Sabtu, 22 Juni 2019

Kisah Para Rasul Taianjing


Di suatu hari, Sangaloh taianjing, membangun taman, dan menjadikan si Udin tukang tamannya, ketika, si Udin bangun tidur, disisinya ada cewe, sebutlah dia si Ewe. Sebagai upah ngurus taman, mereka boleh makan buah, tapi hanya gara-gara makan satu jenis buah tok, si Udin dan Ewe diusir keluar taman, disuruh jadi tukang taman di luaran dan dijanjikan setelah mati nanti, boleh balik ke taman dan bahkan taman itu bakal jadi warisan turunannya, untuk kapan waktunya, pokoknya nanti, setelah kiamat kuda.

Jadilah si Udin, rasul taianjing pertama.

Ribuan taun kemudian, seorang anak haram, tukang angon kambing, bernama si Emut, ketiban rejeki nomplok dapat kawin dengan janda yang tuaan 15 tahun, beranak, gatelan karena bekas kawin 2x tapi kaya raya, sebutlah dia si Ijah. Pada suatu hari, si Emut ngaku dapat wangsit via pewisik dan mengklam diri sebagai rasul taianjing terakhir, ajarannya dikenal sebagai ajaran ngewe abadi di taman dengan ratusan pelacur taman. Entah itu gubahannya sendiri ato dari si pewisik, yaitu si Japri, tapi tampaknya tidak tahu bahwa si rasul taianjing pertama saja, yaitu si Udin cuma jadi tukang taman belaka, bukannya tukang ngewe, kebetulan saja, istrinya yang bernama si Ewe.

Si Emut, awalnya mengajar ngumpet-ngumpet sambil menghina sesembahan dan istiadat sukunya, maka akibatnya, Ia ditegur sukunya dan si Emut pun berdalih bahwa Sangaloh taianjing sekarang sudah melarangnya menghina, tapi pada kenyataannya, hinaan terhadap sesembahan dan istiadat sukunya tetap berlanjut, akibatnya, sukunya jengkel, si Emut dan kawanannya kemudian di isolir sampe miskin dan si Ijah pun mati dalam keadaan miskin.

Abis bini mati, dengan dalih memperkuat persodaraan, si Emut berhasil ngembat anak perempuan kawannya sendiri yang baru berusia 6 tahun, sebutlah dia si Isah dan gak tanggung-tanggung, sekalian juga Ia embat berikut babunya, sebutlah dia si Idah. Karena emang dasarnya gatelan, ketika sedang asik ngendon dirumah gebetan lamanya, sebutlah dia si Edun, Massa menggrebeknya, lantas terbitlah dongengan naik kuda lumping istimewa ke 7 taman, dimana Ia bertemu para rasul taianjing lainnya, plus diberi ilmu nungging dari Sangaloh taianjing, yang awalnya harus nungging 50 jurus, berkat kepiawaiannya nawar, sukses, jadi cuma 5 jurus nungging.

Sejak peristiwa dongeng naik kuda lumping istimewa, si miskin tukang hina lagi gatelan ini, makin gak dipercaya, bukannya instropeksi diri, tapi malah makin kesumat, saban ada suku lain lewat kampungnya, Ia hasut agar mau gebuk sukunya sendiri, tentu saja usahanya gagal dan membuat sukunya makin jengkel, Ia jadi ketakutan dan dirancanglah rencana kabur, tapi demi jaga gengsi dihadapan pengikut, lantas Ia buat karangan bahwa Sangaloh taianjing nyuruh mereka merantau ke lain kampung. Di kampung baru, jadilah Ia kepala preman yang idup dari hasil palak iuran keamanan dan disela-sela itu, gatelnya kumat, demi bisa ngembat si Jembut, bini anak angkatnya, Ia bikin karangan bahwa itu perintah Sangaloh taianjing dan tak luput juga beberapa cewe muda lainnya sebagai pemuas dahaga kegatelannya.

Sebagai kepala preman, tak elok, jika merampok di areanya sendiri, maka Ia dan pengikutnya beroperasi dengan kekerasan di area lain, akibatnya, koleksi cewe dan hartanya melimpah, tentu saja, Ia sempatkan diri mengajar bahwa Ia utusan terakhir Sangaloh taianjing, bahwa kiamat kuda sudah sangat dekat, saking dekatnya hampir saja mendahului kedatangannya, pokoknya, kiamat kuda sudah sangat teramat dekat, dan saat itu terjadi, Ia dan pengikutnya, bebas ngewe abadi di taman dengan ratusan pelacur taman. Syarat keanggotaan mudah saja, cukup taat perintahnya, walau membuat mati sekalipun, entah saat ngerampok yang diperintahkan ataupun saat membela ajaran Sangaloh taianjing, pokoknya jika nurut maka selamat dan dapat hadiah ngewe abadi

Ajaran ngewe abadi di taman dengan ratusan pelacur taman dalam waktu yang teramat sangat dekat, bikin ngiler dan linu peler pengikutnya, juga menarik minat para ahli peler lainnya, maka semakin giatlah mereka beroperasi, karena rajin ngerampok, pangkal kaya, bukan cuma harta tapi juga koleksi tawanan cewe untuk ajang asah peler, dan saat mati nanti, saat kiamat kuda tiba, plus hak ngewe abadi di taman bersama ratusan pelacur taman. Mantap betul! Rupanya mereka tidak tahu bahwa si rasul taianjing pertama saja, yaitu si Udin hanya jadi tukang taman belaka, bukan tukang ngewe, kebetulan saja, istrinya yang bernama si Ewe

Disuatu hari, selepas operasi kilat ngerampok, mereka pun pesta daging panggang hadiah si janda yahud yang sukunya baru saja mereka habisi, satu peserta pesta setelah ngembat daging itu, kulitnya berubah jadi hijau, maka tahulah Ia bahwa itu beracun tapi sempat-sempatnya pula Ia ngibul bahwa dagingnya sendiri yang ngomong ada racunnya dan 3 taunan kemudian, akibat racun si janda yahud, sekaratlah si Emut dalam keadaan kesakitan dipangkuan Isah sambil ngutuki si yahud kalang kabut dan ngigo merengek-rengek pada Sangaloh taianjing agar bisa dapet taman.

Pengikut si Emut udah gak tau kenapa mereka lahir, tujuan terlahir, berlagak tahu bahwa tujuan hidup adalah agar bisa masuk taman, kuburan aman, tempat menetap yang bisa bebas makan buah taman, kayak monyet utan, bisa bebas mabok tuak taman bak preman, sambil ngewe ratusan pelacur taman, sementara pengikutnya yang cewe, tidak tahu kalo mereka saat mati gak dapet apa, kecuali bareng jadi objek MULTISOM ABADI, bersama ratusan pelacur taman lainnya.

Mereka tidak tau, bahwa si Udin yang jadi rasul taianjing pertama saja, cuma jadi tukang taman belaka, bukannya tukang ngewe, istrinya saja yang kebetulan bernama si Ewe, sementara pendiri ajaran ngewe abadi di taman bersama ratusan pelacur taman, yaitu si Emut, bahkan sampe wafatnya, gak dapet taman, karena ketika sedang kesakitan saat sekarat sampai mati, sang pewisiknya sendiri, yaitu si Japri, malah bolos, gak nongol lagi.

....Tamat...


Disclaimer:
Kisah ini hanyalah fiksi belaka. Jika ada kesamaan nama tokoh, tempat kejadian ataupun cerita, hanya kebetulan semata. Mencocokloginya, hanya akan membuat anda menjadi tampak sangat, sangat dan sangat tolol.

Senin, 03 September 2018

Apakah Pemakaian PENGERAS SUARA/TOA di MESJID adalah BIDAH?


Konon Allah mengatakan di Quran:
    "..(alyawma) Pada hari ini (akmaltu) telah Kusempurnakan (lakum diinakum) untukmu agamamu, (wa-atmamtu) dan telah Ku-cukupkan ('alaykum) kepadamu (ni'matii) ni’mat-Ku, (waradhiitu lakumu) dan telah Ku-ridhai bagimu (al-islaama diinan) Islam sebagai agama..” (AQ 5.3)

    Ibn Kathir:
    ..Sehingga, tidak ada yang halal kecuali yang beliau halalkan, tidak ada yang haram kecuali yang diharamkannya, dan tidak ada agama kecuali yang di syari'atkannya.. [Lubaabut Tafsiir Min Ibni Katsiir, Pentahqiq: Dr Abdullah bin Muhammad, Cet ke-1, 1994, Juz 6, hal.18. Pada hal.19: "Asbath mengatakan dari As-Suddi: "Ayat ini turun pada hari Arafah dan setelah itu tidak ada lagi ayat yang turun, yang menyangkut halal dan haram. Kemudian Rasullullah SAW kembali dan setelah itu meninggal dunia"]
Tampaknya, selain dari hal ini, disebut Bi'dah, yang hadis lebih lanjut mendefinisikannya:
    Riwayat [(Ya'qub - Ibrahim bin Sa'ad) dan (' Abdullah bin Ja'far Al Makhramiy dan 'Abdul Wahid bin Abu 'Aun)] - Sa'ad bin Ibrahim bin 'Abdur Rahman bin 'Auf - Al Qasim bin Muhammad - 'Aisyah - Rasulullah SAW: "Siapa yang membuat perkara baru dalam urusan kami ini yang tidak ada perintahnya maka perkara itu tertolak" [Bukhari no.2499 dan juga di hadis Muslim no.3242]
Dan menurut Ulama:
  • Suatu istilah untuk suatu jalan dalam agama yang dibuat-buat yang menyerupai syari’at, yang dimaksudkan ketika menempuhnya adalah untuk berlebih-lebihan dalam beribadah kepada Allah Ta’ala. [Imam Asy Syatibi (w. 790 H/1388 M) dalam Al I’tisham]
  • “Bid’ah adalah i’tiqod (keyakinan) dan ibadah yang menyelishi Al Kitab dan As Sunnah atau ijma’ (kesepakatan) salaf.” (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Majmu’ Al Fatawa, 18/346, Asy Syamilah) [Lihat Mengenal Seluk Beluk BID’AH (1): Pengertian Bid’ah]
Jadi, bagaimana dengan TOA MESJID sebagai ALAT BANTU memanggil Shalat?

Alat pengeras suara manusia (Yunani: Megaphone) telah digunakan sejak sebelum masehi baik itu untuk keperluan militer oleh dinasti ke-4 Mesir kuno/2723-2563SM ("Challenges and Objectives in Music Archaeology", hal. 242) atau pertunjukan sandiwara, yang menjadi bagian topeng artis Yunani kuno abad ke-6 SM ("New Theatre Quarterly 67: Volume 17, Part 3", 2001, hal.255) dan Romawi kuno abad ke-6 SM ("Face and Mask", Hans Belting, 2017, hal.52) atau keperluan keagamaan sebagaimana tertera di inskripsi kuil dinasti ke-25 Mesir kuno/8 SM ("Music and musicians in ancient Egypt", Lise Manniche, 1991, hal.80), namun di Islam, yaitu pada jaman Nabi, telah dinyatakan segala alat bantu panggilan shalat tidak diperkenankan KECUALI dengan suara orang:
    Riwayat 'Imran bin Maisarah - 'Abdul Warits - Khalid Al Hadza' - Abu Qilabah - Anas bin Malik: "Orang-orang menyebut-nyebut tentang api dan lonceng (dalam mengusulkan cara memanggil shalat). Lalu ada juga di antara mereka yang mengusulkan seperti kebiasaan orang-orang Yahudi dan Nahrani. Maka Bilal diperintahkan untuk mengumandangkan adzan dengan dua kali dua kali dan iqamat dengan bilangan ganjil." [Bukhari no.568, 571, juga no.3198]
Sementara itu, suara pengeras elektronik seperti TOA misalnya, bukanlah suara manusia tapi suara yang keluar dari alat bantu untuk memperbesar suara, sehingga TIDAK WAJIB DIJAWAB, bagi mereka yang membantah ini, maka bagaimana dengan siaran langsung di TV saat shalat tarawih di Masjidilharam, apakah para muslim akan bermakmum pada televisi?

Maka, tidak mengherankan ada sebuah masjid di Kebon Jeruk, Jakarta, justru mengharamkan penggunaan pengeras suara pada 1970-an. “Karena tidak ada pada zaman Nabi,” kata A.M. Fatwa, koordinator Dakwah Islam Jakarta, kepada Kompas, 12 Januari 1977. [Historia.id]. Syekh Mahmud Mukhtar, dari Pesantren Darul Ulumisy Syar’iyyah, Cirebon, dengan bersandar pada hadis Ibnu Majah: “Jannibu masajidakum raf’a ashwatikum/Jauhkan masjid-masjidmu dari suara kerasmu" dan Bukhari: “Lau kuntuma min ahlil balad laauja’tukuma tarfa’ani ashwatakuma fi masjidi rasulillah saw/Kalau kalian asli orang Madinah, niscaya saya hajar kalian dengan pukulan yang menyakitkan, karena kamu mengeraskan suaramu di dalam masjid”, beliau menuliskan: “Apalagi mengeraskan suara dengan pakai corong yang pasti akan lebih keras seribu kali, apalagi setelah azan semakin bertambah dilarang karena tasywisy/bribin, rongeh yang mengganggu ketenangan umum" [Bida'ul Masjid/Bidah-bidah di Masjid, hal. 28, Dari "Speaker Masjid yang Bidah Dalalah dan Intoleran"]

Lagi pula Quran pun telah mengatakan:
    “(walaa ) dan janganlah (tajhar) kamu mengeraskan suaramu (bishalaatika) dalam shalatmu (walaa) dan janganlah (tukhaafit bihaa) merendahkannya (waibtaghi bayna dzaalika sabiilaan) dan carilah jalan tengah di antara kedua itu." ” (AQ 17.110).
    "(ud'uu rabbakum) Serulah Tuhanmu (tadharru'an) dengan merendah diri (wakhufyatan) dan suara yang lembut. (innahu laa yuhibbu almu'tadiina) Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (AQ 7.55).
    "(waudzkur rabbaka) Dan ingatlah Tuhanmu (fii nafsika) dalam hatimu (tadharru'an) dengan merendah (wakhiifatan) dan lembut (waduuna) dan tanpa (aljahri mina alqawli) mengeraskan suara (bialghuduwwi waal-aasaali) pada pagi dan petang (walaa takun minaalghaafiliina) dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.” (AQ 7.205)
Yang juga didukung hadis:
    Riwayat Musa bin Isma'il - 'Abdul Wahid - 'Ashim - Abu 'Utsman - Abu Musa Al Asy'ari: Ketika Rasulullah SAW perang melawan Khaibar, -atau dia berkata- Ketika Rasulullah SAW melihat orang-orang menuruni lembah sambil meninggikan suara dengan bertakbir, Allahu Akbar, Allahu Akbar laa ilaaha illallah (Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah), maka Rasulullah SAW bersabda: "Rendahkanlah, karena kalian tidak menyeru kepada Dzat yang tuli dan Dzat yang ghaib. Sesungguhnya kalian menyeru Dzat yang Maha Mendengar lagi Maha Dekat dan Dia selalu bersama kalian". [Bukhari no.3883, juga Bukkhari no.2770, 5905, 5930, 6838 juga di hadis muslim no.4873-4, Juga di Musnad Ahmad no.18920]
Kecuali tentunya ditempat sepi yang jarang ada manusia, Nabi telah menyarankannya agar orang itu mengeraskan suaranya sendiri:
    'Abdullah bin Yusuf - Malik - Abdurrahman bin Abdullah bin 'Abdurrahman bin Abu Sha'sha'ah Al Anshari Al Mazini - Bapaknya -Abu Sa'id Al Khudri: "Aku lihat kamu suka kambing dan lembah (pengembalaan). Jika kamu sedang mengembala kambingmu atau berada di lembah, lalu kamu mengumandangkan adzan shalat, maka keraskanlah suaramu. Karena tidak ada yang mendengar suara mu'adzin, baik manusia, jin atau apapun dia, kecuali akan menjadi saksi pada hari kiamat." [Bukhari no.574, 861, 3053, 6993]
Beberapa kemudian memasang TOA di tempat tertinggi di Mesjid, konon, mereka menyandarkan pendapatnya dengan hadis ini:
    Riwayat Ahmad bin Muhammad bin Ayyub - Ibrahim bin Sa'd - Muhammad bin Ishaq - Muhammad bin Ja'far bin Az-Zubair - Urwah bin Az-Zubair - seorang wanita dari Bani Najjar: Rumahku adalah rumah yang paling tinggi di antara rumah-rumah yang lain di sekitar Masjid, dan Bilal mengumandangkan adzan subuh di atasnya, dia datang pada waktu sahur lalu duduk di atas rumah untuk melihat fajar, apabila dia telah melihatnya,....Wanita tersebut berkata; Kemudian Bilal mengumandangkan adzan. Katanya; Demi Allah, saya tidak melihat Bilal meninggalkannya satu malam pun, yakni kalimat-kalimat adzan ini. [Abud Dawud no.435, dihukumi hasan oleh Albani]
Entah mengapa Albani meng-hasankan hadis ini, padahal saya saja dapat melihat bahwa hadis ini sekurangnya punya 2 penyakit, yaitu majhul karena satu perawi tidak diketahui namanya, tidak diketahui apakah Ia dapat dipercaya atau tidak. Juga, mengapa Bilal tiap malam mendatangi rumah seorang wanita, siapa wanita ini, istrinya kah? jika istrinya maka rumah Bilal kebetulan ada di tempat tinggi dan jika bukan, maka sangatlah runyam.

Oleh karenanya, bukankah ini artinya pemakaian PENGERAS SUARA/SPEAKER/TOA DI MESJID untuk keperluan adzan (dan ibadah lainnya) menjadi tidak sesuai sunnah Nabi dan para sahabat?

Note:
Untuk persoalan Toa Mesjid, di Indonesia, sekurangnya terjadi 4 kasus yaitu pada kasus:
Bogor: Mesjid Al Hikmah,
Tanjung Balai: Meiliana,
Papua: Tolikara dan
Banda Aceh: Syeh Hasan

Mancanegara:
Malaysia: Mufti Malaysia Dukung Fatwa Larangan Pengeras Suara Selain Adzan dan Di Penang, Masjid Dilarang Pakai Pengeras Suara Luar Kecuali Azan,
Singapura: Mesjid Sultan, satu satunya yang boleh menggunakan pengeras suara
Rwanda: menutup 700 gereja dan satu masjid terkait urusan pengeras suara;
Jerman: Melarang Adzan dengan pengeras Suara
China: larangan Menggunakan pengeras suara
Jepang: Adzan tidak boleh terdengar di luar Mesjid
Israel: Parlemen menyetujui RUU larangan pengeras suara Adzan
India: Pengeras suara dilarang di seluruh tempat Ibadah (Hindu, Islam, dll) kecuali dengan izin
Saudi Arabia dan Bahrain: Pengeras suara eksternal hanya boleh saat Adzan
Mesir: "Cairo dilemma over prayer calls
Beograd (Serbia): Adzan tidak boleh pake pengeras suara

Sabtu, 11 Agustus 2018

NENEK MOYANG ADAM-HAWA dan KERA


Teori kesamaan moyang antara manusia dan bentuk kera dari Charles Darwin (1809-1882):
    Jika kera, yang punya karasteristik seperti manusia (antropomorfus) dianggap membentuk sub kelompok alami, maka manusia adalah sama dengan mereka (man agrees with them), tidak hanya dalam semua karakter yang dimilikinya sama dengan seluruh kelompok Catarhine (antropoid dunia lama: primata meyerupai manusia, termasuk monyet, kera, hominid/berkerabat dekat dengan manusia: gorila, simpanse, bonobo dan manusia), tetapi juga di karakter khas lainnya, seperti tidak adanya ekor dan dari penebalan kulit tertentu (callosities), dan secara umum, kita dapat duga bahwa beberapa anggota lama subkelompok antropomorfus melahirkan manusia (hal 197) ... Setiap naturalis, yang percaya pada prinsip evolusi, akan mengakui bahwa dua divisi utama Simiadæ, yaitu monyet Catarhine dan Platyrhine, dengan subkelompoknya, semuanya berasal dari nenek moyang yang sangat kuno. [hal. 197-198] ... Monyet Catarhine dan Platyrhine sama dalam banyak karakter, seperti yang terlihat dari mereka yang tidak diragukan lagi masuk dalam satu Ordo yang sama... Dan karena manusia di bawah sudut pandang silsilah adalah milik Catarhine atau bagian dari Dunia Lama, kita harus menyimpulkan, seberapa banyak pun disimpulkan mungkin akan menohok kesombongan kita, bahwa nenek moyang awal kita telah ditunjuk tepat. Tetapi kita tidak boleh jatuh ke dalam kesalahan dalam mengandaikan bahwa nenek moyang awal seluruh keturunan Simian, termasuk manusia, identik dengan, atau bahkan sangat mirip (was identical with, or even closely resembled), kera atau monyet yang ada. (hal. 198-199) ["The descent of man, and selection in relation to sex", Charles Darwin, Vol.1, 1st ed., 1871]

    Note:
    Darwin TIDAK PERNAH menyatakan bahwa manusia berasal/turunan dari monyet/kera. Bahkan dalam buku "On The Origin of Species" (1 Oktober 1859), tidak 1x pun ada kata "evolusi". Di antara yang dituliskan Darwin:

    "Ketika mempertimbangkan asal usul spesies, sangat masuk akal bahwa seorang naturalis, ... , dapat sampai pada kesimpulan bahwa masing-masing spesies tidak diciptakan secara mandiri, namun diturunkan, seperti varietas, dari spesies lain" (hal.3)... "Akhirnya, beberapa kelompok fakta yang telah dibahas di bab ini, bagi saya tampak jelas menyatakan, bahwa spesies, genera, dan famili makhluk hidup yang tak terhitung banyaknya, yang menghuni dunia ini, semuanya diturunkan, masing-masingnya di batas-batas kelas/kelompoknya sendiri, dari orang tua yang sama, dan semuanya termodifikasi seiring perkembangan turunan, sehingga saya sudah seharusnya tanpa keraguan mengadopsi pandangan ini, meski pandangan ini tidak didukung fakta atau argumen lain" (hal.457-458).

    Namun, John Leifchild ketika menanggapi "On The Origin of Species" di tanggal 14 November 1859, telah memberikan intepretasi yang tidak ada di "On The Origin of Species". Leifchild menyatakan "..bahwa manusia turunan dari monyet. Gagasan menarik ini..diwujudkan menjadi semacam kredo/pengakuan oleh Darwin" (hal.659).
Pembuktian teorinya Darwin, terus berjalan,
Di pertengahan abad ke-20, ahli biologi molekuler telah sampai pada kesimpulan bahwa DNA berisi informasi genetik dan rangkaian nukleotida dalam geneik yang dikodekan sebagai rangkaian asam amino dari protein. Ahli imunologi dapat menyimpulkan percabangan antigen protein (atau percabangan genetik) antar spesies mahluk hidup yang mencerminkan percabangan rangkaian asam amino dari perbedaan rangkaian nukleotida, oleh karenanya, dapat dideteksi persamaan antara manusia, simpanse dan gorila, sehingga ditempatkan dalam keluarga Hominidae yang sama, juga melalui analisis filogenetik rangkaian asam amino hemoglobin (protein kaya zat besi dalam sel darah merah) bahwa hemoglobin manusia dan simpanse identik dan sedikit beda dari hemoglobin gorila. [In the Light of Evolution: Volume IV: The Human Condition: Phylogenomic Evidence of Adaptive Evolution in the Ancestry of Humans, Morris Goodman dan Kristin N. Sterner, 2010]

Tahun 1937-1941, Karl Landsteiner, ahli Kimia, Austria menemukan penggolongan darah type Rhesus dari hasil percobaan ADA atau TIDAKNYA antigen D (faktor rhesus/Rh atau "D") dan antibodi (anti-Rh) ketika kelinci (belakangan juga tikus Belanda) disuntik sel darah spesies monyet "Rhesus Macaque". Sel darah Kelinci ini menanggapinya dengan membentuk antibodi terhadapnya. Antigen adalah zat/substansi yang dianggap asing atau berbahaya oleh tubuh yang memicu respon imun berupa produksi antibodi. Antibodi kelinci ini kemudian diujikan pada sel-sel merah penduduk kulit putih kota New York dan 85%-nya mengalami penggumpalan/aglunasi. Nama spesies monyet (Rhesus) kemudian lebih dikenal sebagai nama tes ini dan disebut faktor rhesus (atau faktor antigen D).

Protein Rh/"D" sebagai penanda genetik sfesifik ini bukan hanya ditemukan pada spesies monyet Rhesus namun juga pada ordo primata lainnya termasuk Manusia. Ini menunjukkan, ADANYA PERTALIAN WARISAN DARI LELUHUR UMUM SEBELUM kemunculan kera, monyet, dan manusia. [lihat juga: "Evolution of RH genes in hominoids: characterization of a gorilla RHCE-like gene", Blancher A1, Apoil PA; "Human Blood Group", Geoff Daniels, Ch.5.2, hal.197; "The complexities of the Rh system", M.L.Scott; "Rh Blood Group System" dan "Non-ABO blood group systems phenotyping in non-human primates for blood banking laboratory and xenotransplantation"]

Jadi, ketika darah di test dengan protein antigen D, hasilnya:
  • Bereaksi menjadi senyawa faktor penggumpalan darah, ini disebut Rhesus positif (Rh+ atau antigen D) aau disingkat "+" atau "D";
  • Tidak bereaksi, ini disebut Rhesus negatif (Rh- atau d) atau disingkat "-" atau "d".
Masing-masing dari 4 golongan type darah pada system ABO, juga diklasifikasikan sesuai faktor rhesus/Rh, yaitu "-" atau "+", menjadi A+, A-, B+, B-, AB+, AB-, O+ dan O-. Diantara 8 ini, O- adalah donor paling universal.


Seperti golongan darah, Grup rhesus/Rh atau grup D juga terdiri dari:
  • Rh+/"DD" (homozigot) = "antigen D" diwarisi dari kedua induk;
  • Rh+/"Dd" (heterozigot/hemizigot) = "antigen D diwarisi dari salah satu induk (heterozigot) atau satu induk tidak punya "d" (hemizigot);
  • Rh-/"dd" (nullizigot) = Null atau TIDAK ADA "D" diwarisi dari kedua induk.

  • Kemudian terdapat mutasi genetik yang disebut Du Varian, yaitu hasil seharusnya adalah Rh+ (D), namun karena dalam tes (D) sangat lemah terlihat, ini menjadi terbaca sebagai Rh-/"d"
Secara kasar, dikatakan 85% populasi manusia mempunyai Rh+, sedangkan 15%nya Rh-. ["Rh factor", The Columbia Encyclopedia, 6th ed. dan "Immunology for Pharmacy - E-Book", Dennis Fleherty, hal.26. Wikipedia memuat variasi sejumlah negara dengan Rh+ antara 71% s.d 99 %]

Apa implikasinya faktor Rhesus?
Kaum Abrahamik mengklaim bahwa seluruh manusia berasal dari ADAM-HAWA dan HAWA berasal dari RUSUK ADAM (atau di kloning atau seperti kembar identik), jika benar demikian, maka mereka seharusnya kembar identik dalam susunan DNA, namun masalahnya:
  • Jika benar mereka adalah perintis, seharusnya, sel darah mereka TIDAK MENGANDUNG "zat yang dianggap asing/berbahaya oleh tubuh" (antigen D), sehingga TIDAK juga ada anti D. tapi TIDAK MUNGKIN KEDUANYA mempunyai Rh-/"dd" (homozigot), karena turunannya menjadi TIDAK AKAN PERNAH mewarisi Rh+/"D"
  • Juga, TIDAK MUNGKIN KEDUANYA punya Rh+/"DD" (homozigot), karena turunannya menjadi TIDAK AKAN PERNAH mewarisi Rh-/"dd"
  • Malah, keduanya PASTI punya Rh+/"Dd" (heterozigot), karena 75% turunannya, akan mewarisi Rh+/"D".
Karena keduanya Rh+/"Dd" (heterozigot) maka TIDAK MUNGKIN mereka manusia pertama, karena mereka-pun harus mewaris gen tersebut dari kedua orang tuanya, oleh karenanya, kedua orang tua mereka, pastilah berbagi LELUHUR YANG SAMA dengan spesies KERA (karena harus Rh+/"D").

Sebelumnya,
Di tahun 1901, Karl Landsteiner, telah menemukan penggolongan dengan system ABO, yaitu ADA atau TIDAKNYA 2 protein yang disebut antibodi A atau antibodi B pada plasma darah/serum DAN ADA atau TIDAKNYA 2 protein yang disebut antigen A atau antigen B pada sel darah merah/eritrosit manusia, hewan pengerat dan kelompok kera (misal: simpanse, bonobo, dan gorila):
  • Disebut golongan darah A adalah karena adanya antigen A dan adanya antibodi B (antibodi ini melawan antigen B/golongan darah B yang reaksinya adalah terjadinya penggumpalan/aglutinasi dalam darah). Golongan darah A merupakan GRUP/KELOMPOK dari warisan gen sepasang induk yang masing-masing memberikan 1 gen A dan/atau O, sehingga warisannya bisa AA atau AO
  • Golongan darah B (antigen B, antibodi A), genotifnya adalah BB dan BO,
  • Golongan darah AB (ada antigen A & antigen B, tidak ada antibodi A & B), genotifnya adalah AA, BB dan AB
  • Golongan darah O (tidak ada antigen A & B, ada antibodi A & B), genotifnya adalah OO. (awalnya namanya bukan "O" tapi "C" sebagai bagian dari ABC tapi kemudian ABC diubah menjadi ABO, dimana O adalah zero/null)

Tidak hanya pada manusia, bahkan primata pun, beberapa diantaranya, punya 4 type darah system ABO (A, B, AB dan O) seperti manusia, sample:
  • Monyet dunia baru, spesies: Cebus apella, Cebus apella apella, Saimiri ustus
  • Monyet dunia lama, spesies: Macaca fascicularis, Macaca mulatta, Macaca irus, Babon Papio anubis
  • Kera/Hominoid, spesies Orang utan Kalimantan: Pongo pygmaeus pygmaeus [Lihat: "Blood ties: ABO is a trans-species polymorphism in primates", lihat tabel hal.41 dan "The ABO blood group is a trans-species polymorphism in primates"]

Konon golongan darah type AB adalah spesial (karena ada yang mengklaim bahwa golongan darah ADAM-HAWA adalah AB), namun selain monyet dan kera di atas, golongan darah type AB juga dipunyai orang utan Sumatera, owa/gibbon, monyet tupai, monyet malam, tamarin Saguinus midas niger.

Golongan darah system ABO pada primata modern semuanya berevolusi dari nenek moyang yang sama, sekitar 20 juta tahun lalu, sebelum terpisah menjadi spesies unik, berevolusi pada leluhur yang sama dan bertahan pada setiap spesies sejak saat itu. ["The ABO blood group is a trans-species polymorphism in primates", Laure Ségurel]

Apa implikasinya dengan golongan darah system ABO?
Kaum Abrahamik mengklaim bahwa seluruh manusia berasal dari ADAM-HAWA, bahwa HAWA berasal dari RUSUK ADAM (atau di kloning atau seperti kembar identik), maka ADAM-HAWA seharusnya mempunyai susunan DNA yang sama yang mengandung SEMUA jejak genetik untuk kelompok golongan darah dan juga pada SEMUA variasinya, jika tidak, maka HAWA TIDAK MUNGKIN berasal dari rusuknya ADAM, malah:
  • Jika benar mereka ini perintis, maka seharusnya sel darah mereka, TIDAK MENGANDUNG "zat yang dianggap asing/berbahaya oleh tubuh" (antigen), dan itu adalah O, namun masalahnya, jika bergenotip OO, TIDAK AKAN PERNAH turunannya mewarisi golongan darah A, B dan AB
  • Juga, TIDAK MUNGKIN KEDUANYA, entah bergenotif AA atau BB, karena turunannya menjadi TIDAK AKAN PERNAH mewarisi golongan darah O
  • Juga, TIDAK MUNGKIN KEDUANYA, bergenotip AO, karena turunannya menjadi TIDAK AKAN PERNAH mewarisi golongan darah B dan AB
  • Juga, TIDAK MUNGKIN KEDUANYA, bergenotip BO, karena turunannya menjadi TIDAK AKAN PERNAH mewarisi golongan darah A dan AB
  • Oleh karenanya, salah satu dari ADAM atau HAWA, HARUS bergenotip AO dan lainnya BO, agar turunannya, mewarisi golongan darah A, B, AB dan O
Malah, misalkan ADAM bergenotip AO, maka ADAM-pun harus mewarisinya dari kedua orang tuanya, salah satu dari kombinasi pasangan: AA x OO atau AO x OO atau AO x AO atau AO x AB atau AO x BO. Demikian pula HAWA jika bergenotip BO, punya 5 kemungkinan kombinasi pasangan orang tua, namun, di antara kombinasi tersebut, hanya AO x AB dan AO x BO yang berpeluang berketurunan yang bergenotip AO (ADAM) maupun BO (HAWA) dari orang tua yang sama.

Jadi,
ADAM-HAWA keduanya JELAS TIDAK BERKODE DNA sama atau dengan kata lain, HAWA BUKAN BERASAL dari rusuk ADAM, dan ADAM-pun, BUKAN BERASAL dari KENDI atau TANAH, malah, DAPAT DIPASTIKAN, ADAM-HAWA dan kedua orang tua mereka, berbagi leluhur yang sama dengan monyet.