dirimu sendiri tidak memahami dan sengaja mengabaikan petunjuk koq, sy yg dikatakan tidak paham :)

      Faktanya ada kata: hari ke-1 s.d 7 -> indikasi kronologi, kemudian kata: lalu, kemudian, selanjutnya -> bukti kronologi kejadian kedepan. jadi suka/tidak maka fakta ini mengecewakan yg anda coba paksakan. Saya sarankan anda ciptakan aja sendiri kitab yg anda mau sesuai pengertian anda, okeh bos.


      Wiwit:
      Kesalahan logika diskusi: penggeneralisasian. bla..bla..

      GW:
      Wew, koq generalisasi? sy tulis: "Para kristen sendiri punya tafsir menarik terhadap tanda yang dibuat tuhan kepada kain, kitab Armenian apocript abad ke-5 dan 6 menyatakan tanda Allah di wajah kain maksudnya adalah wajahnya menjadi hitam. Buku kristen syira menyatakan maksudnya kulitnya menjadi hitam. Tafsiran ini yang kemudian membuat terjadinya diskriminasi keji pada ras manusia berkulit hitam. "

      -> Nah, FAKTANYA juga ternyata di tulis juga di: Wikipedia


      Wiwit:
      Lagi-lagi 'jurus' penggeneralisasian.

      GW:
      Artikel sy bicara apa? jika anda mau diskusi nyambung. baca artikelnya. ngerti?
      Kalo gak mampu, ya gak perlu pake merajuk kesana kemari dengan kata generalisasi..Gunakan cermin untuk berkaca toh berapa kali anda sendiri juga bawa Sam Wilberforce dan menyatakan dirinya memelintir :)

      Di topik artikel ini sangat wajar mengembalikan ke porsi awal artikel, karena toh tuduhan ini emang asalnya dari USKUP KRISTEN bernama Samuel wilberforce.


      Wiwit
      Jadi bro mau berbicara tentang teori Darwin? Apakah dengan menuliskan hal ini, bro menyetujui teori Darwin?

      GW:
      Baca artikelnya.

      Delete