Minggu, 02 Januari 2011

Menunggangi Samsara: "Aku yang Mulai..Aku yang Mengakhiri.."


Terdapat satu pemikiran umum bahwa segala sesuatu tidak terjadi dengan sendirinya, pasti ada awalannya atau dengan kata lain, ada yang tercipta pertama kalinya. Jika preposisi ini dapat diterima, maka frase “segala sesuatu”, seharusnya juga termasuk tentang Tuhan, karena seharusnya, ada sebab atau awalan untuk keberadaannya, dan seharusnya ada sebab mengapa sampai melakukan penciptaan, bukan?! Kitab-kitab pemuja Tuhan, tidak dapat menjelaskan sebab dan alasannya apalagi di ajaran Abrahamic, panjangnya masa/tahun kebelakang ternyata tidak lebih dari 50.000 tahun [atau di sini], sementara dalam tradisi India saja, panjang tahun kebelakang bahkan sampai MILIARAN TAHUN tak hingga, malah Buddhisme menyatakan bahwa keyakinan terhadap keberadaan Tuhan sebagai pemikiran keliru:
    Apapun yang dialami seseorang, apakah itu perasaan: menyenangkan, menyakitkan atau perasaan bukan menyenangkan bukan menyakitkan, semua itu:

    1. disebabkan oleh tindakan lampau;
    2. disebabkan oleh kuasa TUHAN
      "Issaranimmānahetū’ ti issaranimmānakāraṇā, issarena nimmitattā paṭisaṁvedetī ti attho" (Disebabkan kuasa tuhan, Karena kuasa TUHAN, Dirinya mengalami sepenuhnya kuasa tuhan);
    3. tanpa penyebab dan tanpa kondisi

    yang jika sepenuhnya disidik/periksa, diteliti dan dibahas, akan berakhir pada suatu doktrin tanpa tindakan, SEKALIPUN SUDAH DITERAPKAN KARENA TRADISI [AN 3.61].
Beliau menyatakan hal tersebut, setelah menyelidiki seluruh masa/waktu kebelakang:
    mengingat ragam kehidupan lampau-Nya: 1 kelahiran, 2, 5, 10, 50, 100, 1000, 100.000, banyak Kappa menyusut/kontraksi, banyak Kappa mengembang, banyak Kappa kontraksi dan mengembang (anekepi saṃvaṭṭakappe anekepi vivaṭṭakappe anekepi saṃvaṭṭavivaṭṭakappe)[..]. Pengetahuan pertama pada malam waktu jaga ke-1 (rattiyā paṭhame yāme: 18.00 s/d 22.00)[..]
    melalui mata dewaNya, melihat mahluk-mahluk wafat dan muncul kembali di ragam alam, terhubung dengan karma mereka sendiri dibedakan menjadi inferior/superior, penampilannya baik/buruk, beruntung/sial;[..]. Pengetahuan ke-2 pada malam waktu jaga ke-2 [rattiyā majjhime yāme: 22.00 s/d 02.00][..]
    pengetahuan penyebab, cara penghancuran noda (asavakkhaya ñãna) dan mengakhir kelahiran kembali [..]. Pengetahuan ke-3 pada malam waktu jaga ke-3 [rattiyā pacchime yāme: 02.00 s/d 06.00] [MN 36/Mahasaccaka]

    Kappāni viceyya kevalāni (Setelah menyelidiki seluruh Kappa);
    Saṁsāraṁ dubhayaṁ cutūpapātaṁ (dua sisi perjalanan kematian-kelahiran);
    Vigatarajamanaṅgaṇaṁ visuddhaṁ (membersihkan debu kekotoran pikiran, memurnikannya);
    Pattaṁ jātikhayaṁ tamāhu buddhan”ti (mencapai berakhirnya kelahiran, itulah tercerahkan) [SnP 3.6/Sabhiya]

    Note:
    Arti "Kappa" (1) "masa/waktu"; (2) "bentukan (pada saṅkhāra/saṅkhata), kehendak (pada sankappa), keinginan dan pandangan", misal di Snp 3.6 yang sama: "..Devamanussesu kappiyesu, Kappaṁ neti tamāhu nhātakoti...Kappaṁ neti tamāhu ariyoti..", arti kappa = bentukan/kehendak. Oleh karenanya, "masa/waktu" adalah juga bentukan. Kata "saṁsāra" = pengembaraan/perjalanan yang tak berkesudahan
Dan syair beliau setelah mencapai kebuddhaan:
    Anekajāti samsāraṃ (Mengembarai ragam kelahiran kembali)
    sandhāvissaṃ anibbisaṃ (perjalanan sia-sia)
    'Gahakāraṃ' gavesanto (mencari 'Pembuat Rumah')
    dukkhā jāti punappunaṃ (menyakitkan, terlahir lagi dan lagi)
    Gahakāraka diṭṭhosi (Pembuat Rumah, telah ditemukan)
    puna gehaṃ na kāhasi (tak lagi dapat membuat rumah)
    sabbā te phāsukā bhaggā (semua sendimu telah hancur)
    gahakūṭaṃ visaṅkhataṃ (atapmu telah roboh)
    visaṅkhāragataṃ cittaṃ (bentukan pikiran telah dilucuti)
    taṇhānaṃ khayamajjhagā (belitan kehausan telah dihancurkan) [Dhammapada syair 153-154]
Ternyata, 'Si Pembuat Rumah' adalah kehausan (taṇhā)
    Anamataggoyaṃ, bhikkhave, saṃsāro (Tak berkesudahan, Para Bhikkhu, samsara/kelahiran kembali). Pubbā koṭi na paññāyati avijjānīvaraṇānaṃ sattānaṃ taṇhāsaṃyojanānaṃ sandhāvataṃ saṃsarataṃ. (Titik awal tak terlihat terhalang ketidaktahuan para makhluk yang terbelenggu kehausan diperjalanan samsara) [SN 15.1, SN 22.9, SN 56.35, dll]

    kehausan (taṇhā) yang disertai ketagihan dan kesenangan (nandirāgasahagatā), mencari kesenangan pada ini-itu (tatratatrābhinandinī) mengarah kepada kelahiran kembali (ponobbhavikā), haus akan: kesenangan indriya, menjadi sesuatu dan tidak menjadi sesuatu (kāmataṇhā, bhavataṇhā, vibhavataṇhā) [SN 56.11/Dhammacakkappavattana, tentang Dukkhasamudaya/Asalmula ketidakpuasan/penderitaan]
Sang Buddha disebut ‘Pengenal alam semesta'/Lokavidu [MN 95]. Siklus 1 kesatuan dunia adalah dalam maha kappa yang terdiri dari 4 sub kappa yang tak terhitung jumlahnya/lama waktunya (kappassa asaṅkhyeyyāni), yaitu Vivaṭṭati (kappa mulai mengembang), Vivaṭṭo tiṭṭhati (kappa pengembangan), Saṁvaṭṭati (kappa menyusut dan Saṃvaṭṭo tiṭṭhati (kappa penyusutan) [AN 4.156]. Salah satu arti kata "Kappa" adalah "masa/waktu", yaitu definisi waktu yang sangat panjang (note: Jika kata 'kappa' berdiri sendiri, maka yang dimaksudkan adalah Maha Kappa).

Berapa banyak tahun dalam 1 asenkheyya Kappa dan berapa banyak kappa yang telah berlalu?

Sistem ukuran hitung yang digunakan India pada saat itu:
    1 tila/wijen = 1 sāsapa/sarshapa/Mustard = 1 yūka/kutu, dari "Antiquities of India: An Account..", Lionel D. Barnett, hal. 206, 209, 217-218:

    • "...8 liksā = 1 tila/sarshapa, 8 tila/sarshapa = 1 yava, 8 yava = 1 angula, 6 angula = 1 pada, 2 pada = 1 vitasti (12 angula), 2 vitasti = 1 hasta (24 angula), 4 hasta = 1 danda/dhanu (96 angula), 8000 danda = 1 yojana (768,000 angula).." [Gaṇita sāra san̄graha 1.25-31, Mahāvīra, Jain, abad ke-9 M]. Markandeya Purana bab 49 menggunakan yūka bukan tila] (hal.218). Sarngadhara Samhita buku 1, 1.15 (abad ke-14): "8 sarshapa = 1 Yava" (hal.209). Manu Smrti 8.23.131-137: "3 liksā = 1 raja/gaura sarshapa (mustard putih/hitam), 6 gaura sarshapa = 1 yava" (hal.206)

    • "... 8 liksā = 1 yūka, 8 yūka = 1 yava, 8 yava = 1 aṅgula, 12 angula = 1 vistasti, 2 vistasti = 1 hasta/aratni/ratni (24 aṅgula), 4 hasta/aratni = 1 danda/danus (96 angula), 84 angula = 1 vyáma/tinggi badan manusia, 108 aṅgula = 1 garhapatya dhanus/ukuran tinggi yang digunakan tukang bangunan, 1000 dhanus = 1 goruta (suara lenguhan sapi masih dapat terdengar), 4 goruta (= 4000 dhanus) = 1 yojana kecil (384,000 aṅgula)..." [Kautilya Arthashastra, buku 2. ch.20]

    Tinggi (unmāna) orang dikelompokan dalam 3 ukuran angula: 108 (superior), 96 (sedang), atau 84 (inferior) [Brihat samhita 68.105]
    Bhāskarācārya (abad ke-12 M): "..., 8 yava = 1 angula, 1 hasta = 4 x 6 angula, 4 hasta = 1 danda (96 angula), 2000 danda = 1 krosa (192,000 angula), 4 krosa (= 8000 danda) = 1 yojana (768,000 angula); 1 ghanahasta/kubus hasta, hasta3 (Panjang x lebar x tinggi) adalah 1 khari/gerobak Magadha". [Līlāvatī, Bhāskarācārya, John Taylor, M.D, hal.2-3].
    Rhys Davids dalam terjemahan SN: menurut kitab komentar "takaran Kosala untuk 1 patha ke atas 4 x Magadha. '20 khari = 1 kharika, atau sekeranjang tila jenis kecil Magadha'"
    Konversi unit terkecil di Mesir, Mesopotamia, China, Yunani, Jepang dan Romawi, dikisaran: "1.6 - 1.9 cm" ("The Harappan Linear Measurement Unit, in Reports on Field Work Carried out at Mohenjo-Daro", Rottländer 1983, hal.205). Untuk India, ukuran angula ke cm: (1) 12 ukuran inchi Indus (12 x 3.12 inch), yaitu panjang 5 bagian dari cangkang kerang yang ditemukan Mohenjo-daro, jarak dari titik ke lingkaran (2 angula/33.528 mm), di mana tiap bagian, panjangnya 6.7056 mm [12 (6.7056 mm x 5)] = 1.674 cm; (2) 1.763 cm dan (3) 34 ukuran inch Inggris = 1.905 cm. ["New Insights into Harappan Town-Planning, Proportions and Units, with Special Reference to Dholavira", Michel Danino, hal.12].
    1000 dhanu = 1000 x 96 angula (1000 x 96 x 1.674) = 1.609344 km = 1 mil saat ini, Etimologi mil adalah milia "ribuan" plural dari mille "seribu", oleh karenanya, dalam konversi, saya gunakan 1 angula = 1.674 cm. 1 Yojana = 7 mil/11.249 km (8000 x 84 x 1,674 cm) atau 8 mil/12.856 km (8000 x 96 x 1,674 cm) atau 9 mil/14.484 km (8000 x 108 x 1,674 cm), karenanya dalam konversi saya gunakan ukuran 96 angula/8 mil/12.856 km [↓]
Untuk perkiraan lama 1 maha kappa, yang terdiri dari 4 sub kappa yang tak terhitung jumlahnya/lama waktunya (kappassa asaṅkhyeyyāni), Sang Buddha memberikan 2 perumpamaan:
  1. Batu padat tanpa celah dan lubang, berdimensi 1 yojana³, di setiap akhir 100 tahun, seseorang menggosok batu itu dengan kain kāsi yang sangat halus (kāsikena vatthena) bahkan hingga terkikis habis, ini masih lebih cepat dari berakhirnya 1 Kappa [SN 15.5]
  2. Kota besi (āyasaṁ nagaraṁ) berdimensi 1 yojana³, setiap 100 tahun diisi 1 biji mustard (sāsapa, bahkan hingga kota besi itu penuh, ini masih lebih cepat dari 1 Kappa [SN 15.6]
Misalkan usaha setiap 100 tahun menggosok batu dengan kain kāsi yang sangat halus, menghasilkan serbuk seukuran kutu atau biji wijen atau mustard. Metoda hitung India menyatakan: 1 tila/wijen = 1 sāsapa/Mustard = 1 yūka/kutu. Di mana 8 yūka/tila/sāsapa = 1 yava, dan 8 yava = 1 aṅgula, maka: 1 angula = 64 kutu/yūka atau 64 biji mustard/sāsapa (8 yava x 8 yūka/sāsapa)

Jumlah tahun dalam 1 asaṅkhyeyya kappa = (12.856 x 106 mm)³ x 64 kutu/biji mustard x 100 tahun = 1.35997 x 1025 tahun "dan ini masih lebih cepat dari berakhirnya 1 Kappa".
Jumlah 1 siklus kappa (1 maha kappa) = 4 x 1.35997 x 1025 tahun = 5.4399 x 1025 tahun "dan ini masih lebih cepat dari berakhirnya 1 Kappa"

Berapa banyak Kappa yang telah berlalu, Sang Buddha sampaikan dalam 2 perumpamaan:
  1. Misalkan terdapat 4 bikkhu yang umurnya mencapai umur 100 tahun, setiap harinya ia dapat mengingat 100.000 Kappa, namun bahkan dari seluruh kappa yang mereka ingatpun, lebih banyak lagi kappa yang telah berlalu [SN 15.7]

    Jumlah Kappa yg diingat dan telah berlalu = 4 x 100 tahun x 365 hari x 100.000 kappa = 14.6 milyard maha kappa dan "lebih banyak lagi kappa yang telah berlalu"

  2. Jumlah butiran pasir sungai Ganga, dari asal/hulu hingga samudra, namun bahkan dari jumlah pasir itu, lebih banyak lagi kappa yang telah berlalu [SN 15.8]

    Ganga: asumsi Panjang = 2525 km (situasi India saat ini), asumsi lebar di musim hujan = 3 - 6 km (asumsi lebar 3 km). asumsi dalamnya pasir dari permukaan tanah = 1 meter. Volume pasir sungai Ganga = (2525 x 106 mm) x (3 x 106 mm) x (1 x 103 mm) = 7.575 x 1018 mm³ pasir. Diameter butiran pasir berkisar 0.06 mm s.d 2 mm (asumsi digunakan, pasir ukuran besar = 2 mm). Volume 1 butir pasir = 1/6 x 22/7 x 2 mm = 4.19 mm³.

    Jumlah pasir/maha kappa = 7.575 x 1018/4.19 mm³ = 1.8076 x 1018 maha kappa dan "lebih banyak lagi kappa yang telah berlalu"
Oleh karenanya, percaya bahwa semesta baru berumur < 10.000 tahun, adalah keliru.

Sudah berapa Buddha sebelum Buddha Gotama?
    Brahmā Sahampati:
    Ye ca atītā sambuddhā (yang manapun dari para samasambuddha di masa lampau)
    ye ca buddhā anāgatā (yang manapun dari para samasambuddha di masa depan) [AN 4.21, SN 6.2]

    Sang Buddha:
    Yepi te,...ahesuṁ atītamaddhānaṁ arahanto sammāsambuddhā.. (yang manapun dari para arahat sammasambuddha di masa lalu..)
    Yepi te, bhikkhave, bhavissanti anāgatamaddhānaṁ arahanto sammāsambuddhā (yang manapun dari para arahat sammasambuddha di masa depan..) [AN 3.317, SN 56.24, DN 20]
Beberapa sutta menyebutkan di masa lalu, nama 7 Buddha: Buddha Vipassi (91 Maha kappa yang lalu), Buddha Sikhi (31 Maha Kappa), Buddha Vesabbhu (31 Maha kappa yang lalu), Buddha Kakusandha (Kappa yang sama dengan Buddha Gautama), Buddha Konagama, Buddha Kassapa [DN 14/Mahapadana sutta], 20 nama Buddha lainnya [Buddhavamsa] dan Sambudha Brahmadeva [Thi Ap 28]. Untuk masa depan, sutta menyebutkan nama Buddha Metteya [DN 26/Cakkavati Sihanada Sutta] dan jumlah tersebut, baru sebagian kecilnya, karena misalnya, Theri Yasodharā mengingat bahwa di masa lalu, Ia telah melakukan persembahan besar kepada triliun sambuddha, raja dhamma:
    Pañcakoṭisatā buddhā (5 x 109 Buddha)
    navakoṭisatāni ca (9 x 109 lagi)
    tesaṁ devadevānaṁ (kepada Mereka, Dewa para Dewa)
    mahādānaṁ pavattayiṁ (aku lakukan persembahan besar)
    ....
    ekādasakoṭisatā (11 x 109)
    buddhā dvādasa koṭiyo (dan 12 x 107 Buddha)
    ....
    Vīsakoṭisatā buddhā (20 x 109 Buddha)
    tiṁsakoṭisatāni ca (30 x 109 lagi)
    ...
    cattālīsakoṭisatā (40 x 109)
    paññāsa koṭisatāni ca (50 x 109 lagi)
    ...
    saṭṭhikoṭisatā buddhā (60 x 109 Buddha)
    sattatikoṭisatāni ca (70 x 109 lagi)
    ...
    asītikoṭisatā buddhā (80 x 109 Buddha)
    navutikoṭisatāni ca (dan 90 x 109 lagi)
    ...
    Koṭisatasahassāni (1012)
    ...
    navakoṭisahassāni (9 x 1012)
    apare lokanāyakā(sang terkemuka dunia lagi)
    ...
    Koṭisatasahassāni pañcāsītimahesinaṁ (850 x 1012)
    Pañcāsītikoṭisatā sattatiṁsā ca koṭiyo (785 x 109 lagi) [Thi Ap 28]

    Note:
    Menurut J.S Walters dan B.M Barua: Cariyapitaka, Buddhavamsa dan Apadana dibuat SETELAH jaman raja asoka. Sementara A.K Warder: Patisambhidamagga dan Buddhavamsa paling awal pada akhir abad ke-2 SM dan Apadana paling awal pada abad ke-1 SM ["Journal pali text society", Vol.20, hal.32]
Komentar Anya (tulisan abad modern dalam pali): Pakiṇṇaka-gantha-saṅgaho: Sīmavisodhanīpāṭha: 3. Nibbānakaṇḍo (bukan kanon Pali) menyampaikan panjangnya waktu untuk menjadi Sammasambuddha:
  1. melalui Kebijaksanaan (Paññādhiko Bodhisatta): cattāri asaṅkhyeyyāni kappasatasahassañca (4 asankheyya dan 100.000 Kappa), salah satunya adalah Buddha Gautama.
  2. melalui Keyakinan (Saddhādhiko Bodhisatta): aṭṭhaasaṅkheyyeyyāni kappasatasahassañca (8 asankheyya dan 100.000 Kappa)
  3. melalui Kegigihan/Semangat (Vīriyādhiko Bodhisatta): soḷasaasaṅkhyeyyāni kappasatasahassañcā (16 asankheyya dan 100.000 Kappa), salah satunya adalah Buddha Metteya.
Periode Sidhartha Gautama SEBELUM menjadi BODHISATTA
  1. Di 20 Asankheyya Kappa + 100.000 kappa, calon Bodhisatta, berpikir dan terinspirasi untuk menjadi SammasamBuddha:

      Calon Boddhisatta terlahir sebagai seorang miskin bernama Matuposaka. Setelah kematian ayahnya, Ia merawat Ibunya, di suatu hari, Ia putuskan mencari penghidupan lebih baik dengan berlayar bersama Ibunya. Kapal yang ditumpanginya tenggelam, selama 3 hari, Ia berenang menggendong ibunya di punggung hingga selamat sampai daratan. Ibunya memberkatinya, "Semoga kelak engkau dapat menyelamatkan para mahluk dari penderitaan". Terinspirasi perkataan ibunya, Ia berpikir, "semoga kelak saya dapat membebaskan semua mahluk dari penderitaan"

      Calon Bodhisatta Gotama terlahir sebagai Brahmana muda/Brahma Kumara, setelah berumur 16 tahun dan selesai pendidikan, Ia menjadi Pertapa dan salah satu muridnya adalah calon Buddha Maitreya. Di suatu kejadian, Ia korbankan diri menjadi santapan singa betina yang kelaparan sehabis melahirkan dan hendak menyantap anak yang baru saja dilahirkannya [Vyāghri-Jātaka, Jataka Mala, Aryasura, 4 Masehi, ada banyak versi, misal, Suvarnabhasottama sutra]

    Menurut komentar Anya, Pakiṇṇaka-gantha-saṅgaho: Sīmavisodhanīpāṭha: 2. Kappavināsakaṇḍo, selama massa ini telah ada 512.028 Buddha ("Sambuddhe aṭṭhavīsañca, dvādasañca sahassake; Pañcasatasahassāni")

  2. Periode Citta/Mano-Panidhi (tekad di benak), selama 7 Asankheyya Kappa + 100.000 Kappa:

      Di jaman Buddha BrahmaDeva, calon Bodhisatta terlahir sebagai raja bernama Atideva, Ketika itu, Raja di atas balkon, melihat Buddha BrahmaDeva dan terkesan, lalu bergegas turun, memberikan penghormatan dengan mempersembahkan untaian bunga melati dan untuk pertama kalinya, Ia sampaikan tekad untuk menjadi Buddha dalam benaknya. Sejak itu sampai 125.000 Buddha berikutnya, selama 7 Asankheyya Kappa + 100.000 Kappa, di setiap kelahiran kembali dan bertemu Buddha, Ia ucapkan tekad yang sama dibenaknya [Jinakalamali, Abad ke-16 M (Collected Wheel Publications Volume XXV: Numbers 377–393), atau "Practising The Dhamma With a View To Nibbana", Radhika Abeysekera, hal.37]

  3. Periode Vaci-Panidhi [pengucapan tekad], selama 9 Asankheyya kappa + 100.000 Kappa:

      Di jaman Buddha Purana Gotama, calon Bodhisatta terlahir sebagai pangeran bernama Sagara dari kota Dhannavati dan di jaman itu, untuk pertama kalinya, tekad untuk menjadi Buddha, diucapkan. [Radhika Abeysekera, hal.38]
[Practising the Dhamma with a View to Nibbana: Radhika Abeysekera; Beyond the Tipitaka: John Bullitt, The life of Buddha (Jinakalamali, Ratanapañña; Thai; abad ke-16), The Four Ways To [Attain] Psychic Power (Iddhi pada): Mahākmmattanacariya Nauyane Ariyadhamma Mahā Thēro, THE BODHISATTA IDEAL: BHIKKHU NARADA THERO]

Peter Skilling dalam "Buddhism and Buddhist Literature of South-East Asia":
    ...Dalam 'The Sambuddhe Verses and Later Theravādin Buddhism' dan 'Praises of the Buddha beyond Praise', Achan Peter menyajikan 2 teks Pali pendek...merupakan teks liturgi yang sangat populer di Thailand dan di Burma yang sebelumnya diabaikan oleh para cendekiawan Buddhisme Pali, Ia tunjukan bait-bait yang tampak lugas yang digunakan kaum awam dan ditahbiskan untuk memuji 512.028, 1.024.055, atau bahkan 2.048.109 Buddha masa lampau.. [Introduction, xviii-xix]

    Dalam Jinakālamālī (sebagian besar ditulis 1515-1518 M) (tidak memberikan jumlah total) perincian per bab adalah sebagai berikut:


    Cendekiawan India Utara Daśabalaśrīmitra, menulis mungkin pada abad ke-12 atau ke-13, mengutip sumber Theravādin yang belum teridentifikasi, memberikan penjelasan akurat tentang teori ini:

    Ārya Sthāvira menyatakan bahwa "Sakyamuni mencapai kemahatahuan (sabbaññutā) setelah 20 æon besar yang tak terhitung + 100.000 æon tambahan. Di sini, sebagai seorang bodhisatta, Sang Bhagavā melayani 125.000 Buddha selama 7 æon tak terhitung [pertama], mengharapkan pencerahan dengan cara tekad batin saja (bsams pa tsam nyid kyis) Selama 9 æon tak terhitung berikutnya ia melayani 387.000 Buddha, terlibat dalam praktik bodhisatta (bodhisatta-cariya) dan bercita-cita melalui pikiran (citta) dan ucapan (vāc). Selama æon yang tak terhitung ia melayani 12 Buddha, menekuni praktik yang ditujukan untuk pencerahan, dan bercita-cita mencapai pencerahan melalui tubuh (kāya), ucapan, dan pikiran (manas) Selama 100.000 æon Sang Bhagavā, sebagai seorang bodhisatta, melayani 15 Buddha, terlibat dalam praktik seorang Bodhisatta, dan menyelesaikan semua praktik tambahan, melalui tubuh, ucapan, dan pikiran; pada puncak (agga) dari 100.000 æon, Guru mencapai kemahatahuan." [Hal.138]

    ...dalam Dasabodhisattuppattikathā non-kanonik, Sang Buddha mengatakan kepada Sāriputta “ada tak terbatas dan tak terhitung di dunia (anantāparimāṇā) Para mulia yang berhasil dalam kesempurnaan dan mencapai Buddha". Pernyataan serupa di Dasabodhisatta-uddesa, Sang Buddha mengatakan kepada Sāriputta “Buddha yang telah ada tanpa batas (buddhā anantā ahesuṃ): Sebelum saya mencapai akhir hidup saya, belum tercapai jumlah Buddha yang ada”. Ākāravatta-sutta, sebuah Apokrifa (palsu) berbicara bahwa "Buddha sebanyak pasir di sungai Gangga" [hal.140. note: Dasabodhisattuppattikathā, ditenggarai berasal dari abad 14 M]
Periode MENJELANG menjadi Bodhisatta:
Pada 1 Kappa yang sama muncul 4 buddha (Sàramada-kappa) dan Buddha terakhir rangkaian itu adalah Dipankara:
    Di kurun waktu lalu yang tak dapat dihitung terdapat empat pembimbing: Para penakluk ini adalah Tanhankara, Medhankara, Saranankara dan Dipankara yang telah tersadar di 1 Kappa yang sama [BuddhaVamsa 27.1]
Untuk 3 Buddha sebelum Dipankara (dari Practising the Dhamma with a View to Nibbana: Radhika Abeysekeranya:
  1. Jaman Buddha Tanhankara, Calon Bodhisatta terlahir sebagai raja bernama Sudassana di kota Surindavati, Ia bertemu Buddha dan menjadi muridnya, Ia ucapkan tekad menjadi Buddha, tidak mendapat konfirmasi dari Buddha Tanhankara.

  2. Jaman Buddha Medhankara, Calon Bodhisatta terlahir sebagai Pertapa Somanassa dan menjadi muridNya, Ia ucapkan tekad untuk menjadi Buddha, namun tidak mendapatkan konfirmasi.

  3. Jaman Buddha Saranankara, Calon Bodhisatta terlahir sebagai Pertapa Yasavanta, dan menjadi muridNya, Ia ucapkan tekad untuk menjadi Buddha, namun tidak mendapat konfirmasi.
Periode sebagai Boddhisatta/Calon Buddha (Buddhavamsa):
  1. Di 4 Asankheyya + 100.000 Kappa: Buddha Dipankara, calon Boddhisatta terlahir sebagai Pemuda Sumedha, Ia ucapkan tekad untuk menjadi Buddha ketika berbaring di kubangan lumpur, agar punggungnya dapat dilalui Buddha Dipankara tanpa terkena lumpur. Ia ucapkan tekad untuk menjadi Budddha dan MENDAPAT konfirmasi untuk kali pertamanya dari seorang Buddha. Karena Buddha Dipankhara yang pertama memberikan konfirmasi, Ia dalam silsilah Buddha lampau periode Buddha Gotama diletakan dalam urutan ke-1. Sejak itu, disetiap Buddha berikutnya, Ia ucapkan tekad dan mendapatkan konfirmasi. Buddha Dipankara adalah Buddha terakhir dari rangkaian 4 Buddha di 1 Kappa yang sama. Setelahnya terjadi kekosongan Buddha (dan Pacceka Buddha) selama 1 Asankheyya Kappa

  2. (Sàra-kappa, 1 Buddha dalam 1 Kappa): Buddha Kondanna, Bodhisatta terlahir sebagai raja Cakkavati bernama Vijitàvin dan memberikan persembahan dana yang tidak tertandingi. Setelahnya terjadi kekosongan Buddha selama 1 Asankheyya Kappa

  3. (Sàramada-kappa, 4 Buddha dalam 1 Kappa): Buddha Mangala, Bodhisatta terlahir sebagai Brahmin Suruci, mempersembahkan kepada Buddha dan sangha wewangian, kalung bunga, gavapana dan memberikan seluruh kekayaannya

  4. Buddha Sumana, Bodhisatta terlahir sebagai Raja Naga sakti bernama Atula. Ia bersama sanak dan teman-temannya, keluar dari kediaman, berdana makanan, minuman dan memainkan musik surgawi sebagai penghormatan kepada Buddha dan 100,000 crore bhikkhu, juga berdana seperangkat jubah kepada tiap bhikkhu, kemudian menyatakan berlindung kepada Ti-Ratana/Tiga Perlidungan

  5. Buddha Revata, Bodhisatta terlahir sebagai Brahmin Atideva, memberikan jubah luarnya dan menyatakan berlindung pada Ti-Ratana

  6. Buddha Sobhita, Bodhisatta terlahir sebagai Brahmin Sujàta/Ajita, mempersembahkan Makana, minduman kepada Buddha dan Sangha. Setelahnya terjadi kekosongan Buddha selama 1 Asankheyya Kappa

  7. (Vara-kappa, 3 Buddha dalam 1 Kappa, periode di 1 Asankheyya dan 100.000 Kappa): Buddha Anomadassi, Bodhisatta terlahir di alam Asura sebagai Jenderal Yakkha, mempersembahkan kepada Buddha dan sangha, aula besar berhiaskan berbagai permata, makanan, minuman, dan lain-lain selama tujuh hari.

  8. Buddha Paduma, Bodhisatta terlahir sebagai raja singa, menyaksikan Buddha dalam Nirodhasamàpatti, dengan penuh hormat dan gembira mengelilingi Buddha, mengaum tiga x, tetap di sana selama 7 tujuh hari tanpa kehilangan kebahagiaan akibat melihat Buddha, tanpa pergi mencari makan. Setelah keluar dari Nirodhasamàpatti, Buddha Paduma mendatangkan para anggota Saÿgha di dekat Singa tersebut.

  9. Buddha Narada, Bodhisatta terlahir sebagai Pertapa berambut liar dari Himalaya. Buddha Nàrada mengunjungnya bersama Sangha dan umat awam yang semuanya sekurangnya mencapai kesucian Anàgami. Ia mempersembahkan tempat tinggal, makanan dan minuman untuk Buddha dan pengikut-Nya selama 7 hari dan memberi hormat kepada Buddha dengan kayu cendana merah. Setelahnya terjadi kekosongan Buddha selama 1 Asankheyya Kappa

  10. (Sàra-kappa, 1 Buddha dalam 1 Kappa): Buddha Padumuttara, Bodhisatta terlahir sebagai Gubenur daerah bernama Jatila, Ia mempersembahkan makanan dan jubahdussa, kepada Buddha dan Persamuhan-Nya (Ini periode 100.000 Maha Kappa). Setelahnya terjadi kekosongan selama 70.000 Maha Kappa

  11. (Manda-kappa, 2 Buddha dalam 1 Kappa, periode di 30.000 Kappa): Buddha Sumedha, Bodhisatta terlahir sebagai Brahmin muda bernama Uttara, Ia mempersembahkan kepada Buddha dan sangha harta kekayaan-Nya sejumlah 80 crore.

  12. Buddha Sujata, Bodhisatta terlahir sebagai Raja Chakkavatti, Ia persembahkan kerajaan, 7 harta dan meninggalkan kerajaan menjadi Bhikkhu.

  13. (Vara-kappa, 3 Buddha dalam 1 Kappa, periode di 1800 Kappa/BV 14.12, 27.12): Buddha Piyadassi, Bodhisatta terlahir sebagai Brahmin Kassapa, mempersembahkan taman senilai 100.000 crore kepada Buddha dan sangha

  14. Buddha Atthadassi, Bodhisatta terlahir sebagai Pertapa Susima, mempersembahkan bunga-bunga surgawi

  15. Buddha Dhammadassi, Bodhisatta terlahir raja Alam 33 Deva, yaitu Sakka, mempersembahkan wewangian, kalung bunga, dan musik dewa

  16. (Sàra-kappa, 1 Buddha dalam 1 Kappa, periode di 94 Kappa): Buddha Siddhatta, Bodhisatta terlahir sebagai Brahmin yang menjadi Petapa bernama Mangala, mempersembahkan buah dari pohon Jambu

  17. (Manda-kappa, 2 Buddha dalam 1 Kappa, periode di 92 Kappa): Buddha Tissa, Bodhisatta terlahir sebagai Ksatria yang menjadi pertapa bernama Sujata, mempersembahkan tiga bunga alam dewa dan memegangnya di atas kepala Buddha

  18. Buddha Phussa, Bodhisatta terlahir sebagai ksatria bernama Vijitàvin, mempesembahkan kerajaannya, menjadi petapa dan berlindung pada Ti-ratana

  19. (Sàra-kappa, 1 Buddha dalam 1 Kappa, periode di 91 Kappa): Buddha Vipassi, Boddhisata terlahir sebagai Raja naga Atula, memainkan alat musik dewa; memberikan sebuah tempat duduk dari emas

  20. (Manda-kappa, 2 Buddha dalam 1 Kappa, periode di 31 Kappa): Buddha Sikhi, Bodhisatta terlahir sebagai raja Arindama, mempersembahkan mkanan, minuman, jubah

  21. Buddha Vessabhu, Bodhisatta terlahir sebagai Raja Sudassana

  22. (Bhadda-kappa, 5 Buddha dalam 1 Kappa, periode Kappa sekarang): Buddha Kakusandha, Bodhisatta terlahir sebagai raja Sema

  23. Buddha Konagamana, Bodhisatta terlahir sebagai Raja Pabbata

  24. Buddha Kassapa, Bodhisatta terlahir sebagai Brahmin Jotipala

  25. Buddha Gautama, Bodhisatta terlahir sebagai Sidharta Gautama anak Raja kaphilavastu
Buddha berikut SETELAH Buddha Gotama:
  1. (Buddha terakhir di Bhadda Kappa ini): Buddha Metteya, Diawali kemunculan Raja Cakkavati Daḷhanemi dan turunannya yang menjadi raja, Umur mereka lebih dari 80,000an tahun. Turunan ke-7 memecahkan tradisi, turun tahta sebelum waktu dan menjadi śamaṇa tapi tidak mewariskan tuntunan moralitas kepemimpinan, akibatnya kemiskinan meningkat, pencurian mulai, institusi hukuman menjadi ada, pembunuhan dan kejahatan merajalela sehingga umur manusia merosot dari 80,000an → 100 tahun dan akibat di tiap generasinya terus terjadi peningkatan kejahatan dan kemerosotan moral, umur merosot hingga tidak lebih dari 10 tahun dan menikah di usia 5 tahun; makanan lebih buruk; Moralitas akan tidak dikenali. Orang keji dan tidak bermoral akan menjadi pemimpin. Perkawinan antar saudara kandung merajalela. Di antara yang berumur 10 tahun, tidak ada yang dianggap ibu atau bibi, saudara ibu, istri guru, atau istri ayah dan lain-lain, semua dianggap sama. Permusuhan, kebencian hebat, kemarahan besar dan pikiran membunuh, antara ayah- ibu, ibu - anak, ayah - anak, sesama saudara pria dan wanita. Kemudian perang besar terjadi, Yang kurang agresif akan bersembunyi di hutan dan di beberapa tempat. Di akhir perang, yang selamat keluar dari persembunyian, menyesali perbuatan, mulai berkelakuan baik, seiring moralitas meningkat, umur, kesehatan dan kesejahteraan meningkat, usia meningkat dari 10 tahun → 80.000an tahun. Ketika manusia kembali berumur lebih dari 80.000 tahun, di Ketumati, akan muncul raja Cakkavati bernama Saṅkha dan juga seorang Buddha bernama Metteyya (DN.26)

  2. Buddha Gautama dan/atau para Arahat lainnya, TIDAK menyatakan bahwa Buddha Metteyya akan muncul setelah 1 antara kappa berikutnya atau di antara kappa terakhir Maha kappa ini. Bisa jadi, kemunculannya lebih lama dari 4 Buddha sebelumnya, karena dalam DN 16, seusai pembagian relik Buddha Gautama, para sepuh konsili ke-1 menyatakan, "Di ratusan kappa belum tentu ada seorang Buddha (Buddho have kappasatehi dullabhoti)". Setelahnya, yaitu menurut Anagatavamsa (oleh Mahākassapa dari Cola, abadk ke-12) dan juga dalam Dasabodhisattuppattikathā (abad ke-14 M), disebutkan beberapa nama, yang dianggap akan menjadi calon buddha setelah Buddha Metteyya: Uttama, Raja Rama, Raja Pasenadi dari kerajaan Kosala, Deva bernama Abhibhu, Asura: Dighasoni, Brahmana Candani, Pemuda: Subha, Brahmana Todeyya, Gajah: Nalagiri, Gajah: Palaleya [Anagatavamsa, MSS. (Journal of the Pali Text Society, 1886, p. 37); Untuk situs: ini, ini dan ini; Malalasekera, G. P. [1899 - 1973]: Dictionary of Pāli proper names. -- Nachdruck der Ausgabe 1938. -- London : Pali Text Society, 1974. -- 2 vol. -- 1163, 1370 S. -- ISBN 0860132692. -- s.v.]

    Dalam Sotatthakī-mahānidāna disebutkan 510 bodhisatta yang akan menjadi Buddha berikutnya. Dalam Dasabodhisattuppatti-kathā, Sang Buddha mengatakan kepada Sāriputta bahwa makhluk yang akan menjadi Buddha di masa depan tidak terbatas dan tak terhitung jumlahnya (anantparimhees) Ia sendiri tidak dapat menghitung jumlah Buddha masa depan. ["Buddhism and Buddhist Literature of South-East Asia": Peter Skilling, hal. 147. Note: Sotatthakī-mahānidāna, menurut Derris, Karen Anne, berada di periode medieval Theravādin]
Tentang tinggi tubuh dan umur dari 4 Buddha terakhir yang muncul dalam 1 Kappa yang sama (KN, Buddhavamsa):
  1. Kakusandha, 40 Ratana (Cattālīsaratana), usia 40 ribu tahun
  2. Konàgamana, 30 hattha (tiṁsahattha), usia 30 ribu tahun
  3. Kassapa, 20 ratana (vīsatiratana), 20 ribu tahun
  4. Gotama 16 hattha (soḷasahattha)
I.B. Horner ketika menterjemahkan Buddhavamsa, di hal 26 menyatakan: "Mengenai ukuran-ukuran yang diberikan untuk ketinggian atau tinggi para Buddha, dua kata digunakan, yang maknanya tampaknya bisa saling dipertukarkan: hattha dan ratana". Biasanya kata hattha diartikan sebagai ukuran dari ujung jari sampai siku tangan (hasta), yaitu 2 jengkal (1 jengkal = 8.5 inch s/d 9 inch. 1 Inch = 2.54 CM. 1 Jengkal = 21.59 CM - 22.86 CM, jadi 2 jengkal = 43.18 CM - 45.72 CM), jika ya, maka tinggi badan Buddha Gotama akan menjadi 6.9 M - 7.3 M. Ukuran ini tidak tepat, disamping karena rata-rata tinggi badan manusia pada abad kehidupan sang Buddha (6 SM - 5 SM) dan abad ini masih sebanding, juga tercatat bahwa penampilan Buddha Gotama seperti Bhikkhu lainnya, misalnya Pangeran Ajasattu TIDAK MENGENALI Buddha Gotama dalam kumpulan Bhikkhu yang sedang bersila [DN.2/Samaññaphala Sutta]; Penjaga taman hutan bambu taman rusa TIDAK MENGENALI Buddha Gotama [MN 128/Upakkilesa Sutta] dan Pukkhusati, raja kerajaan Gandhara yang menjadi Bhikkhu dan hendak bertemu Buddha Gotama, namun ketika telah bertemu, TIDAK MENGENALINYA [MN 140/Dhatu Vibhangga sutta] → Ini mengindikasikan perawakan Buddha Gotama, tidak berbeda dengan bhikkhu lainnya dan dengan kebanyakan manusia saat itu, sehingga kata hattha tidak harus selalu berarti ukuran jari tangan ke siku, misalnya dalam 32 ciri Buddha: "(5) Tangan-kaki lembut-lentur/mudutalunahatthapāda ... (6) Tangan-kaki rapat/jālahatthapāda" [DN.14; DN.30; MN.91], jadi hattha juga berarti telapak tangan = 4 inchi/10.16cm dan 16 hattha = 162.56cm. Ukuran ini sebanding dengan ukuran rata-rata tubuh manusia pada jaman itu dan pada abad ini.

Masih 32 ciri Buddha: "(19) lingkar imbang pohon beringin/nigrodhaparimaṇḍalo, tubuh sepanjang bentangan (lengan)/yāvatakvassa kāyo tāvatakvassa byāmo, bentangan (lengan) sepanjang tubuh/yāvatakvassa byāmo tāvatakvassa kāyo" [DN.14; DN.30; MN.91]. Brahamanda Purana/Vayu Purana Ch.32.8-9: "Manusia ukurannya 8 jengkal jari tangannya sendiri". Oleh karenanya, 8 jengkal = 16 hattha.

Jika lengan ditekuk, ujung jari bertemu di depan dada, panjang = 4 x SIKU-UJUNG JARI. Dimana, SIKU-UJUNG JARI = 2 JENGKAL sendiri/vadatthi, jadi totalnya = 8 JENGKAL. "PUSER - UBUN KEPALA "= 3 JENGKAL, "PUSER - TAPAK KAKI" = 5 JENGKAL. Jika duduk bersila: "LANTAI - UBUN KEPALA" = 4 JENGKAL sendiri. Karena Ajasattu tidak mengenali Buddha Gotama diantara kumpulan bhikkhu yang duduk bersila, maka 8 Jengkal Buddha Gotama TIDAK JAUH BEDA dengan rata-rata manusia.

1 Jengkal/vidatthi = 8½ inch s/d 9 inch ["On The Ancient Coins And Measures Of Ceylon", T. W. Rhys Davids, 1877, hal.15; atau di "The Mahavamsa", Wilhelm Geiger, 1912, Bab 15, hal.109, cat kaki no.4] atau = 12 angula (1 angula = ¾ English inch = 9 inch) ["Kautilya's Arthashastra, R. Shamasastry, 1915, Book II, Ch. 20, hal.149]. 1 Inchi = 2.54cm. 1 Jengkal = 21.59 - 22.86cm. Jadi, 8 Jengkal = 172.72 - 182.88cm. Ukuran ini juga sebanding dengan ukuran rata-rata tubuh manusia pada jaman itu dan pada abad ini. Oleh karenanya, perkiraan tinggi Buddha Gotama = 162.56 - 182.88cm (jika kita gunakan ukuran dari cangkang kerang yang ditemukan di Mohenjo-Daro, dimana 1 angula = 1.674 cm, dan brihat samhita 68.105 menyatakan pembagian tinggi tubuh sebagai superior (108 angula), medium (96 angula) dan pendek (84 angula), maka angka tinggi tubuh superior adalah: 180.79 cm)

Karena hattha dan ratana sinonim, maka ukuran tinggi tubuh Buddha lain di 1 kappa yang sama, yang hidup di bumi yang sama ini, dalam rentang tahun masa lampau yang tidak terhitung banyaknya: Buddha Kakusandha = 4.06 - 4.57m; Buddha Konagamana = 3.05 - 3.43m dan Buddha Kassapa = 2.03 - 2.29m. Kemudian, di antara 24 Buddha lainnya, di sepanjang kurun waktu 4 Asankheyya Kappa (jumlah kappa yang tak terhitung banyaknya) + 100.000 Kappa kebelakang yang artinya bukan di bumi yang sekarang ini, maka ukuran tubuh tertinggi adalah Buddha Sumana, 90 hattha (navutihattha) atau 9.14 - 10.29m.