Monday, March 28, 2011

Betapa Marahnya AMITABHA BUDDHA...


Tersebutlah seorang wanita yang berlatih mengagungkan lafal AMITABHA BUDDHA, Ia adalah seorang yg sangat rajin dan ulet dalam melafalkan "NAMO AMITABHA BUDDHA" dan dilakukannya sebanyak 3 x sehari.

Walaupun telah melakukan praktek ini selama 10 tahunan namun Ia masih suka berteriak dan memarahi orang lain sepanjang waktunya. Ia mulai berlatih dengan menghidupkan dupa harum dan membunyikan lonceng kecil.

Rekan lelakinya tahu akan hal ini dan ingin memberinya pelajaran. Tepat Ketika Ia mulai melakukan latihannya, Sang teman mengedor pintunya dan berseru, "Nona Nguyen, Nona Nguyen!".

Karena saat itu merupakan waktu latihannya, Ia merasa kesal, tetapi Ia berkata dalam hatinya, "Gw mesti berjuang melawan kemarahan Gw, jadi dia akan Gw cuekin aja" Dan ia melanjutkan: "NAMO AMITABHA BUDDHA, NAMO AMITABHA BUDDHA, NAMO AMITABHA BUDDHA,..."

Tetapi temannya terus berteriak memanggil namanya dan malah makin menggila.

Ia pun tetap berjuang melawan itu dan berpikir di hatinya apakah Ia perlu stop atau tidak dulu utk memberi tahu lelaki tersebut tentang apa yg dipikirannya, namun ia terus melafalkan, "NAMO AMITABHA BUDDHA, NAMO AMITABHA BUDDHA, NAMO AMITABHA BUDDHA..."

Lelaki di luar itu mendengarnya dan melanjutkan, "Nona Nguyen, Nona Nguyen..!".

Akhirnya Ia sudah tak tahan lagi, melompat, membanting pintu dan menuju pintu gerbang, berteriak, "Mengapa Lo mesti berbuat seperti ini? Lo kan tau, gw lagi zikir dan lo masih aja memanggil2 gw berulang-ulang!"

Lelaki itu tersenyum dan berkata, "Gw hanya manggil lo selama 10 MENITAN aja lo udah begitu marahnya. Sementara Lo, nyebut-nyebut Nama BUDDHA AMITABHA selama 10 TAHUNAN LEBIH..Coba Lo bayangkan betapa marahnya BELIAU sekarang!"

*) Terjemahan bebas dari Buku "Being Peace", Bag 4: Heart of Practice, karya Thitch Nhat Hahn, Hal 56-58.

9 comments:

  1. lah ko budha marah dipanggil2 namanya?
    btw gw mw tanya budha ada dimana skarang?
    trus sapa yg bikin budha?masa kaga ada yg bikin?

    ReplyDelete
  2. lah ko budha marah dipanggil2 namanya?
    ini smua pertanyaan yg sangat mencerminkan bertapa bodohnya pikiran anda ..baca topik diatas yg benar dan renungkan sendiri :D
    btw gw mw tanya buddha ada dimana skarang?
    dimana ada ajaran kebenaran,kedamaian dimana itu ada buddha , buddha hanya simbol panggilan/nama
    trus sapa yg bikin budha?masa kaga ada yg bikin?
    kecerdasan yg bikin buddha , Penerangan Sempurna yg bikin buddha , perdamaian yg bikin buddha , cinta kasih yg bikin buddha

    ReplyDelete
  3. wong abis baca judul langsung comment jdnya kyk gitu. -_-

    ReplyDelete
  4. esensi dari tulisan diatas bukanlah pada , kenapa buddha marah. tp essensinya mengajarkan bahwa sikap religius namun perilaku tidak sesuai adalah tiidak baik . disini tulisanya mengajarkan agar kita berperilaku haruslah sesuai dengan religius yg kt pelajari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakep....
      Ini memang Bahasanya org yg genius....

      Delete
    2. ini orang yang menangkap pesan artikel diatas! cakep..

      Delete
  5. Buddha adalah suatu kondisi dimana kita sudah tidak merasakan kelaparan, kelahiran, usia tua, sakit, dan kematian. Dengan kata lain ia telah terbebas dari tumimbal lahir. Hanya orang BODOH yang mengatakan bahwa buddha bisa marah. Jangan percaya terhadap artikel diatas!!! TIDAK PERNAH ADA CERITA SANG BUDDHA MARAH!!! Mohon jangan sok menulis jika kita tidak tahu substansi apa yang kita tulis. Karena ini akan menimbulkan persepsi yang negatif di mata masyarakat yang awam tentang ajaran buddha.

    ReplyDelete
  6. Buddha tidak akan marah masalah apa pun karena buddha adalah maha sempurna, penyabar, welas asih, baik, dan adil .buddha adalah gurunya seluruh bodhisattva dan arhat, avalokiteshvara aja penyabar apalagi buddha.

    ReplyDelete
  7. Sekalipun Budha memarahi seseorang itu adalah perwujudan kasih dan penuh kesadaran berbeda dg mahluk awam yg diliputi kegelapan batin

    ReplyDelete