Thursday, June 16, 2016

Latifayah Sang Perawan Suci VS Maria Sang Perawan Suci: "Anak Yesus" VS "Yesus Anak Malaikat Allah"


Jika anda percaya kebenaran berita di bawah ini, maka seluruh tulisan setelahnya, TIDAK PERLU dibaca lagi, namun jika tidak, maka aplikasikanlah juga pada 2 buku suci (Alkitab dan Quran) yang memberitakan kehamilan Ilahi perawan Maria:
    Cincinati - Remaja Ohio berusia 15 tahun mengklaim mengandung anaknya Yesus Kristus, setelah "dihamili secara ilahi" saat didatangi malaikat
    Latifah Smith-Nabengana mengatakan bahwa dirinya didatangi malaikat Allah di bulan Juli 2015, yang berkata bahwa ia seorang yang terpilih untuk melahirkan anak Kristus..

    "Ia mengatakan padaku bahwa Ia adalah Nephilim, seperti yang tertulis di Alkitab," kata gadis muda itu. "Ia katakan bahwa Ia membawa pesan dari Yesus, Ia berkata bahwa Aku akan hamil dan bahwa aku akan melahirkan seorang putera, anak Yesus"

    Nephilim adalah benar makhluk mitologi yang ada di Kejadian 6:4: "Pada waktu itu Nefilim ada di bumi, dan juga sesudahnya, ketika anak-anak Allah mendatangi anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; mereka adalah orang perkasa di jaman lalu, orang-orang yang terkenal"

    Jenis makhluk ini tidak terdengar lagi selama ribuan tahun terakhir, sehingga klaim remaja ini mengejutkan semua orang di keluarganya saat ia umumkan. Mereka sendiri adalah para orang yang sangat berkeyakinan, mereka dapat dengan cepat menerima klaimnya dan memberikan dukungan penuh pada remaja 15 tahunan ini.

    Dokter medis yang mengikuti kehamilannya, Dr. William Franklin Murphy, mengatakan ia tahu versi pasiennya, tetapi Ia tidak dapat untuk menerima atau menolak klaimnya.

    "Dari yang aku tahu, kehamilannya normal," kata dokter kandungan itu. "Klaimnya tentang "kehamilan perawan" secara teknis benar, namun tidak berarti itu ada campur tangan ilahi. Aku dapat sampaikan anaknya laki-laki, tapi tidak ada cara bagiku untuk menentukan apakah itu adalah anak Yesus sampai dia lahir. Jika Ia meminta tes DNA nanti, maka kami dapat memberitahukan kalian siapa bapaknya".. [Worldnewsdailyreport, "PREGNANT TEENAGER CLAIMS JESUS CHRIST IS THE FATHER OF HER BABY", 11 Feb 2016]
Deja vu? Wajar, karena klaim yang sama yaitu setelah "didatangi Malaikat" kemudian hamil tercantum dalam Alkitab dan Quran untuk kelahiran Isa/Yesus.

Artikel ini kita bagi dalam 4 topik, yaitu:
  • Bagian ke-1: Klaim kehamilan Perawan Maria dan Siapa bapak biologisnya Yesus,
  • Bagian ke-2: Di mana Yesus Lahir []
  • Bagian ke-3: Kapan Yesus Lahir [] dan
  • Bagian ke-4: Bulan apa Yesus Lahir []
Selamat membaca!
    Mau traktir Wirajhana, kopi? Kirim ke: Bank Mandiri, no. 116 000 1111 591


Hamilnya Maria/Mary/Maryam
Malaikat Allah mendatangi Maria tercantum dalam Alkitab dan AlQuran:
    Alkitab:
    ".. Di bulan ke-6, Allah menyuruh malaikat Gabriel ke Galilea, Nazaret, ke perempuan bujang (parthenos) yang bertunangan dengan pria bernama Yusuf dari rumah Daud, perempuan bujang bernama Maria dan mendatanginya (kai eiser chomai) berkata..bahwa Ia akan mengandung dan akan melahirkan anak bernama Yesus" [Lukas 1.26-31]

    "..Maria, ibu-Nya, tunangan Yusuf, sebelum dengan disetubuhinya (prin e suner chomai autos), ternyata ada hamil oleh roh Kudus (herisko en gaster echo ex Pneuma hagios), Yusuf adalah lelaki jujur yang tidak mau dirinya tercemar (Ioseph de aner autos dikaios eimi kai me thelo autos deigmatizo), bermaksud menyuruh dirinya pergi diam-diam (boulomai lathra apaluo autos), Ketika mempertimbangkan demikian, malaikat Tuhan nampak dalam mimpinya berkata: "Yusuf, anak Daud, jangan engkau kuatir menerima Maria sebagai isteri karena diturunkan oleh yang kudus (gar en gennao ex hegios) lahir anak itu dan disebut dengan nama Yesus (tikto de huios kai kaleo ho onoma autos Iesous) esudah bangun dari tidur, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan kepadanya. Ia mengambil perempuan itu, tetapi tidak bersetubuh/intim dengannya sampai lahir anaknya (au also ginosko autos heos tikto huis dan disebut dengan nama Yesus (kai kaleo onoma Iesous) [Mat 1.19-25]

      Note:
      Ayat terakhir menunjukan SETELAH MARIA MELAHIRKAN, Ia juga disetubuhi Yusuf/Yosep. Ini adalah bukti internal kanonikal bahwa TIDAK BENAR Maria tidak pernah disetubuhi lelaki lainnya lagi. Oleh karenanya, "saudara-saudara Yesus" adalah anak-anak kandung mereka, yaitu (satu atau seluruhnya dari nama-nama ini): Yakobus, Yoses/Yusuf, Simon dan Yudas, ref. Markus 6.3 dan Matius 13.55.

      Dalam Catholic Encyclopedia, yang mengutip dari sumber Apocrypha (Kitab James, arti Apocrypha = rahasia) dan "Yusuf si tukang Kayu" (abad ke-6/7 M): Yusuf/Yosep berusia 90 tahun dan Maria berumur 12-14 saat menikah. Yusuf/Yosep adalah duda, yang dulu di usia 40 tahun mengawini: Melcha/Elcha, mereka punya 6 anak, 4 nama anak laki-lakinya bernama sama dengan nama saudara-saudara Yesus.

      Sampai dengan Konsili Trent (1545 M), gereja hanya memutuskan menerima 9 kitab tambahan ke dalam kanon (termasuk makabe 1 dan 2, namun itu tidak termasuk kitab James). ke-9 kitab ini disebut kanon deutero (arti deutero = muda, kedua)

    AlQuran:
    ..fa-arsalnaa (kemudian kami mengirim) ilayhaa (padanya) ruuhanaa (roh kami) fatamatstsala (kemudian menyerupai) lahaa (baginya) basyaran (manusia) sawiyyaan (proporsional)..qaala innamaa anaa rasuulu rabbiki li-ahaba laki ghulaaman zakiyyaan (berkata (diterjemahan dan tafsir menyatakan ini adalah jibril): "Sesungguhnya aku hanyalah utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci")..[AQ 19.17-21]

    wamaryama ibnata 'imraana allatii ahsanat (dan Maryam binti Imran yang memelihara) vaginanya (farjahaa: "Farj" AQ 21.91, 23.5, 24.30, 24.31, 33.35, 50.6, 66.12, 70.29), maka Kami tiupkan (fanafakhnaa) ke dalam itu (fiihi) dari (min) ruh kami (ruuhinaa) [AQ 66.12. juga di 21.91: waallatii ahsanat farjahaa fanafakhnaa fiihaa (ke dalamnya) min ruuhinaa]

    Tafsir ibn kathir (1301 M – 1373 M):
    maksudnya "Ia hadir padanya dalam rupa manusia sempurna dan utuh". Mujahid, Ad-Dahhak, Qatadah, Ibn Jurayj, Wahb bin Munabbih dan As-Suddi mengomentari statement allah bahwa "kami kirimkan ruh kami" maksudnya jibril..Ketika Jibril muncul di hadapannya dalam bentuk manusia, ia ketakutan dan berpikir akan diperkosa [AQ 19.16-21] ..Allah mengirimkan malaikat Jibril kepada Maryam, dan ia datang dalam rupa manusia dalam segala hal. Allah memerintahkannya untuk meniup kedalam celah dari pakaiannya dan nafas itu masuk ke kandungannya melalui bagian pribadinya. ini cara kehamilan Isa. [AQ 66.12]. Allah menyampaikan pada Maryam itu ketika Jibril sampaikan yang Allah sampaikan, Ia menerima ketetapan Allah. Banyak ulama kalangan awal (Salaf) telah menyebutkan bahwa di saat itu Malaikat meniup ke bagian terbuka pakaian yang dipakainya. Kemudian nafas itu turun hingga memasuki vaginanya..[AQ 19.22-23]

    Ibn Arabi (561 AH/1165 M - 638 AH/1240 M)
    :
    "Sesungguhnya seperti 'Isa di sisi AllAh, adalah seperti Adam. Allah menciptakannya [khalaqahu, orang ke-3, pria tunggal] dari tanah, kemudian Allah berfirman padanya [lahu, orang ke-3, pria, tunggal]: "Jadilah", maka jadilah ia [fayakuunu, orang ke-3, pria, tunggal]. [AQ 3.59].

    Kata dia/nya/ia merujuk pada "ADAM [Futûhât, ed. Yahya, Vol. 2, pp. 250 and 299. Kitâb al-Alif,in the Rasâ'il, p. 8: Allah berkata "menciptakannya dari tanah" dan tidak "menciptakan mereka", dan kata ganti merujuk pada yang disebut terakhir]. Isa diciptakan dari cairan Maryam [Maa muhaqqaq] dan cairan tak tampaknya (Maa mutawahham) Jibril [Fusûs al-Hikam, Futûhât al-Makkîya, "The spirit and the son of the spirit, A reading of Jesus according to Ibn 'Arabi"]. Isa dalam kandungan terjadi secara biologis, kedua orang tua menyumbangkan cairan mereka [Aisha's Cushion: Religious Art, Perception, and Practice in Islam, Jamal J Elias, hal 233 atau di sini].

      Penggunaan nasab dengan nama perempuan (Isa bin Maryam):
      Dilakukan juga di bangsa Yahudi, misal: 1 SAM 26.6 (Abisai bin Zeruya + 2 saudaranya juga ben Zeruya). Zeruya adalah adik perempuan Raja Nahash dari Amon. Juga oleh bangsa Arab, misal: satu anak laki-laki `Ali bin Abi Talib (w. 661): Muhammad bin al-Hanifiyya atau contoh lain: Marwan bin al-Hakam (w. 684) dikenal sebagai bin al-Zarqa (anak dari perempuan bermata biru)

    Hadis Qudsi Imam Ahmad tentang dua Malaikat (Harut dan Marut): mabuk, menyetubuhi perempuan dan membunuh anak kecil:

      Yahya bin Abi Bukair - Zuhair bin Muhammad - Musa bin Jubair - Nafi' (budak Abdullah bin Umar) - Abdullah bin Umar - Nabi SAW:

      "Ketika Nabi Adam SAW diturunkan Allah ke muka bumi, para malaikat berkata: 'Wahai Rabb, apakah Engkau jadikan disana orang-orang yang suka berbuat kerusakan dan menumpahkan darah, padahal kami selalu memuji-mujiMu dan mensucikanMu.' Dia berkata "Aku Maha Mengetahui apa yang tidak kalian ketahui.' Para malaikat: 'Wahai Rabb, kami adalah para makhluq yang lebih ta'at kepadaMu daripada anak cucu Adam.' Allah Ta'ala berkata pada para malaikat:

      (note:
      terjemahan dari software kitab 9 hadis lidwa terhenti sampai "..para malaikat:". Selebihnya yang di bawah ini, saya terjemahkan sekadarnya)

      -> "datangkan dua malaikat yang akan turun ke bumi dan lihat apa yang akan diperbuat keduanya”. (Para malaikat) menjawab: "Tuhan kami, turunkanlah Harut dan Marut ke bumi". Kemudian diciptakan perawan kembang yang tercantik dari manusia untuk mendatangi keduanya. Keduanya menjadi bernafsu (untuk menggaulinya). Wanita: "Tidak, demi Allah, kecuali kalian menyebutkan syirik pada Allah". Malaikat: “Demi Allah, kami tidak berbuat syirik pada Allah". Wanita itu pergi dan kembali dengan seorang bayi. Keduanya menjadi bernafsu (untuk menggaulinya). Wanita: "Tidak, demi Allah, kecuali kalian membunuh bayi ini". Kedua malaikat: "Demi Allah, kami tidak membunuh". Wanita itu pergi dan kembali membawa minuman keras (Khamar). Keduanya menjadi bernafsu padanya (untuk menggaulinya). Wanita: "Tidak, demi Allah, kecuali kalian meminum khamar ini". KEMUDIAN KEDUANYA MEMINUM KHAMAR, MENGGAULI WANITA ITU DAN MEMBUNUH BAYI...

      [Hadis Qudsi: Imam Ahmad no.5902/No.6009 (arab). Musnad Bazzar no.1600. Ibn Hibban dalam sahih XIV/63 no.6186. Ibn Abi Ad-Dunya di Al-Uqubat no.222. Abdul ibn Humaid di Al-Muntakhab no.787. Juga di tafsir Ibn Kathir AQ 2.102 (arab).

      Berikut ini adalah penilaian beberapa ulama tentang Zuhair (Yahya bin Ma'in, Ahmad bin Hanbal: Tsiqah (jujur). An Nasa'i: da'if. Ibnu Hibban: disebutkan dalam 'ats tsiqaat. Adz Dzahabi: Tsiqah Yughrab). Penilaian beberapa ulama tentang Musa (Ibnu Hibban: disebutkan dalam 'ats tsiqaat, Ibnul Qaththan: karakternya tidak dikenal. Ibnu Hajar al 'Asqalani: mastuur (adil dan jujur, tapi belum tercapai kebulatan kesepakatan di antara para ulama). Adz Dzahabi: Tsiqah).

      Disebut Qudsi, karena merupakan ucapan ALLAH SWT bukan ucapan Nabi SAW, jadi hadis Qudsi adalah mirip Quran. Baik Quran dan hadis (arti hadis = berita) yang berujung pada nabi/sahabat sama-sama disampaikan melalui rantai perawi. Bedanya rantai perawi Quran lebih pendek, terhenti di Nabi. Para sahabatnya kemudian mengumpulkannya di jaman Khalifah Usman]

    Lebih lanjut tentang Islam: "Tentang Quran, Ayat Setan, Nabi, Kabah, Ibrahim, Qurban, Tradisi Jahiliyah dan Allah.." dan "SURGA di ISLAM: Jumlah Quota Maksimum? Dapat Apa Aja? Kapan?"
Yesus jelas bukan anak kandung Yusuf/Yosep dan karena kaum Yahudi menganut “..yalad al mishpachah bayith 'ab..” (turunan suku rumah bapaknya) (Bilangan 1.18), maka apakah Yesus masih dapat disebut turunan Yahudi?

Seseorang disebut sebagai anggota suku tertentu Yahudi/Ibrani adalah karena:
    (1) Lahir dari: Bapak dan Bbu Yahudi/Ibrani.
    (2) Lahir dari: Ibu NON Yahudi/Ibrani namun BAPAK Yahudi (sample: David anak Rut (perempuan turunan MOAB/non Israel: Ruth 1.22; 2.2) dan Boaz (Lelaki tturunan Yehuda: 1 taw 2).
    (3) Lahir dari: Ibu Yahudi bapak NON Yahudi (sample: Imanat 24.10 ikut Musa keluar dari Mesir) namun harus ikut agama Yahudi, dan
    (4) Merupakan budak milik kaum Yahudi dan/atau melalui adopsi oleh orang Yahudi dan/atau melalui konversi/IKUT agama Yahudi [Lihat juga: Who Is a Jew?]
Pastinya, Yesus adalah turunan Yahudi/Ibrani, NAMUN KEMUDIAN, karena
    "..milik pusaka perempuan itu (lahir dari kandungannya) AKAN DITAMBAHKAN KEPADA milik pusaka SUKU YANG AKAN DIMASUKINYA (berasal dari sperma suaminya) DAN AKAN DIKURANGKAN DARI milik pusaka SUKU NENEK MOYANG KAMI" (Bilangan 36.4)

    Maka berbicaralah Sekhanya bin Yehiel, dari bani Elam, katanya kepada Ezra: "Kami telah melakukan perbuatan tidak setia terhadap Allah kita, oleh karena kami telah memperisteri perempuan asing dari antara penduduk negeri. Marilah kita sekarang.. mengusir semua perempuan itu dengan anak-anak yang dilahirkan mereka, menurut nasihat tuan dan orang-orang yang gemetar karena perintah Allah kita. Dan biarlah orang bertindak menurut hukum Taurat [Ezra 10.2-3: Ini karena diantara 2 hal: Istri + turunan tidak ikut ajaran Yahudi atau pihak suami memuja Allah pihak Istri]

    ”dan dari antara kaum imam (Turunan Harun):..Barzilai itu memperisteri seorang anak perempuan Barzilai, orang Gilead itu (Suku Israel), DAN SEJAK ITU DINAMAI MENURUT NAMA KELUARGA ITU. Mereka itu menyelidiki apakah nama mereka tercatat dalam silsilah, TETAPI KARENA ITU TIDAK DIDAPATI, MAKA MEREKA DINYATAKAN TIDAK TAHIR UNTUK JABATAN IMAM [Ezra 2.61-62]
Walaupun silsilah Yesus di Lukas 3.23-27 dan Matius 1.1-16 merujuk Yusuf sebagai bapaknya namun Ia BUKAN ANAK KANDUNGnya dan penggunaan garis Ibu sebagai dasar klaim adalah TIDAK RELEVAN, pun jika dipaksakan, Maria ternyata turunan DAVID-NATHAN (Lukas 3.31) BUKAN turunan DAVID-SULAIMAN.

Jadi baik melalui garis Ayah dan Ibu, Yesus BUKAN PEWARIS PUSAKA garis DAVID-SULAIMAN dan Efraim/Yusuf. [juga lihat: Persoalan silsilah antara Lukas vs Matius].

Apakah Yesus Nabi (nevi’i) dan/atau Mesiah (mashiach)?
Nabi adalah pembawa berita KEPADA RAKYAT (Bangsa yahudi dan/atau bangsa lain) tentang masa depan dan/atau orang terpilih (Mesiah): di masanya atau penerusnya DAN Nabi bertugas menegakan HUKUM Yahwe DAN menolong/menyelamatkan Israel dari bangsa lain dan atau dari memuja tuhan lain.

Alkitab Yahudi menyatakan jumlah nabi 2x lebih banyak dari jumlah orang Israel yang keluar dari Mesir [Megillah 14a] NAMUN YANG TERCANTUM di Alkitab Yahudi hanya 55 NAMA NABI (laki/perempuan) dan menariknya nama Daniel TIDAK TECANTUM SEBAGAI NABI, ini artinya, Matius 24.15 TELAH KELIRU MENUDUH Daniel sebagai Nabi.

Terdapat 6 Nabi kalangan NON ISRAEL, yaitu: Ayub dan 3 temannya + Bapaknya Balaam (Beor) + Balaam. Untuk urutan kehadiran, Balaam, tampaknya hadir paling akhir, karena setelah balaam, roh kudus meninggalkan (dicabut dari) bangsa NON Israel secara permanen:
    "ונביאי אומות העולם, היו במידת אכזריות, שזה עמד לעקור אומה שלמה חנם על לא דבר. לכך נכתבה פרשת בלעם, להודיע למה סלק הקדוש ברוך הוא רוח הקדש מאומות העולם, שזה עמד מהם, וראה מה עשה" (Para nabi bangsa kafir berprilaku kejam, Itulah Ia (Balaam) yang membasmi seluruh orang tanpa alasan. Oleh karenanya kisah tentang Balaam dituliskan sebagai informasi mengapa Tuhan mencabut roh kudus dari bangsa-bangsa dan hanya melihatnya) [midrash Tanchuma 4.7.1, tentang Balaam]
Bahkan Roh kudus, akhirnya juga meninggalkan kaum Israel untuk jangka waktu tertentu:
    ”Ketika Nabi Haggai,Nabi Zechariah dan Nabi Malachi wafat, Roh kuduspun meninggalkan Israel; namun masih dapat menerima Bath-kol (suara suci, kelas-2 kenabian) [Yoma 9bSotah 48b, Sanhedrin 11a]
Sehingga disetelah wafatnya Haggai, Zacharia dan Malachi, TIDAK ADA LAGI nabi HINGGA KEMUDIAN, "Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu" [Malachi 4.5] dan kita tahu bahwa Yohanes pembaptis sendiri MENOLAK DISEBUT ELIA:
    "..orang Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa imam dan orang-orang Lewi kepadanya untuk menanyakan Yohanes pembaptis: ".. siapakah engkau? Elia?" Dan Yohanes pembaptis menjawab: "Bukan!" "Engkaukah nabi yang akan datang?" Dan ia menjawab: "Bukan!" [Yohanes 1.19-21]
Jadi dijaman Yohanes pembaptis, ELIA BELUMLAH MUNCUL, konsekuensinya, Yesus BUKAN yang Malachi maksudkan. Maka wajarlah terjadi inkonsistensi pernyataaan Yohanes Pembaptis yang konon sebagai SAKSI yang MELIHAT dan MENDENGAR tanda Allah dan roh kudus tentang Yesus:
    Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya.. Sesudah dibaptis,..pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan. [Mat 3.13-17; Lukas 3.21-22; juga di Yohanes 1.29-34 DAN 1.35-36]
NAMUN ketika di penjara, Yohanes Pembaptis JELAS SEKALI MERAGUKAN Yesus:
    Di dalam penjara Yohanes mendengar tentang pekerjaan Kristus, lalu menyuruh murid-muridnya bertanya kepada-Nya: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?" [Matius 11.2-3. Juga Lukas 7.18-19]
Ini membuat kenabian/kemesiahan Yesus SANGATLAH MERAGUKAN

Mesiah adalah orang yang diurapi atau yang terpilih baik itu berasal dari NON ISRAEL ataupun ISRAEL. Sample Mesiah NON Israel misalnya Koresh (Yesaya 45.1, 13; Ezra 1.2). Sample Mesiah turunan Israel ada banyak. Jadi Mesiah bisa berupa: Nabi, Raja, Imam, Hakim, orang biasa dan bahkan TIDAK HARUS dari ras Yahudi.

Alkitab Yahudi menginformasikan adanya 4 MESIAH MASA DEPAN atau 4 orang tukang (Zachkria-PL: 1.20-21/Zachkaria-Tanakh: 2.3) yang Babilon Talmud, Sukkah 52b katakan mereka itu adalah:
  1. Keturunan DAVID-SULAIMAN (2 Sam 7:12-16, Mazmur 89:28-38, 1 Taw 17:11-14, 22:9-10, 28:6-7),
  2. Keturunan Yusuf/Effrain: Mesiah bin Efaim/Yusuf (juga: Who is the Moshiach ben Yosef?),
  3. Elia, dan
  4. Imam benar
URUSAN MESIAH/NABI SELALU HARUS terkait dengan:
  • Menolong/menyelamatkan bangsa ISRAEL dari bangsa lain atau dari mengikuti tatacara Tuhan lain dan menegakkan Taurat, sample: Musa, Samson (Hak 14-16) dan Balaam (Bilangan 22), atau
  • Urusan tentang Kuil di Yerusalem, harus memerintahkan/membangun kuil (Yehezkiel 37.25-26) atau HARUS memastikan KUIL TIDAK BERALIH FUNGSI untuk menyembah tuhan lain (2 Makabe 4 tampaknya terkait ramalan di Daniel 9.27, yaitu tentang Imam yang diurapi: Onias )

    Sampai dengan hari ini, BARU TERJADI 2x pembangunan Kuil di Yerusalem: Kuil ke-1 adalah kuil Sulaiman, hancur oleh Babilonia. Kuil ke -2, dibangun jaman Koresh oleh Ezra dan Nehemia, kuil ini hancur pada tahun 70 Masehi. Kuil ke-3 belum terjadi (lihat Yehezkiel 40)
Yesus dalam kisah kehidupannya, tidak berurusan dengan menyelamatkan Israel dari tangan bangsa lain, atau dari penyembahan terhadap Tuhan lain. Yesus lahir, besar dan wafat pada masa kuil ke-2 masih ada dan saat itu kuil di Yerusalem JUGA TIDAK BERALIH fungsi untuk menyembah tuhan lainnya. Oleh karenanya, Yesus BUKANLAH Mesiah [Lihat juga: Laws Concerning Kings and the Messiah]

Kemudian,
Jika benar Mary dan Yusuf tahu bahwa Yesus anak Allah dan benar bahwa mereka mengalami sendiri keajaiban seputar kelahiran Yesus, maka:
  • MENGAPA MEREKA HERAN mendengar cerita para gembala yang didatangi para malaikat dan tentara surga yang memberitakan kelahiran bayi mereka? (Luk 2.8-20) atau
  • MENGAPA MEREKA HERAN mendengar pernyataan Simon (dan Hana) tentang bayi mereka dan masa depannya, ketika Yesus di usia 40 hari? (Luk 2.21-40), atau
  • MENGAPA MEREKA HERAN MELIHAT YESUS dan MALAH MENEGURNYA? ketika Yesus di usia 12 tahun, menghilang dan 4 hari kemudian ditemukan di bait Allah sedang mendengarkan dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada para alim ulama? (Luk 2.42-51), dan
  • MENGAPA Mary MALAH TIDAK MENGERTI dan Yusuf juga TIDAK MENGERTI dengan jawaban Yesus: "Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di tahta/urusan bapaKu (en pater mou)?" [Luk 2.42-51]
PADAHAL, bukankah:
  • 10 bulan sebelum kelahirannya, Mary mengklaim dirinya didatangi Malaikat yang menyampaikan bahwa dirinya terpilih melahirkan Yesus?
  • di rumah sanaknya (sugenes), Elizabeth, Ia berkata pada Mary: "..Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?" (Lukas 1: 42-43) dan Mary menjawab: "..Sesungguhnya..Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus" (Lukas 1: 46-49)
  • di saat Yesus lahir, konon ada bintang berhenti di atas tempat bayinya, juga serombongan Magi datang menyembah bayinya dan mepersembahkan emas, kemenyan dan Mur (Mat 2.1-11)
  • Yusuf juga mengkaim didatangi Malaikat dalam mimpi: di 5-6 bulan sebelum kelahiran Yesus bahwa dirinya terpilih menjadi bapak anaknya Roh kudus (Mat 1.18-25) dan saat Yesus lahir agar keluarganya segera ke Mesir sehingga terhindar dari tangan kejam raja Herodes (Mat 2.13-18)
Lantas, mengapa Mary dan Yusuf tetap masih HERAN? masih tidak mengerti jawaban Yesus? dan koq malah nekad berani menegur anak Allah?

Jika benar Yesus anak Allah, seperti klaim Maria dan Yusuf, maka:
  • Mengapa ditempat asal Yesus sendiri, orang-orang MALAH TIDAK TAHU bahwa Yesus itu anak Allah atau bahkan Allah dan MALAH SAMPAI NEKAD BERANI MENOLAKNYA [Mat 13.57]?
  • Mengapa keluarga Yesus sendiri MALAH TIDAK TAHU Yesus itu anak Allah dan NEKAD BERANI menangkapNya dan mengatakan bahwa Yesus SUDAH TIDAK WARAS LAGI (Markus 3.21)
  • Mengapa bahkan “saudara-saudara-Nya sendiripun tidak percaya kepada-Nya” (Yohanes 7.5)?
Mengapa Mary dan Yusuf tega-teganya  tidak memberitahukan keluarga dan para tetangga asal-usul ilahi-Nya?
Mengapa Mary dan Yusuf tega-teganya tidak memberitahukan keluarga dan para tetangga bahwa Yesus adalah Mesiah?
Mengapa Mary dan Yusuf tega-teganya TIDAK MEMBERIKAN KABAR BAIK ITU pada keluarga dan para tetangganya agar juga beroleh kesempatan untuk percaya dan agar juga beroleh KESELAMATAN SURGA yang konon tidak akan didapat JIKA TIDAK melalui Yesus? Benarkah Yesus anak Allah?

Yesus Bin Panthera?
Tampaknya klaim kaum Yahudi bahwa Yesus anak Haram telah ada dari awal kehidupannya, misalnya:
  • Yohanes 8.41, “..Jawab mereka: "Kami tidak dilahirkan dari zinah. Bapa kami satu, yaitu Allah” (Ayat ini bisa punya 2 maksud: (1) kami (tidak seperti mu) bukan anak haram atau (2) kami tidak menduakan Allah)
  • Dalam kitab Apocrypha, “Gospel of Nicodemus” (pertengahan abad ke-4 M), Part 1, Act of Pilate, Ch.2, pesidangan Yesus dihadapan Pontius Pilate: "Dan para tetua Yahudi menjawab, berkata pada Yesus: 'Apa yang kita lihat? Pertama, Kamu lahir dari perzinahan..'.. Annas dan Caiaphas berkata pada Pilate: 'Kami bersama banyak orang berkata bahwa Ia lahir dari perzinahan..'"
Sehingga tidaklah mengherankan, jika kemudian, pria bernama “Panthera”, seorang serdadu kerajaan Romawi, disebut-sebut sebagai bapak biologis Yesus berkembang luas di abad-abad awal kekristenan dan juga diketahui para bapak Gereja, misalnya: Origen (185-254 M) dalam "Origen conta Celcius" dan Santo Epiphanius (Uskup dari Salami, 315 - 403 M) dan bahkan termuat dalam Talmud Babilon (abad ke 3 s.d 5 M)
    Celcus (178 M):
    Tapi mari kita kembali ke tempat yang kaum Yahudi katakan, berbicara tentang Ibunda Yesus: "ketika Ia hamil Ia diusir oleh tukang kayu yang menjadi tunangannya, karena bersalah telah berzinah, dan bahwa ia melahirkan anak dari seorang prajurit tertentu bernama Panthera" [Pernyataan Celcus dikenali, karena Origen mengulangi lagi apa yang dinyatakan Celcus dalam "Origen contra Celcius", bab.32], Juga Origen: "..Sebagaimana yang Celcus pikirkan, dengan tindakan perzinahan antara Panthera dan sang perawan" [Bab. 33] dan Origen tentang Celcus: "..Ia tdak percaya pembuahan oleh roh kudus dan percaya bahwa Ia dibuahi oleh seorang Panthera, yang merusak sang perawan" [Bab. 69]

    Epiphanius (315 -403 M):
    Mencoba membelokkan ini menjadi suatu cerita bahwa Panther adalah kakeknya Yesus dengan menyatakan, "..Joseph adalah saudara Cleopas anak dari Jacob yang bermarga/nama keluarga Panther. Kedua kakak beradik ini anak-anak dari yang bermarga/nama keluarga Panther" [The Panarion of Epiphanius of Salamis, Book II and III.De Fide 2nd Revise ed., Translated by Frank Williams, "Anachepalaeosis VII: 78 Againts Antidicomarians", hal.620]

      Note:
      Di Jerman, pada bulan Oktober 1859, ditemukan batu Nisan yang tertulis: Tiberius Iulius Abdes Panthera (22 SM - 40 M) berasal dari Sidonia (sekarang adalah Sidon, sedikit di utara Judea), anggota pasukan pemanah [Lihat juga: James Tabor].

      Menariknya Alkitab menyatakan: Yesus lahir di jaman Pendaftaran ketika Kirenius menjabat sebagai wali Suriah [Luk 2.2], yaitu di 6 M, saat itu umur Panther adalah 28 tahun, walaupun tidak membuktikan apapun, namun ini suatu kebetulan yang menarik.

      Juga di Markus 7.22, "Yesus berangkat dari situ dan pergi ke daerah Tirus dan Sidon. Ia masuk ke sebuah rumah dan tidak mau bahwa ada orang yang mengetahuinya, tetapi kedatangan-Nya tidak dapat dirahasiakan".[Entah mengapa di terjemahan baru, kata SIDON hilang, padahal dalam bahasa Yunaninya tertulis: horion turos kai sidon], yaitu tahun ke-3nya pelayanan Yesus. walaupun ini tidak membuktikan apapun, namun juga suatu kebetulan yang menarik

    Talmud
    Rabbi Siemon b. Azzai mengatakan: Aku temukan gulungan buku silsilah di Yerusalem; di dalamnya tertulis bahwa bla-bla adalah anak haram.. [Yebamoth Folio 49a, Mishna/Pengulangan, catatan tertulis dari hukum lisan taurat dari generasi ke generasi. Note: "bla-bla" merujuk pada Yesus]

    ..Rabbi Eliezer:, "Tidakkah bin Stada membawa mantra dari Mesir..Mereka berkata kepadanya, "..Bin Stada adalah Bin Pantera. Rabbi Hisda:, "Suaminya adalah Stada, kekasihnya adalah Pantera." Suaminya adalah "sebenarnya" Pappos bin Yehuda, ibunya adalah Stada. Ibunya adalah Miriam "Mary" penata rambut (penghalusan kata untuk maksud yang sangat miring. dalam bahasa Ibrani: "Miriam m'gaddela nashaia", ini mungkin asal-usul nama Magdalena). Seperti yang kita katakan di Pumbeditha (nama kota di Babilonia, sekarang dekat Fallujah, Irak), "Ia telah curang "satath da/stada" pada suaminya." (Talmud Babilon, Abad ke 3-5 SM: Shabbat 104b, Gamara/Komentar cat kaki no.19, Talmud yang tidak di sensor dan di Sanhedrin/Mahkamah Agama 67a, cat kaki no.12)
Karena jelas Yesus bukan bin Daud dan jika Yesus juga bukan bukan bin Gabriel, maka bisa jadi bahwa Yesus memang bin Panthera []

Di mana Yesus Lahir?
    Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem Yudea (en bethleem Ioudaia) pada zaman raja Herodes datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem .. Kami telah melihat bintang-Nya di Timur.. dan kami datang untuk menyembah Dia. Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem [Mat 2.1-4] .. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.[Mat 2.9]

      Note:
      Yang seharusnya mengejutkan adalah TIDAK SATUPUN dari SELURUH warga yang terkejut ini, ada yang menjadi saksi munculnya BINTANG yang mampu BERHENTI?

      Faktanya juga, 3 injil lainnya TIDAK MEMBERIKAN dukungan untuk dongeng yang dibuat Matius. Bahkan Lukas MENENTANG DONGENG ITU dengan menceritakan dongeng lainnya yang berbeda total bahwa yang datang itu BUKANLAH para Magi melainkan para gembala dan sinar itu BUKANLAH BINTANG yang DIAM melainkan kedatangan para malaikat + tentara surga:

        dan para gembala (kai poimen) yang hidupnya di padang terbuka (eimi en ho chora ho autos agrauleo) dan berjaga mengawal ternaknya di malam hari (kai phulasso phulake ho nux epi ho poimne autos) [luk 2.8]. Malaikat Tuhan mendatangi dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka da memberitahukan bahwa christos kurios telah lahir, di kota Daud (en polis dabid), sebagai tanda, mereka akan: dapati (heurisko) bayi (brephos) terbungkus (sparganoo) dan terbaring (kai keimai) di tempat makan ternak (en phatne. Berasal dari Pateomai = makan) [Lukas 2.9-14].

        Setelah Para Malaikat pergi, salah seorangnya mengajak ke Betlehem (bet = tempat/rumah + lechem = makanan hewan/manusia) untuk melihat apa yang terjadi di sana, mereka berangkat dan menjumpai Maria, Yusuf dan bayi yang terbungkus dan terbaring DI TEMPAT MAKAN TERNAK. ketika mereka menceritakan yang mereka alami, SEMUA ORANG HERAN mendengarkan cerita mereka [Lukas 2.15-20]

      Kata “Polis”, 11x juga diterjemahkan secara jamak: “kota-kota” namun, untuk "kota Daud", dari 49x penggunaannya di Perjanjian Lama (PL), selalu merujuk ke Yerusalem/Sion dan TIDAK PERNAH merujuk ke Betlehem [Flavius Josephus di Antiquities of Jews, buku ke-7, ch.3: "Kota Daud adalah Yerusalem". Malah Yohanes 7.42 menyatakan bahwa Betlehem itu KAMPUNG (kome), yaitu: “KAMPUNG DAUD”]

      Juga, narasi Lukas di atas ketika para gembala menyatakan bethlehem adalah tentang tempat makan ternak.

      Tampaknya injil-injil ini bingung sendiri membedakan antara Betlehem vs Yerusalem sebagai kota Daud dan juga antara Betlehem sebagai suatu daerah vs Betlehem sebagai Phatne (tempat makan ternak).

    (Herodes) mengumpulkan semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan, di mana Mesias akan dilahirkan. Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem Yudea (en Bethleem Ioudaia), karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi: Dan engkau Betlehem tanah Yehuda (kai su bethleem ge Iouda), engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel. [Mat 2.4-6]

      note:
      Lukas menyatakan adanya kejadian tertentu yang menyebabkan banyak orang kembali ke-kotanya masing-masing. Yusuf dan Maria, juga beberapa orang, pergi dari Nazareth ke Yudea, ke kota Daud, Bethlehem (di atas, kita tahu bahwa yang dimaksudkan kota Daud seharusnya adalah Yerusalem BUKAN Betlehem).

        Pada waktu Kaisar Agustus (de hemera ekeinos kaisar augoustos) Keluar (exerchomai) perintah (dogma) pendaftaran (apograho) bagi semua (pas) dalam kerajaan (oikoumenên). [Luk 2.1] Ini (houtus) pendaftaran (apegraphe) pertama (protos) terjadi (ginomai) Kirenius (kurenious) wali negeri (hegemoneuo) Siria (Suriah) Maka pergilah semua mendaftarkan, di kotanya sendiri [Luk 2.1-3]

        Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem.. supaya didaftarkan bersama Maria, tunangannya, yang sedang mengandung. [Luk 2.4-5]

        Terjadi (ginomai) di situ/tempat/peti itu (en ekei) genap (pletho) waktu (hemera) lahir (tikto), dan lahir (kai tiktos) turunannya yang pertama (huios autos protokos) dan dibungkusnya (kai sparganoo autos) dan dibaringkannya (kai anaklino autos) di tempat makan ternak (kai phatne. Berasal dari Pateomai = makan) karena tidak ada tempat (dioti ou topos) di persinggahan (en kataluma) [Luk 2.6-7]

      Alur perjalanan adalah ke Selatan: Nazaret - Jerusalem - Betlehem (total sekitar 175 km). Betlehem dicapai setelah lewat Yerusalem. Narasi Lukas di atas, menunjukan dalam perjalanan menuju Yudea, Yesus keburu lahir, BAHKAN itu terjadi masih sangat jauh dari Yerusalem karena sekelompok orang YANG TAHU lokasi Yesus lahir BERSAKSI bahwa Yesus lahir di area NAZARETH, GALILEA

        Kemudian Yesus berangkat dari situ dan tiba di tempat asal-Nya sendiri (patris autos) [Mark 6.1, yaitu di Nazareth, Galilea] Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri (patris autos) [Mark 6.4]

        Tetapi yang lain lagi berkata: "Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea! Karena Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan (sperma) Daud dan dari kampung (kome) Betlehem tempat Daud dahulu [Yohanes 7.41-42]

      Jika saja perjalanan mereka SUDAH LEWAT Yerusalem, tidaklah orang-orang mengatakan demikian. Ke-3 Injil saling mendukung Yesus lahir BAHKAN BELUM KELUAR WILAYAH NAZARET, Galilea

      Kemudian, kitab Mikha sendiri TIDAK MENYATAKAN Betlehem-YUDEA:

        Tetapi engkau, hai Betlehem EFRATA, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda (eleph Yahuwdah), dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel.. Apabila Asyur masuk ke negeri kita dan apabila ia menginjak tanah kita, maka kita akan membangkitkan melawan dia 7 gembala, bahkan 8 pemimpin manusia. Mereka itu akan mencukur negeri Asyur dengan pedang dan negeri Nimrod dengan pedang terhunus; mereka akan melepaskan kita dari Asyur [Mikkah 5.2-7]

      Ada kata “eleph” yang artinya “kaum” atau “pasukan yang dikomandoi oleh 1 orang”. Ini menunjukan bahwa yang diajak bicara adalah manusianya/kaumnya dan BUKAN tentang kota/tempat. Disamping itu, Mikha jelas menyebutkan HARUS ADA syarat lain, yaitu ADANYA penyerangan tentara ASYUR DAN BUKANNYA tentara ROMAWI serta orangnya nanti HARUSLAH bertindak sebagai pempimpin pasukan pembebasan dengan persenjataan pedang, sayangnya, ratusan tahun sebelum Yesus lahir, yaitu 612 SM dan bahkan hingga sekarang, tentara Asyur/Assyrian BELUM PERNAH ADA LAGI, malah kehancuran tentara Asyur telah terjadi JAUH SEBELUM kitab MIKHA pasal 5 ini ada!

      Perlu diketahui, terdapat beberapa Betlehem berbeda:

      1. Nama seorang turunan dari moyang pria bernama ZEBULON (Yosua 19.15). Ini adalah BETLEHEM-ZEBULON. Lokasi suku Zebulon dan Naftali adalah: jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea [Mat 4.15, juga: Yesaya 9.1-2 dan Zebulon Nazaret]. Sehingga Betlehem ini disebut BETLEHEM-GALILEA. Di SETELAH ABAD ke-2 M, yaitu setelah Nazaret ada, maka letak Betlehem-Galilea/Zebulon, dekat Nazaret sekarang (Barat Lautnya)

      2. Nama seorang turunan dari moyang perempuan yang bernama EFRAT. Ini adalah BETLEHEM-EFRAT. Efrat adalah juga nama tempat saat Rahel, istri Yakub, melahirkan Benyamin, wafat dan dikubur di situ, yaitu: tepi jalan Efrat Betlehem (derek ephraath Beyt lechem), jadi Efrat = Betlehem (Kej 35.19; 48.7; Rut 4.11). Kitab 1 Samuel 10.2, DENGAN JELAS menyatakan Efrat ada di DAERAH BENYAMIN (gobul Binyamiyn), di Zelzah, sehingga Efrat = Betlehem = daerah Benyamin, Zelzah! Jadi BETLEHEM ini TIDAK BERADA di daerah Yehuda, letaknya di Selatan Jerusalem.

      3. Kerajaan Israel, setelah kematian Raja Sulaiman bin Daud, pecah menjadi 2, yaitu Kerajaan Israel (terdiri dari 9/10 suku, lokasi di Utara, Ibu kota: Samaria) dan Kerajaan Yehuda (awalnya hanya suku Yehuda dan Benyamin, namun belakangan suku Lewi kembali bergabung. Lokasi di Selatan, Ibukota: Yerusalem/kota Daud. Dari 49 x “Kota Daud” di PL, selalu merujuk pada Yerusalem/Sion TIDAK Betlehem. Josephus, juga menyatakan bahwa kota Daud adalah Yerusalem)

        Sejak itu, untuk membedakan 2 Betlehem yang ada di 2 kerajaan ini, maka BETLEHEM-EFRATA/BENYAMIN = BETLEHEM-YEHUDA

      Perbedaan antar Betlehem dari sisi rantai moyang:

      Abraham –> Ishak –> Esau/Edom dan Yakub/Israel.

        Esau/Edom -> Elifas [Kej 36.1-4) -> Kenas (Kej 36.11) -> Kaleb disebut saudara/kakak Otnil anak Kenas (Yos 15.17; Hakim 1.13) dan juga disebut Kaleb bin Yefune bin Yater, orang Kenas (bil 32.12; Yos 14.6,14), di Jaman Musa, setelah Yosua bin Nun dan Keleb bin Yefune menaklukan Kanaan (Yosua 10), Yosua bin Nun memberikan HEBRON (= kiryat arba = negeri/kota arba, Yos 14.15; 15.13, 54; Kej 23.2; 35.27, Hakim 1.10) kepada Kaleb bin Yefune (Yos 14.13-14, Yos 15.13, Hakim 1.20)

        Turunan Yakub dari istrinya: (1) Lea -> Esau/Edom, Ruben, Simeon, Lewi, YEHUDA, Isakhar, ZEBULON; (2) Dari Rahel -> Yusuf, BENYAMIN; (3) dari Bilha -> Dan, Naftali; (4) dari Zilpa -> Gad dan Asyer/Asher (35.22-26, 1 Taw 2.1-2).

        Dari garis moyang ini, maka ZEBULON YEHUDA

        Garis turunan Lewi -> Kehat (Kej 46.11) -> Amran dan Istrinya Yokhebed (Kel 6.20)-> MUSA, Harun dan Miryam (Kel 6.20).

      Yehuda bin Israel mengawini menantunya Tamar (ex istri anak sulung Yehuda yang mati: Er) (Kej 38; 1 Taw 2:4). Dari Yehuda dan Tamar lahirlah Perez (Kej 38; 1 Taw 2:4) -> Perez bin Yehuda mempunyai anak HEZRON (1 Taw 2.5) -> HEZRON mempunyai 3 anak: Yerameel bin Hezron dan adiknya: kaleb/Kelubai bin Hezron (1 taw 2.42) + Ram bin Hezron (1 Taw 2.9)

      Dari garis moyang ini, maka Kaleb/Kalubai bin Hezron Kaleb bin Yefune

      • Keturunan Ram bin Hezron: Aminadab (1 Taw 2.10) -> Nahason (1 taw 2.10) -> Salma (1 taw 2.11) -> Boaz (1 taddw 2.11) kawin dengan Ruth (Ruth 4) -> Obed (1 taw 2.12)-> Isai (1 taw 2.12) -> David/Daud (1 taw 2.15)

        Dari jalur ini, TIDAK SATUPUN ada yang bernama Bethlehem sehingga tidak mungkin pula mengkaitkan David sebagai Betlehem-YEHUDA dan juga Betlehem-Efrat

      • Kaleb/Kalubai bin Hezron, setelah kematian bapaknya (Hezron), Ia mengawini ibu tirinya sendiri, yaitu Efrat/Ephraath/Ephrathah dan lahirlah Hur bin Kaleb bin Hezron, sebagai anak Sulung Efrat dari Kaleb bin Hezron (1 Taw 2.19, 50, 4.4) -> Keturunan Hur bin Kaleb: Salma (1 taw 2.51) -> turunan Salma adalah Betlehem (1 Taw 2.54)

        Dari jalur ini, maka hanya turunan Betlehem, dari Hur sajalah YANG BERHAK disebut Betlehem-EFRAT dan Betlehem-YEHUDA, karena adanya keterkaitan langsung dengan Betlehem, Efrat dan juga Yehuda

      Namun kemudian ada frase “Daud turunan EFRAT Betlehem-Yehuda” (Daud bin iysh Ephraath Betlehem Yehuda) (1 Sam 17.12). Jika frase ini BUKAN SUATU KESALAHAN DALAM MENGIDENTIFIKASI GARIS MOYANG, maka INI MEMBERIKAN PETUNJUK PASTI bahwa perempuan bernama Efrat ini ternyata dikawini ayah-anak keturunan Peres:

      • Kawin dengan Herzon bin Peras, Efrat melahirkan Ram bin Hezron
      • Setelah Hezron mati, janda yang telah beranak ini, dikawini anak tirinya, anaknya Herzon juga, yaitu Kaleb bin Hezrom bin peres dan dari perkawinan ini, Efrat melahirkan Hur bin Kaleb

      Pun, dengan jalur ini, untuk menyatakan Daud sebagai BETLEHEM-YEHUDA masihlah ½ BENAR, karena walaupun Daud sekarang sudah terkait langsung dengan Efrat melalui garis moyang Herzon->Ram yang juga adalah turunan YEHUDA, namun TIDAK untuk BETLEHEM-nya, karena nama itu, ada di kaki cabang jalur turunan LAINNYA

      Karena Matius TIDAK PERNAH menyatakan moyang langsungnya Yesus adalah Hur, maka walaupun nubuatan Mikha, telah diperkosa paksa dari Betlehem-Efrat menjadi Betlehem-Yehuda, ini tetap saja masih ½ COCOK. Apalagi dengan kesaksian masyarakat jaman itu yang dihimpun Yohanes 7.41-42 dan markus 6.4 bahwa YESUS TIDAK LAHIR DI JERUSALEM ataupun di Betlehem-Yehuda namun di Galilea.

    Malaikat datang dalam mimpi Yusuf/Yosep agar Ia dan keluarga segera ke Mesir menghindar dari raja Herodes yang akan membunuhi para bayi yang berusia di bawah 2 tahun (Mat 2.13-18). Supaya genap firman tuhan: "Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku" (Hosea 11.1). Setelah Herodes wafat dan digantikan Arkhelaus menjadi raja Yudea, Yusuf dan keluarga kembali dari Mesir ke daerah Galilea, tinggal di kota bernama Nazaret (eis polis lego Nazareth). supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi-nabi, bahwa Ia akan disebut: Orang Nazaret [Mat 2.19-23. Atau “yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret” di Yoh 1.45]

      Note:
      Tentang firman "Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku" (Hosea 11.1) sebagai klaim nubuatan tentang Yesus, ini justru menjadi aneh, karena Hosea (atau Joshua bin Nun) justru sedang menceritakan DIRINYA sendiri, sebagai salah satu orang Israel yang lahir di Mesir bersama ribuan lainnya, ketika ikut Musa keluar dari Mesir karena dipanggil Tuhan. Jadi ini menceritakan tentang KEJADIAN LAMPAU dan BUKAN PERTANDA

      Bahkan klaim Matius bahwa Yusuf sekeluarga menyingkir ke Mesir, LUKAS JELAS TIDAK SEPAKAT, karena Yesus dan keluarga ada di Yerusalem saat Yesus berusia 40 hari untuk urusan upacara pengkudusannya dan setelah upacara selesai, mereka kembali Ke Nazareth, Galilea. Tiap tahun orang tuanya ke Yerusalem untuk merayakan Paskah dan ketika Yesus berusia 12 tahun, Ia ikut orang tuanya ke Yerusalem untuk merayakan Paskah (Lukas 2.21-42)

      Tentang Nazaret sebagai nama KOTA (Polis Nazareth, juga Lukas 1.26; 2.4,39), MASALAHNYA:

      • Di seluruh PL sendiri, TIDAK SATUPUN ada kata “NAZARET” yang terkait dengan nama tempat atau desa atau kota, bahkan, dari list daerah untuk kaum Zebulon yang tinggal di Galilea (yaitu: 12 kota dan 6 desa. Ref. Yosua 19.10-16) TIDAK SATUPUN adalah Nazaret
      • Dari 63 kota di Galilea yang disebutkan dalam Talmud, TIDAK SATUPUN adalah Nazaret. Juga, dari 45 kota di Galilea yang dituliskan oleh Flavius Josephus (37 M-101 M) TIDAK SATUPUN adalah Nazaret
      • Bahkan TIDAK ADA SATUPUN BUKTI arkeologi yang bisa disimpulkan bahwa pernah ada kota Nazaret pada jaman kehidupan Yesus
      • TIDAK ADA SATUPUN PETA sebelum abad ke-4 yang memuat nama Nazareth sebagi kota (atau bahkan DESA atau wilayah kecil) [Lebih detailnya lihat: BLOG INI atau BLOG INI atau BLOG INI]

      Untuk itu, bagi yang ingin membantah ini, maka cukup bawakan 1 (satu) saja bukti bahwa ada Nazaret sebagai KOTA di kisaran kehidupan YESUS. BUKTI ini harusnya BUKAN BERUPA 1 rumah/bangunan atau 1 TANAH pertanian seluas 400 m2 atau kuburan dan TERLEBIH LAGI harus BUKAN SETELAH tahun WAFATNYA Yesus

      Di PL, ada kata “nazarith” (Hakim 13.5,7; 16.17; Bil 6.2,13,18-21), sayangnya kata ini tidak merujuk pada nama tempat atau kaum, namun merujuk arti karena nazarnya rambutnya tidak dicukur melayani tuhan. Orang Nazarith Allah, juru selamat kaum Israel yang disebutkan PL adalah Samson, berambut panjang, keturunan Dan yang tinggal di Zora (Filistin) [Hak 13.1 – 16.31]

      Jadi, SANGATLAH TIDAK BENAR untuk klaim bahwa Musa dalam Taurat dan juga para nabi ada menyebutkan “akan disebut orang/dari Nazaret”
Kronologi di atas menunjukan lokasi kelahiran Yesus BUKAN di Bethlehem Yudea, MALAH BELUM KELUAR WILAYAH NAZARET, Galilea

Juga, jika konsistem dengan klaim keturunan Daud, maka di jaman kerajaan Yehuda, para Hakim benar dan Nabi benar, ketika wafat, di kubur di Betlehem. Raja Israel yang benar dikubur di kuburan Raja di Yerusalem, Sementara Yesus, ketika wafat pun, tidak dikuburkan di Betlehem juga tidak di kuburan Raja, di Yerusalem, Kenapa? []

Kapan Yesus Lahir?

Kisaran kehidupan Yesus, konon ada pada jaman 2 Kaisar Romawi, yaitu: Agustus (23 September 63 SM - 19 Agustus 14 M) dan Tiberius (18 September 14 M – 16 Maret 37 M). Saat itu, dinasti Herodes ada di bawah kekuasaan ROMAWI.

Josephus mengatakan:
Raja Herodes Yang Agung memerintah selama 34 tahun, sejak dibunuhnya Antigonus II Mattathias (raja terakhir Hasmonean, 37/36 SM), namun jika dihitung sejak dinobatkan menjadi raja oleh Romawi, maka Ia memerintah selama 37 tahun (41 SM) [Antiquities, Buku ke-17, ch.8].

Wilayah Raja Herodes Yang Agung (37 SM - 4 SM) meliputi: Yudea, edom, Samaria, Galilea, Perea, Gaulanitis (Dataran Tinggi Golan), Batanaea (Suriah selatan), Trakhonitis dan Auranitis (Hauran). Setelah Herodes wafat, melalui surat wasiatnya, Kaisar Agustus membagikan wilayah itu pada pada 3 anak Herodes:
  • Herodes Arkhelaus (Lahir: 23 SM, memerintah: 4 SM - 6 M, wafat: 18 M): Edom, Yudea dan Samaria
  • Herodes Antipas: Galilea dan Perea
  • Filipus: menurut Lukas (Iturea dan Trakhonitis), menurut Flavius Yosephus (Batanea, Gaulanitis, Trakhonitis dan Paneas, ref: Antiquities XVII, ch.8)
Baik kitab Matius maupun kitab Lukas ada menyebutkan nama Herodes:
    Matius:
    Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes (de Iesous gennao en bethleem Ioudaia en hemera basileus herodes) [Mat 2.1].. Ketika Herodes tahu, Ia menyuruh membunuh semua anak yang berumur 2 tahun ke bawah [Mat 2.16]. Setelah Herodes mati, Arkhelaus menjadi raja di Yudea menggantikan ayahnya [Mat 2.19, 22]
Jadi Herodes yang terkait dengan lahirnya Yesus yang Matius maksudkan adalah Herodes Yang Agung

Karena Herodes yang agung wafat 4 SM. Dengan kronologi Matius maka YESUS LAHIR MINIMUM DI TAHUN 6 SM (4 SM wafatnya Herodes yang agung + 2 tahun usia bayi yang diperintahkan Herodes untuk di bunuh + sisa waktu wafatnya Herodes setelah perintah membunuh bayi)
    Lukas:
    Pada zaman Herodes, raja Yudea (en hemera herodes basileus Ioudaia) ada seorang imam (hierus) bernama Zakharia dari kelompok (ephemeria) Abia, Isterinya adalah Elisabet. Suatu ketika, tiba giliran kelompok Zakharia melakukan tugas keimaman, ketika diundi, untuk menentukan imam yang bertugas, dialah yang ditunjuk untuk masuk ke dalam Bait Suci dan membakar ukupan. Waktu itu adalah waktu pembakaran ukupan. Hadir malaikat berdiri di sebelah kanan mezbah pembakaran ukupan dan berkata bahwa Elisabet, akan melahirkan seorang anak laki-laki bernama Yohanes. [1.5-13]

    Ketika genap waktunya bertugas, ia pulang ke rumah. Beberapa lama kemudian Elisabet, isterinya, hamil dan selama 5 bulan ia tidak menampakkan diri (1.23-24)

    .. Di bulan ke-6, Allah menyuruh malaikat Gabriel ke Galilea, Nazaret, menemui Maria yang bertunangan dengan Yusuf menyampaikan bahwa Ia akan mengandung dan akan melahirkan anak bernama Yesus dan Elisabet, sanaknya sekarang sedang mengandung anak laki-laki dan ini hamil bulan yang ke-6 (1.26-36) Maria pergi ke Yehuda ke rumah Zakharia tinggal kira-kira 3 bulan bersama Elisabet, lalu pulang kembali ke rumah (1.39-56)

    Pada waktu itu Kaisar Agustus (de hemera ekeinos kaisar augoustos) mengeluarkan (exerchomai) perintah (dogma) mendaftar (apograho) bagi semua orang (pas) dalam kerajaan (oikoumenên). [2.1] Ini/hal ini (houtus) pendaftaran (apegraphe) pertama (protos) terjadi (ginomai) Kirenius (kurenious) wali negeri (hegemoneuo) Suriah (Siria) [Luk 2.1-2] Maka pergilah semua mendaftarkan, di kotanya sendiri. Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem.. supaya didaftarkan bersama Maria, tunangannya, yang sedang mengandung. [Lukas 2.3-5]

    Terjadi (ginomai) di situ/tempat/peti itu (en ekei) genap (pletho) waktu (hemera) lahir (tikto), dan lahir (kai tiktos) turunannya yang pertama (huios autos protokos) dan dibungkusnya (kai sparganoo autos) dan dibaringkannya (kai anaklino autos) di tempat makan ternak (kai phatne. Phatne berasal dari kata Pateomai = makan) karena tidak ada tempat (dioti ou topos) di persinggahan (en kataluma) [Luk 2.6-7]

    Dalam tahun ke-15 pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi wali negeri (hegemoneuo) Yudea (26 M - 36 M), dan Herodes raja wilayah (tetrarcheo) Galilea (4 SM - 39 M), Filipus, saudaranya, raja wilayah Iturea dan Trakhonitis (4 SM -34 M), dan Lisanias raja wilayah Abilene (3:1). Pada waktu Hanas (Dalam tulisan Yunani untuk Lukas 3.2 dan 2.36, baik itu: Hana dan Hanas dituliskan sama yaitu: anna) dan Kayafas menjadi Imam Besar, Yohanes memulai Misinya.[3.2], setelah menyinggung raja wilayah Herodes, Ia masukkan Yohanes ke Penjara [3:19-20]. Ketika seluruh orang banyak itu telah dibaptis dan ketika Yesus juga dibaptis [3:21].

    Ketika (Kai) Yesus (Iesous) memulai (archomai) sendiri (autos) kira-kira seperti tiga puluh tahun (hosei triakonta etos hos) [3:23]
Lukas menekankan bahwa kelahiran Yesus TERKAIT nama Herodes DAN PENDAFTARAN yang ada di jaman Kirenius sebagai penguasa Suriah.

Josephus mengatakan:
Tahun ke-10, pada masa jabatan raja wilayah Arkhelaus, Ia dicopot dari jabatanya dan dibuang ke Vienna. Daerahnya digabungkan ke provinsi Suriah. Kirenius dan Koponius dikirim ke Suriah untuk menjadi hakim bagi mereka. Kirenius, untuk urusan penghitungan harta, menjual rumah Arkhaelaus dan melucuti keuangan Arkhelaus. Koponius, ditugaskan untuk membawahi para Yahudi. Kirenius dan Koponius juga ke Judea, yang sekarang menjadi bagian Provinsi Suriah, untuk urusan yang sama. Kejadian Kirenius melucuti keuangan Arkhelaus dan penghitungan pajak terjadi di tahun ke-37 kemenangan Caesar atas Antony di Actium [Josephus, Antiquities of Jews, buku ke-17, ch.13, buku ke-18, ch.1-2]

Jad Herodes yang terkait dengan lahirnya Yesus yang Lukas maksudkan adalah Herodes Arkhelaus!
  • Kemenangan Caesar melawan Antony terjadi di tahun 31 SM, Sehingga tahun ke-37 sebagai tahun terjadinya pendaftaran di jaman Kirenius adalah TAHUN 6 M.

    Apakah Kirenius pernah menjadi penguasa Suriah SEBELUM 6 M? Tidak.

    13 - 10 SM
    Marcus Titius
    7 - 4 SM
    Quintilius Varus
    10 - 7 SM
    Sentius Saturninus
    4 - 1 SM
    Calpurnius Piso

    Apakah ada inskripsi yang mendukung bahwa kirenius pernah menjadi pejabat pendaftaran di Suriah SEBELUM 6 M? Tidak.

    Yang ada malahan Inskripsi yang mendukung pernyataaan Josephus bahwa Kirenius menjalankan pendataan kekayaan pertama kalinya di Judea/Syiria sebagai penguasa Suriah, yaitu Inkripis Lapis Venetus atau Aemilius Secundus. Inskripsi ini dituliskan setelah kematian Kaisar Agustus, karena ada kata Divine/Almarhum


    Juga ditemukan 3 Inskripsi lainnya, yaitu:

    (1) Lapis Tiburtinus (dituliskan setelah kematian Kaisar Agustus, karena ada kata Div/Deified atau Almarhum). Inskripsi ini tidak mengandung material yang merujuk pada Kirenius.


    (2) Inskripsi pada batu di Antioch, Turki yang terdiri dari 2 buah Inkripsi yang menceritakan Gaius Caristanius Sergius anak dari Gaius Sergius Fronto (Gaius Caristanius Sergius masih hidup pada 68/69 M) dan potongan curriculum VItae/sejarah pos-pos dari jabatan yang pernah diraih Gaius Caristanius, yaitu: Pejabat Senat/Office in charge of Work, Komandan Legiun petir ke-12, Pegawai perfektus di Bosporan, Kepala Pendeta/Pontifex, Pendeta, Pegawai perfektus saat Kirenius menjabat sebagai duumvirate atau pejabat bersama dalam satu penugasan (yaitu ketika Agustus mengirim Kirenius dan Koponius ke Suriah), Perfectus masa Marcus Servilius (wafat 3 M). Inkripsi ini mendukung statement Josephus mengenai masa jabatan Kirenius di Suriah.



  • Sejak Tahun 6 M, Yudea BUKAN LAGI di bawah dinasti Herodes manapun, karena telah dilebur menjadi bagian Provinsi Suriah
  • Karena Yusuf pergi untuk mengikuti pendaftaran jaman Kirenius terjadi di tahun 6 M, maka YESUS LAHIR DI TAHUN 6 M dan jelas sudah bahwa Ia lahir BUKAN di jaman pemerintahan Herodes manapun (Herodes yang agng dan Herodes Arkhelaus)
  • Karena dikatakan Herodes Arkhelaus telah memerintah selama 10 tahun sebelum dicopot dan daerahnya dilebur ke dalam provinsi Suriah, yaitu di 6 M, maka wafatnya Herodes yang agung adalah tahun 4 SM

    Kemudian,
    menurut Lukas 3.21, 23, Yesus memulai pekerjaannya, adalah SETELAH Yohanes pembaptis dipenjara. Dikatakan saat itu, Yesus kira-kira seperti 30 tahun.

    • Lukas 1.36 menyatakan selisih kehamilan Elizabeth (Ibu Yohanes Pembaptis) VS Mary (Ibu Yesus) adalah 6 bulan, ini artinya mereka nyaris sebaya. Karena Yesus lahir bertepatan dengan pendaftaran jaman Kirenius wali Suriah, maka, umur Yesus sejak tahun 6 M s.d tahun ke-15 kaisar Tiberius = 23/24 tahun. Saat itu Yohanes pembaptis berumur tidak lebih dari 25 tahun. Yohanes lahir mungkin saja di akhir pemerintahan Herodes Arkhelaus
    • Ketika tahun ke-15 Tiberius, maka Yohanes pembaptis berusia 29 tahun (14 M saat wafatnya Agustus + 15 tahun Tiberius), sedangkan Yesus berusia tidak lebih dari 28 tahun.
    • Saat frase "kira-kira seperti tiga puluh tahun (hosei triakonta etos hos) [3:23]", maka Yohanes pembaptis berusia hampir 31 tahun dan saat Ia di penjara adalah setelah melayani selama 2 tahunan
Dari kronologi Matius kita dapatkan Yesus lahir di 6 SM, sedangkan dari kronologi Lukas kita dapatkan Yesus lahir di 6 M!

Ini menunjukan beda tahun kelahiran Yesus antara 2 kitab Injil ini adalah Minimum 12 tahun! [Penting: The Date of the Nativity in Luke (6th ed., 2011), Richard Carrier] []

Bulan apa Yesus Lahir?
    ..Namun Lupi telah menunjukan bahwa TAK ADA BULAN dalam tahun yang para otoritas terhormat TIDAK CANTUMKAN sebagai lahirnya Yesus [Catholic Encyclopedia, Christmas, Zaccaria, Dissertazioni ecc. del p. A.M. Lupi, Faenza, 1785, p. 219]
Jadi, setiap bulan dari Januari s.d Desember, ada saja yang pernah diklaim sebagai bulan kelahiran Yesus, berikut samplenya:
    Clement Alexandria (150-215 M):
    "Dari lahirnya Kristus, karenanya, wafatnya Commodus, secara keseluruhan adalah 194 tahun, 1 bulan dan 13 hari . Dan ada juga mereka yang menentukan tidak hanya tahun dari Tuan kita lahir, namun juga harinya; Dan mereka katakana itu terjadi di tahun ke-28 Agustus, dan di hari ke-25 bulan Pachon. Dan para pengikut Basilide (sekitar 130 M) memegang hari baptisanNya sebagai sebuah festival.. Dan mereka katakan bahwa tahun ke-15 Tiberus Caesar adalah hari ke-15 Tubi dan beberapa katakan itu adalah hari ke-11 di bulan yang sama..Lebih lanjut, beberapa berkata bahwa Ia lahir di hari ke-24 atau 25 bulan Pharmuthi"

      Note:
      Commodus wafat: 31 Desember 192 AD (Kalender Julian) / 30 Desember 192 M (Kalender Gregorian). Dengan selisih lahir Yesus vs wafat Commodus sebanyak 194 tahun, 1 bulan, 13 hari (Julian), maka dari kalender conventer Julian - Gregorian , didapat tanggal: 20 November 3 SM (Julian) atau 18 November 2 SM (Gregorian). Jadi Yesus lahir di: 20/18 November

      Untuk tahun ke-28 Kaisar Agustus, yaitu hari ke-25 bulan ke-9 (Pachon) kalender Mesir, maka dari kalender converter Mesir - Julian/Gregorian didapat tanggal: 20 May 2 SM (Julian) atau 18 May 2 SM (Gregorian). Jadi Yesus lahir di: 20/18 May

      Untuk hari ke-24/25 Pharmuthi, dengan kalender converter yang sama seperti di atas, maka didapat tanggal Yesus lahir: 19/20 April (Julian) dan 17/18 April (Gregorian).

      Untuk hari baptisan Basillide, Catholic Ensikopedia menyatakan Basillide merayakan hari Epiphany (hari 3 raja magi, yang datang saat yesus Lahir), maka dari kelender conventer yang sama, tanggal yang clement maksudkan sebagai 11/15 Tubi adalah: 6/12 January (Julian) atau 4/10 January (Gregorian)

    Hippolytus (murid Clement: 170 -235 M), yaitu dari 7 manusriptnya yang ditemukan di abad yang berbeda-beda, namun untuk “komentar untuk Daniel” yang sama dan pada pasal 4.23.3-4 [Lihat gambar], terdapat 3 tanggal rekaan kelahiran Yesus yang berbeda, yaitu Maret, 2 April dan 25 Desember. Tidak jelas mana yang asli diantara ke-7 manuskrip tersebut.

    Desember:
    Pendeta Romawi Dionysius Exiguus di tahun 527 AD (Julian) membuat kalender Julian, dengan menetapkan tahun 754 AUC (ab urbe condita = Sejak berdirinya kota Roma) sebagai inkarnasi Yesus. Tahun 754 AUC = 25 Maret 1 AD dan 9 Bulan kemudian adalah 25 Desember. Namun, penetapan resmi tanggal 25 Desember sebagai tanggal lahir Yesus, tampaknya karena Paus Julius (di 350 M atau di 385 M).

    Dewa-dewa yang lahir di 25 Desember, diantaranya adalah: Apollo (Yunani), Attis (Yunani), Baal (dewa kanaan), Bacchus (romawi)/Dionisus (Yunani, Helios (Yunani), Hercules/Heracles (Yunani), Horus (Mesir), Jupiter (Romawi), Mithra (India), Nimrod (Babilon), Osiris (Mesir), Perseus (Yunani), Tammuz (Summerian)/Adonis (Yunani), Sol Invictus (Romawi: Dewa utama kota roma, penetapan penyembahannya dilakukan oleh Raja Aurelian, 274 M, dirayakan dengan festival Dies Natalis Solis Invicti/lahirnya sang matahari yang tak tertaklukan).

    Karena dianggap terkait perayaan banyak dewa-dewa pagan, maka aliran Advent dan Saksi Yehuwa, berhenti merayakan natal di tanggal itu. Saksi Yehuwa berhenti merayakannya sejak tahun 1926.

    Februari:
    "Hari libur Quirinus: ..Hari libur ini, mempunyai nama yang sama dengan nama Gubernur yang berkontribusi pada masa sensus. Inilah mengapa Lukas 2.2, perlu mengingatkan dalam kisahnya. Ini menyampaikan tanggal Yusuf dan Mary harus ada di Bethlehem. Ini adalah tanggal Yesus Lahir 17 Februari" [Dari: Paleo Institute Project: "Jesus Birth Date Riddle"].

    Pendukung lain bulan Februari: "When Was Jesus Christ REALLY Born?", dari William F. Dankenbring: "Juga, mereka yang percaya bahwa Ia dilahirkan di musim gugur, sekitar September-Oktober, juga sama salahnya. Bukti baru ini, jelas menunjukan kelahiran di bulan February atau akhir musim dingin, sebelum musim semi di 4 SM"

    Juni:
    Astronom, Dave Reneke menyatakan Yesus lahir tanggal 17 Juni [The Telegraph.co.uk"'Jesus was born in June', astronomers claim", 9 Desember 2008]

    July:
    "Yesus lahir di 25 Juli 7 SM berdasarkan: 3 Magi yang datang dari Timur ke Barat (Kombinasi Jupiter-Saturnus segaris dengan matahari, merkurius dan Matahari yang ada di timur). 3 hadiah yang diberikannya (simbol matahari, bulan dan merkurius) dan Yesus yang lahir di kandang (kumpulan bintang yang ada dikonstelasi cancer) diapit lembu dan bagal (Asellus Borealis & Australis).

    Dari 3 kunci ini, satu-satunya tanggal yang memungkinkan adalah 25 Juli 7 SM: Saat subuh di tanggal itu, bulan "berjalan" menuju Cancer, sementara Matahari berada sedikit dibelakang di Leo. Lebih lanjut, Matahari beralih menjadi yang paling terang di Leo: Regulus (latin: Raja kecil), mengumumkan kelahiran raja kecil yang spesial. Pertemuan di dua busur bulan menyinari kandang bintang dengan dua keledai (Asellus Borealis & Australis) dan seperti yang diramalkan, Merkurius berjalan di antara 2 "induk" yang bersinar (bulan dan matahari)" [Blog ini].

    Pendukung lain bulan Juli: "6 Juli 6 SM: The Decree of Augustus Caesar and the Birth of Christ (Lk 2:1-7)" [Chart - The Life of Jesus in Chronological Order]

    Agustus:
    "..Yesus lahir pada atau dekat tanggal 27 Agustus".[Old Scholl baptist: "When was Jesus Born?]. Pendukung lain bulan Agustus tercantum dalam buku Urantia 122.8.1: "Siang hari, 21 Agustus 7 SM.. Yesus dari Nazareth lahir" (Urantia: sebuah kelompok 30 orang di Chicago ditahun 1930/1934 yang menerima wahyu dari malaikat).

    September:
    "Jika Yesus lahir ketika Sukkot/hari pondok daun, hari berpuasa untuk Tabernacle/Kemah pertemuan Allah dengan umatnya, (yang mulai pada 29 September) di 5 SM" [It’s About Time: "When was Jesus Born?", Dr. James Ya’akov Hugg].

    Pendukung lain bulan September: "Faktanya adalah,...di awal malam 11 September. Aku dapat nyatakan dengan yakin bahwa matahari terbenam di 11 September 11 3 SM adalah awal dari tahun baru Yahudi (Rosh ha-Shanah ― Hari Kemenangan)..Jika seseorang sadari bahwa PB menunjukan Yesus lahir di hari kemenangan (Hari ke-1 bulan Tishri ― awal tahun kaum Yahudi" ["The Star of Bethlehem: The Star that Astonished the World, Extended 2nd ed., Ernest L. Martin, Ph.D., ch.6, "The Birth of Jesus and the Day of Trumpets"]

    Oktober:
    "Dalam penanggalan modern Gregorian kita, yang tidak ada di jaman kelahiran Yesus, Ia lahir di 4 Oktober 4 SM" [FAQ: "WHEN WAS CHRIST JESUS BORN ?"].

    Pendukung lain bulan Oktober: "..dan pada permulaan ke-6 kehamilannya, Gabriel muncul dihadapan Mary, Keluarga Elizabeth (1:26). Waktunya adalah minggu pertama bulan January 2SM. Yesus lahir kira-kira 280 hari kemudian, yaitu sekitar tanggal 13 Oktober 2 SM. Ini adalah hari ke-15 bulan Tishri" ["Fixing the Month of Jesus’ Birth]
Variasi pendapat bulan kelahiran Yesus di atas ini wajar terjadi karena memang TIDAK ADA CATATAN tentang hari, bulan dan tahun kelahiran Yesus di Alkitab.

Bagaimana cara mereka mengklaim bulan tersebut?
Selain melalui pendekatan astronomi, cara lainnya misalnya dengan pendekatan ROTASI TUGAS PARA IMAM. Ini merujuk petunjuk: "tiba giliran Zakaria turunan Abia/Abijah untuk memimpin penyelenggaraan Ibadah" [Luk 1.5].

Rotasi Tugas 24 Imam
1 tahun kelender Yahudi, normalnya terdiri dari 12 bulan (jumlah hari antara 353 s.d 355 hari) dan pada tahun-tahun tertentu ada tambahan 1 bulan (30 hari) sebagai bulan ke-13. Tambahan ini terjadi dalam SIKLUS 19 TAHUNAN dan Bulan ke-13 HANYA muncul di tahun ke-3, 6, 8, 11, 14, 17 dan 19 dari siklus 19 tahunan. Jadi di tahun-tahun SPESIAL itu, jumlah bulan = 13 dan jumlah hari = 385.

Tentang penugasan para Imam,
Daud membagi giliran tugas 24 turunan Harun: 16 dari turunan Eleazar dan 8 dari turunan Itamar melalui undian, yaitu ke-1 (Yoyarib) s.d ke-24 (Mazya) (1 Taw 24.1-19) dan Abia/Abijah mendapatkan jatah giliran ke-8 (1 Taw 24.10). Waktu penugasan mulai dari Sabat s.d sebelum Sabat (2 taw 23.8) atau 7 hari lamanya (1 taw 9.25) [Josephus juga memuatnya di Antiquities of Jews, buku ke-7, ch.14]. Selain itu, pada 3 hari raya, ke-24 IMAM HARUS HADIR SELURUHNYA:
  • Roti tidak beragi (atau Paskah: Bulan ke-1/Nisan tanggal 15, selama 7 hari)
  • 7 minggu (panen atau hari raya pentakosta: 1 hari setelah sabat + 7 minggu, yaitu di bulan ke-2/Tamuz, ini hari turunnya taurat dan hari lahir dan wafatnya daud) dan
  • Pondok daun (atau hari kemah pertemuan/tabernakel: Bulan ke-7/Tishri, tanggal 15 selama 7 hari. Ini mirip pengulangan bulan ke-1)
3 hari raya di atas, tidak mempengaruhi jadwal rotasi penugasan, karena di 3 even itu,  jumlah imamnya bukan cuma 1 (yang bertugas) namun ditambah lagi 23. Alkitab tidak memberikan petunjuk mengenai tahun dan bulan apa, pertama kalinya giliran sesuai undian itu dilakukan.

Namun untuk memahami metode ini, kita misalkan saja pada jaman Daud, ditetapkan awal mulainya adalah di bulan ke-1/Nisan, hari ke-1 dan tahun ketika pelaksaannya adalah TAHUN SPESIAL (jumlah bulan 13 atau 385 hari), maka:

Pada tahun ke-1,
Imam Abia (undian ke-8) akan mendapat giliran bekerja pada minggu ke-8 (akhir bulan ke-2/Tamuz) dan minggu ke-32 (akhir bulan ke-8/Shevat) + hari raya paskah di bulan ke-1/Nisan + hari raya pondok daun di bulan ke-7/Tishri = total 4x tugas (karena di hari Pentakosta, Ia bertugas pada gilirannya sendiri).

Saat rotasi berjalan 2 x 24 = 48 minggu = 336 hari dan itu masih selisih 49 hari/7 minggu sampai dengan berakhir tahun spesial (385 hari), oleh karenanya, rotasi berlanjut untuk Imam undian ke-1 s.d Imam undian ke-7 = 49 hari.

Pada tahun ke-2,
bulan ke-1/Nisan, hari ke-1, Imam yang bertugas adalah Abia (undian ke-8) demikian seterusnya.

Sehingga, SELURUH IMAM pada akhirnya AKAN PERNAH BERTUGAS DI SELURUH NAMA BULAN.

Jika saja ini berlangsung TIDAK TERPUTUS (setelah dapat dipastikan dengan jelas kapan tahun dan bulan pertama kali berlakunya giliran tersebut), maka akan cukup mudah untuk menentukan kapan gilirannya Zackharia dari keluarga Abia bertugas di lukas 1.5 namun sayangnya, setelah wafatnya raja Sulaiman bin Daud, kerajaan terpecah dan pada beberapa abad kemudian musnah.
    Rahabean bin Sulaiman menggantikan ayahnya Sulaiman bin Daud menjadi raja Israel. Ketika Rahabean baru 3 hari berkuasa, Ia menolak tuntutan rakyat Israel untuk menurunkan pajak dan malah meningkatkan pajak, oleh karenanya, DARI 12 SUKU ISRAEL, 10 suku memberontak dan hanya 2 suku saja yang setia, yaitu suku YEHUDA dan BENYAMIN (belakangan suku LEWI kembali).

    Kerajaan menudian terpecah dua, yaitu Kerajaan dari 2 atau 3 suku (Yehuda, Benyamin dan Lewi) disebut KERAJAAN YEHUDA dan rajanya adalah Rahabean. Sementara 9/10 suku sisanya, membentuk kerajaan baru yang bernama KERAJAAN ISRAEL (Samaria) dan rajanya adalah: Yerobeam bin Nabat.

    ± 200 tahun kemudian, jaman raja Yehuda-Hizkia (ref. Mikha 5.2) kerajaan Asyur/Assyrian menghancurkan kerajaan Israel (Raja terakhir: Hosea) yang merupakan puncak realisasi nubuatan Yesaya untuk menjawab tanda yang diminta Raja Yehuda Ahaz (Ayah dari Hizkia), sehingga Yesaya 7.14 TIDAKLAH merujuk pada Maria dan Yesus (Mat 1.22-23):
      seorang perempuan muda (almah (istri Yesaya) bukan betulah = Perawan) mengandung dan akan melahirkan anak laki-laki dan menyebutnya "tuhan bersama kita" (Immanu-el: Pujian karena “Tuhan bersama-kerajaan Yehuda”, dengan terbunuhnya raja Rezin dan raja Pekah). Ia akan makan dadih dan madu sampai ia tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik, sebab sebelum anak itu tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik, maka negeri yang kedua rajanya engkau takuti (yaitu Pekah, raja Israel dan Rezin raja Suriah, ref 2 raja 16.5) akan ditinggalkan kosong. TUHAN akan mendatangkan atasmu dan atas rakyatmu dan atas kaum keluargamu hari-hari seperti yang belum pernah datang sejak Efraim menjauhkan diri dari Yehuda -- yakni raja Asyur. [Yesaya 7.14-17]

    Perempuan muda dan anak laki-laki dinubuatan UNTUK RAJA AHAZ terpenuhi tidak lama setelah YESAYA menyatakannya, karena di Yesaya 8.1-4, perempuan muda itu adalah ISTRI YESAYA dan anak itu adalah ANAK YESAYA “sebab sebelum anak itu tahu memanggil: Bapa! Ibu! maka kekayaan Damsyik dan jarahan Samaria akan diangkut di depan raja Asyur.", Nubuatan Tuhan bersama kerajaan Yehuda terjadi SEBELUM tahun ke-4, pemerintahan raja Yehuda, Ahaz, ketika kerajaan Asyhur membunuh raja Suriah, Rezin dan di tahun ke-4, ketika Raja Israel, Pekah dibunuh Hosea serta di tahun ke-13, ketika kerajaan Asyhur melumatkan kerajaan Israel-Samaria (raja terakhir: Hosea) dan mengangkut hampir seluruh penduduknya ke Asyhur.

    Setelah kejadian itu, mulailah dongeng tentang 10 suku Israel yang hilang.

    ± 135 tahun setelah hancurnya Kerajaan Israel-Samaria, Kerajaan Babilonia menyerbu kerajaan Yehuda (Raja terakhir: Zedekia), penduduk Yerusalem dipindahkan, sejak itulah Yerusalem tidak berpenghuni lagi.

    Grabbe, Lester L. dalam "A History of the Jews and Judaism in the Second Temple Period", T&T Clark International. 2004, hal.28: Selama 6 abad Yerusalem tidak berpenghuni. Dalam "Between Myth & Mandate: Geopolitics, Pseudohistory & the Hebrew Bible", Ch 13, Ezra dan Nehemia, mulai hal.349, Michael Nathanson meragukan isi naratif kitab-kitab tersebut mengenai pembangunan ulang Kuil di Yerusalem pada jaman kerajaan Persia
Ini menghentikan rotasi penugasan para Imam untuk waktu yang lama!

Kitab Ezra dan Kitab Nehemia kemudian memuat kisah kepulangan orang-orang provinsi Yehuda dari Babel. Ezra dan Nehemia konon hidup di jaman raja Persia, Ataxerses 1 (465 SM - 424 SM), Ezra datang di tahun ke-7. Ia adalah ahli Taurat dan menjadi Imam selama 40 tahun. Nehemia datang di tahun ke-20 (pemerintahan Raja persia, atau tahun ke-13-nya Imam Ezra). Kitab Ezra dan Kitab Nehemia memuat nama-nama keluarga Imam yang pulang dari pembuangan:
  • Di Ezra 2.36-39, ada 4 keluarga/Bani Imam: Yedaya, Harim, Imer dan Pasyhur. Bani Pasyhur sendiri keturunan Bani Imer. Nama Yoyarib ada di Ezra 8.16. Keluarga Imam lainnya di Ezra 2.61 adalah: Habaya dan Hakos. Sedangkan bani Abia, leluhur Zackharia TIDAK ADA.
  • Di Nehemia 12.12-21, ada 21 keluarga Imam dan bani Abia ada di no.11 (Yoyarib di no.16)
  • Di Nehemia 12.1-7, ada 22 nama Imam bukan nama keluarga Imam/Bani. nama Abia sebagai Imam ada di no.12 (Yoyarib di no.17)
  • Di Nehemia 11.10-14, ada 6 keluarga/Bani Imam untuk Yerusalem: Yedaya dari keluarga Yoyarib, Yakhin, Seraya, Adaya dari keluarga Malkia dan Amasai dari Keluarga Imer. Sedangkan Keluarga Imam Abia TIDAK ADA. Sedangkan di kota-kota Yehuda lainnya tidak disebutkan.
  • Di Nehemia 10.1-8, ada 22 nama Imam bukan nama keluarga Imam/Bani. Nama Abia sebagai Imam ada di no. 18
  • Di Nehemia 7.39-42, Ada 4 nama keluarga Imam: Yedaya, Harim, Imer dan Pasyhur (= Ezra 2-36-39) dan di Nehemia 7.63 Imam keluarga Habaya dan Hakos (= Ezra 2.61)
Apakah bani Abia punah? Sampai bagian akhir kitab Ezra, TIDAK ADA disebutkan Bani Abia kembali dari pembuangan.

Jika tidak punah, no. berapa giliran penugasannya? Ini sulit karena kitab Nehemia sendiri menyatakan ada 3 no. urutan (semuanya BUKAN di urutan ke-8), yaitu nama Abia sebagai Imam dan nama Abia sebagai keluarga Imam.
    Note:
    Sanhendrin 93b: Derajat Nehemia di bawah Ezra karena Nehemia melakukan beberapa kesalahan sehingga kitab itu tidak disebutkan dengan namanya (Bible versi Yahudi menuliskan Ezra-Nehemia sebagai 1 buku, sementara versi Kristen 2 buku terpisah).

    Oleh karenanya, atas dasar apa versi Nehemia lebih benar dari Ezra berkenaan dengan eksistensi Imam keluarga Abia?
Permasalahan-permasalahan di atas ini saja sudah membuat TIDAK MUNGKIN LAGI meneruskan hitungan berdasarkan METODE ROTASI PARA IMAM.

Permasalahanpun belum selesai,
Yerusalem di abad ke-2 SM, dihancurkan lagi. Kali ini oleh Raja Antiokhus Epifanes, yang juga membuat para penduduk Yerusalem dan Yehuda diangkut pergi. (Lihat di kitab Makabe buku ke-1. Kitab ini bersama 8 kitab lainnya diakui konsili Trent namun tidak diakui Kristen Protestan). Kehancuran Jerusalem ini membuat para Imam juga tidak dapat melaksanakan tugasnya untuk waktu yang lama.

9 kitab kanon deutero (termasuk didalamnya kitab Makabe 1 dan 2) juga tidak mencatat nama-nama keluarga para imam dan urutannya, sehingga permasalahan ada/tidaknya keberadaan keluarga Abia (kitab Ezra vs kitab Nehemia) juga tidak terselesaikan, maka atas dasar apa keluarga Abia punya keturunan bernama Zacharia di beberapa ratus tahun kemudian?
    Note:
    Flavius Yosephus menyatakan metoda partisi 24 Imam (BUKAN 24 nama-nama keluarga Imam) tetap digunakan hingga di jamannya [Antiquities buku ke-7 bab.14.7] dan Uskup Kaisarea, bapak dari sejarah gereja-gereja, Eusebius (263 M - 339 M) dengan mengutip Julis Africanus (140-240 M) menyatakan Herodes TELAH MEMBAKAR SEMUA CATATAN SILSILAH ORANG-ORANG YAHUDI [Ch 7.13].

    Untuk "Zachkaria dari keluarga Abia", yang mana yang dimaksud: keluarga Imam jaman David atau nama Imam jaman Ezra?
Persoalan terakhir yang menghadang adalah berapa lama selisih waktu antara selesainya penugasan Zachkaria dan hamilnya Elizabet pada frase, "Ketika genap waktunya bertugas, ia pulang ke rumah. Beberapa lama kemudian Elisabet, isterinya, hamil dan selama 5 bulan ia tidak menampakkan diri [Lukas 1.23-24]"?

Dengan kendala-kendala di atas, penggunaan metoda rotasi tugas para Imam untuk menentukan hitungan kapan Yesus lahir, jelas tidak dapat diandalkan.

Adakah cara yang lebih mudah dan kitabiah dalam menentukan kapan Yesus lahir? Ada.
    ..Di bulan ke-6, Allah menyuruh malaikat Gabriel ke Galilea, Nazaret untuk menemui Maria yang bertunangan dengan Yusuf menyampaikan bahwa Ia akan mengandung dan akan melahirkan anak bernama Yesus dan Elisabet, sanaknya sekarang sedang mengandung anak laki-laki dan ini hamil bulan yang ke-6 (1.26-36) Maria pergi ke Yehuda ke rumah Zakharia tinggal kira-kira 3 bulan bersama Elisabet, lalu pulang kembali ke rumahnya (Lukas 1.39-56)
Mengapa Maria tinggal 3 bulan lamanya di tempat Elizabeth dan kemudian pulang tanpa menunggu Yohanes pembaptis lahir?

Maria tinggal 3 bulan di tempat Elizabeth karena saat Ia datang adalah musim dingin. Alkitab mempunyai rujukan bahwa orang memang menetap ketika bepergian dan bertemu musim dingin.
    Tiga bulan kemudian kami berangkat dari situ naik sebuah kapal dari Aleksandria yang selama musim dingin berlabuh di pulau itu.[KPR 28.11. Lokasi pulau di Alexandria secara garis lintang adalah lebih jauh dari kutub Utara dibandingkan Jerusalem. Jadi untuk urusan musim dingin, bisa dianggap sama]. Dan di Korintus .. aku akan tinggal selama musim dingin..[1 kor 16.16]. ..karena sudah kuputuskan untuk tinggal di tempat itu selama musim dingin ini. [Tit 3.12]
Jika demikian, mengapa Ia pulang tanpa menunggu kelahiran Yohanes pembaptis? Karena saat itu sudah dekat dengan Paskah (Bulan ke-1/Nisan, tanggal 14), Ia harus segera pulang untuk bersiap merayakannya. Selama 3 bulan di tempat Elizabeth, kandungannya berusia lebih dari 3 bulan
  • Dengan menggunakam kronologi Lukas bahwa Yesus lahir saat pelaksaanan pendataan oleh Kirenius di 6 M, maka 1 Nisan jatuh pada tanggal 18/20 Maret dan 6 bulan kemudian lahirlah Yesus di bulan September 6 M
  • Dengan kronologi Matius bahwa Yesus lahir minimum di 6 SM jaman Herod yang Agung, maka, 1 Nisan-pun jatuh pada 18/20 Maret dan 6 bulan kemudian lahirlah Yesus di bulan September 6 SM.
Di bulan September para gembala menggembalakan ternaknya di padang rumput:
    dan para gembala (kai poimen) yang hidupnya di padang terbuka (eimi en ho chora ho autos agrauleo) dan berjaga mengawal ternaknya di malam hari (kai phulasso phulake ho nux epi ho poimne autos) [luk 2.8].

Namun herannya, bapak-bapak gereja tampaknya lebih suka menumpang hari kelahiran para dewa Pagan untuk menetapkan waktu kelahiran tuhan mereka, Yesus Kristus, Kenapa? [Lihat juga ini] []

[Kembali]

0 KOMENTAR ANDA:

Post a Comment