Monday, February 11, 2008

The Pelican Brief: Kerjakan Sendiri!

Burung-burung pelikan adalah pemancing alami yang hebat, mereka terbang berkelompok diatas gelombang laut, dan ketika mereka melihat ikan, mereka menyelam ke dalam air dan menyekop tangkapan mereka dengan paruhnya yang lebar.

Monterey, California terdapat banyak pabrik pengalengan ikan. Kota ini merupakan surga bagi burung-burung pelikan. mereka menyukai kota ini karena saat para nelayan membersihkan tangkapan mereka & memisahkan yang kurang bagus maka burung-burung pelikan segera berdatangan berebut makanan mereka. burung-burung pelikan disini mendapatkan hidup enak tanpa harus bekerja keras untuk mendapatkan makanannya.

Seiring waktu berlalu, ikan-ikan di pantai California mulai berkurang, satu demi satu pabrik pengalengan ikan ditutup dan
burung-burung pelikan itu mulai mendapatkan masalah karena makanan andalan mereka berangsur-angsur lenyap. Selama bertahun-tahun ini, mereka tidak lagi pernah berburu, mereka menjadi gemuk dan malas. Mereka terancam menderita kelaparan.

Para ahli lingkungan hidup di wilayah tersebut akhirnya menemukan cara untuk menolong burung-burung pelikan itu dengan mendatangkan burung-burung pelikan dari wilayah lain dan mencampurnya dengan kelompok burung-burung pelikan lokal. Para Pelikan pendatang baru ini, menangkap ikan dengan memancing dan berburu. Lama kelamaan kelompok burung-burung pelikan lokal yang kelaparan inipun mengikuti kebiasaan mencari makan ala para pelikan pendatang itu.

Begitu pula dengan hidup kita! Jika kita menemukan diri kita berada dalam keadaan miskin & lapar maka salah satu cara terbaik yang dapat kita lakukan adalah
tempatkan diri kita di sekitar orang-orang sukses. Ambillah waktu bersama mereka, perhatikan bagaimana mereka bekerja, pelajari bagaimana cara mereka berpikir & bertindak. Perlahan tapi pasti anda akan menjadi seperti halnya orang-orang di sekitar anda.


Buddha's Quotations

Orang yang tidak mau belajar akan menjadi tua seperti sapi; dagingnya bertambah tetapi kebijaksanaannya tidak berkembang.(Dhammapada, Bab 11, usia tua [jara vagga], syair 152)

Seseorang yang sering bergaul dengan orang bodoh pasti akan meratap lama sekali. Karena bergaul dengan orang bodoh adalah penderitaan seperti tinggal bersama musuh. Tetapi, siapa yang tinggal bersama orang bijaksana akan berbahagia, sama seperti sanak keluarga yang kumpul bersama.

Karena itu, ikutilah orang yang pandai, bijaksana, terpelajar, tekun, patuh dan mulia; hendaklah engkau selalu dekat dengan orang yang bajik dan pandai seperti itu, bagaikan bulan mengikuti peredaran bintang. (Dhammapada, Bab 15, Kebahagiaan [sukkha vagga], syair 207 dan 208)

Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh orang lain. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh diri sendiri. (Dhammapada, Bab 4, Bunga-bunga [puppha vagga], syair 50)



Di ubah seperlunya dari email asli:
haryo <Liquid Yahoo >, milis samaggiphala
Sent: Thursday, 14 December, 2006 09:35

0 KOMENTAR ANDA:

Post a Comment