Jumat, 18 Januari 2008

Anjing!

Apa anjing ini tahu?

Seorang teman saya suatu hari pergi menemui kepala sebuah negera bagian dari sebuah Negara. Ketika ia bersama seorang guru Hindu berjalan di pelataran istana kepresidenan, seekor anjing besar yang berwajah garang menggigit dan merobek cawat dari teman guru Hindu-nya itu. Anjing itu menggonggong keras-keras dan memojokkannya ke dekat tembok.

Sekarang ... guru yang punya reputasi mampu menjinakkan harimau-harimau dengan satu kerlingan mata saja itu, tetapi tak mempan bagi anjing-anjing itu, mulai memanggil-manggil teman saya untuk berbuat sesuatu.

"Ah ...anjing yang menggonggong tidak akan menggigit", kata teman saya menenangkannya.

" Ya ...saya pun tahu itu, hampir semua orang tahu itu," sahut guru itu, "tapi apa anjing ini tahu?"

________________________

Disadur oleh Gung Wah dari: "Sufism Sufi Stories as told by Idries Shah " yang di adopsi dari
http://www.katinkahesselink.net/sufi/

""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
Bagi kesadaran, kematian tanpa arti. Bagi ketidak-sadaran, kehidupan tanpa arti.
~anonymous 050106.
""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""

Sumber:
http://groups.yahoo.com/group/BeCeKa/message/9428

Bagaimana dengan anjing yang lain?

"Jangan takut nak, anjing menggonggong tidak menggigit".Sorang ibu menenangkan anaknya saat ada anjing menggonggong didepannya anak:

"Benar bu, kemarin teman saya digigit anjing itu juga ketika dia sedang tidak menggonggong".

****

Guru ngaji: "Jangan takut saudara-saudara sama anjing peliharaan tetangga sebelah. Ada peribahasa 'biarpun anjing menggonggong kafilah tetap berlalu"

jawab para santri:"Pak ustad kami datang ke sini untuk belajar iqra, bukan untuk berdagang".

****

Nasrudin berteriak: "Awas anjing!!, awas anjing!, tolooooong, toloooong"

Tetangga:"Memangnya anjing kami ke sini lagi, mulah? biasanya dia pasti menggonggong, setiap anda usir"

"Mana bisa dia sekarang menggonggong, dia menggigit sapu tangan saya dan dibawanya pergi"

"Tenang mulah,dia pasti pulang ke rumah, nanti saputangan mulah akan kami cuci sampai hilang najisnya dan kami kembalikan pada mulah!"

"Saya tidak ingin saputangan yang sudah kumal itu!"

"Lalu kenapa mulah teriak minta tolong?"

"Roti sama keju untuk sarapan saya, ada di dalam lipatan saputangan kumal itu".

****

Seseorang datang kepada guru zen untuk minta nasehat bagaimana mengatasi kelakuan jelek isterinya:

"Mohon guru menasehati saya bagaimana mengatasi kelakuan isteri saya yang sudah keterlaluan, padahal saya sudah tumpahkan sepenuhnya cinta kasih saya".

Guru Zen: "Apa kamu punya anjing di rumah?

"ya"

"Kalau begitu Jangan kamu memberi pelajaran yang sama tentang cinta kasih dan pelajaran bertabiat baik kepada setiap makhluk".

Sumber:
http://groups.yahoo.com/group/BeCeKa/message/9438

0 KOMENTAR ANDA:

Posting Komentar